Kucing Caracal: Harga, Karakteristik dan Perawatan

Kucing Caracal adalah kucing liar dengan tubuh berukuran sedang hingga besar, berotot, rumbai di telinga dan beberapa atribut fisik lain yang mengesankan.

Caracal adalah kucing yang atletis dan memiliki lompatan yang tinggi hingga 4 meter serta termasuk pemburu yang sangat handal.

Kucing Caracal namanya berasal dari bahasa Turki Karrah-kulak yang artinya adalah “telinga hitam”. Hal berdasarkan warna hitam yang memang ada di telinga bagian belakang hingga ujung rumbai sepanjang kurang lebih 5 cm. Caracal berasal dari beberapa wilayah seperti Afrika, Timur Tengah, India dan Asia Tengah.

Sekilas Tentang Kucing Caracal

Nama lainDesert Lynx
Berat tubuh8 kg – 20 kg
Warna buluCoklat kemerahan
Pola buluSolid
Warna mataKuning
Tinggi40 – 50 cm
Panjang tubuh60 – 105 cm
Panjang ekor19 – 34 cm
KelasMamalia

Fisik

Kucing Caracal memiliki tubuh sedang hingga besar dengan bulu pendek padat berwarna coklat kemerahan. Salah satu ciri khas utamanya adalah rumbai atau jambul berwarna hitam di ujung daun telinganya. Bagian belakang telinganya juga memiliki warna hitam.

Kucing Caracal adalah anggota kucing terbesar dari beberapa jenis kucing liar yang ada di Afrika. Tubuh Caracal jantan lebih besar daripada betinanya. Jantan bobotnya mencapai 18 kg hingga 20 kg ketika dewasa. Sedangkan Caracal betina memiliki bobot tubuh berkisar antara 9 kg hingga 15 kg.

Habitat

Caracal memiliki habitat asli hidup di alam liar. Mereka banyak ditemukan di daerah sabana dan hutan kering yang banyak ditemukan di wilayah Afrika, Timur Tengah dan Asia Tengah. Makanan utama kucing Caracal adalah hewan pengerat, burung dan mamalia kecil.

Perilaku

Caracal lebih banyak aktif untuk berburu di malam hari. Sangat teritorial, suka bersembunyi dan lebih menyukai hidup sendirian (beberapa juga berpasangan). Caracal yang hidup berpasangan biasanya terjadi ketika salah satu atau keduanya sedang dalam masa birahi.

Karena Caracal adalah kucing, maka sebagian perilakunya sama seperti kucing lainnya. Jantan dewasa akan sering melakukan spraying untuk menandai teritorinya. Caracal juga akan mengeong, mendesis, menggeram dan mendengkur (purring).

Kucing Caracal
Caracal (Sandra)

Caracal akan mencapai kedewasaan sepenuhnya ketika usianya mencapai 1 tahun. Kucing Caracal akan berkembang biak sepanjang tahun dengan usia kehamilan Caracal betina akan berlangsung dua hingga 3 bulan. Rata-rata jumlah kelahiran antara 1 hingga 6 anak kucing.

Anak-anak kucing akan tetap hidup bersama induknya hingga mencapai usia sembilan atau sepuluh bulanan. Jantan akan mulai meninggalkan induknya untuk hidup mandiri. Sedangkan beberapa betina akan tetap hidup bersama induknya (dan sebagian juga pada akhirnya akan meninggalkan induknya ketika sudah mencapai masa birahi).

Fakta Kucing Caracal

Caracal adalah jenis kucing yang terancam punah. Di beberapa wilayah, Caracal dibunuh karena dianggap sebagai ancaman ternak manusia. Perluasan wilayah pemukiman, jalan raya dan sebagainya juga kerap membuat Caracal banyak terbunuh karena sering konflik dengan manusia.

Bagi pecinta hewan eksotis, Caracal juga sering diburu dan kemudian dipelihara. Bahkan beberapa perburuan ekstrim ditujukan untuk mengambil beberapa bagian tubuhnya sepert kulit. Kecelakaan seperti tertabrak kendaraan adalah faktor lain yang sering membunuh Caracal. Di beberapa negara seperti Mesir, Caracal kerap dijinakkan untuk dijadikan sebagai hewan pemburu.

Di Cina pada abad ke 14, kucing Caracal dianggap sebagai hewan peliharaan yang mewah. Beberapa Kaisar Cina yang hidup pada masa itu diketahui memelihara Caracal bersamaan dengan beberapa kucing besar lain seperti cheetah dan harimau.

Baca juga:

Kucing Caracal di Indonesia

Kucing Caracal tidak ditemukan hidup secara alami di wilayah negara Indonesia. Namun beberapa kucing Caracal bisa kita lihat berada di konservasi seperti kebun binatang atau Taman Safari. Beberapa orang juga diketahui memelihara Caracal sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kucing Caracal
Anak Caracal (Johanna VIALA)

Harga Kucing Caracal

Bagaimana cara mendapatkan kucing Caracal dan berapa harga kucing Caracal?

Untuk mendatangkan Caracal jinak yang sudah didomestifikasi sepenuhnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga kucing Caracal diketahui berkisar antara Rp. 80.000.000 hingga Rp. 150.000.000,- tergantung usia dan kualitas. Biaya bisa lebih karena akan membutuhkan banyak biaya lain seperti biaya impor, dokumen, microchip dan sebagainya.

Bagaimana, apakah sobat tertarik untuk memelihara kucing Caracal yang eksotis dan menawan ini?

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar