Kucing California Spangled: Kucing Eksotis Berkarakter Manis

Kucing California Spangled memiliki penampilan yang terlihat seperti kucing hutan liar dan pola yang eksotis. Sekilas mirip Ocelot atau mungkin Savannah? Mereka tercipta berkat hasil “kreasi” manusia dan memang dikembangkan agar memiliki penampilan layaknya macan tutul namun yang bersifat jinak.

Kucing California Spangled
Kucing California Spangled (Gatoteria)

Kucing California Spangled adalah hasil persilangan secara berulang-ulang antara beberapa jenis kucing seperti Abyssinian, American Shorthair, British Shorthair, Siam, Manx dan beberapa kucing berbintik yang berasal dari Mesir dan Malaysia. Karena sulitnya proses pembiakannya, jumlah kucing ini sangat sedikit sehingga mereka termasuk kucing yang langka.

Sekilas Tentang Kucing California Spangled

Berat Tubuh3.6 kg – 5 kg
Warna BuluPerunggu, Emas, Biru, Coklat, Arang, Merah, Hitam, Perak, Putih
Pola BuluBintik (Spotted), Spotted Tabby
Warna MataKuning, Amber, Tembaga, Hijau Lemon
Rentang Usia10 – 15 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikAdaptif, Sosial, Setia, Penyayang, Aktif, Manja
PengakuanTICA
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 35.000.000

Seperti apakah kucing California Spangled ini? Kucingmania akan mengulas karakteristik dan profil California Spangled lebih lengkap berikut ini.

Sejarah

Sejarah kucing California Spangled dimulai pada tahun 1970-an. Orang yang berada dibalik kemunculan ras ini adalah Paul Arnold Casey, Jr. Paul adalah seorang penulis naskah film yang bekerja di Hollywood. Pada dekade tahun 1970-an, Paul bekerja di Tanzania.

Selama di Tanzania, Paul menyaksikan kejadian yang mengerikan dimana banyak macan tutul diburu dan dibantai. Prihatin dengan pembantaian macan tutul dan atas dorongan dari Louis Leakey (Antropolog), Paul kemudian memiliki ide untuk mengembangkan jenis kucing dengan penampilan yang mirip macan tutul namun jinak dengan tujuan menyadarkan kepada publik betapa pentingnya konservasi macan tutul.

Dalam prosesnya, Paul kemudian mencoba beberapa jenis kucing untuk dikawin silangkan. Jenis kucing yang dilibatkan dalam usahanya adalah Abyssinian, American Shorthair, British Shorthair, Siam, Manx dan beberapa kucing domestik dengan pola bintik yang dibawa dari Malaysia dan Mesir.

Kucing California Spangled
Kucing California Spangled (cats.daily2020)

Proses ini tidaklah mudah karena Paul harus melakukan proses perkawinan silang secara berulang-ulang karena hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan. Butuh waktu bertahun-tahun hingga kemudian hasilnya sesuai seperti yang diharapkan.

Pada tahun 1986, kucing California Spangled muncul ke publik untuk pertama kalinya dengan jalur yang berbeda. Jika biasanya ras kucing jenis baru akan dipertunjukkan pada acara cat show, California Spangled dikenalkan kepada khalayak melalui iklan di katalog produk barang di Neiman Marcus Department Store.

Kepribadian

Kucing California Spangled digambarkan memiliki sifat yang setia dan penyayang. Tentu untuk mendapatkan kesetiaannya, kucing ini harus diperlakukan dengan layak. Selain itu, California Spangled juga dikenal sebagai kucing yang adaptif, sosial dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Sebagai kucing yang adaptif, kucing mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Mereka juga akan menyambut kehadiran orang asing dengan baik, cocok hidup di sekitar anak-anak dan tidak masalah hidup berdampingan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Kucing ini energinya tinggi sehingga mereka sangat aktif, suka memanjat dan menikmati waktu bermain interaktif bersama pemiliknya. Untuk ukuran kucing, kecerdasannya juga sangat baik sehingga kucing ini bisa dilatih memahami perintah yang diberikan dan mempelajari trik-trik tertentu.

Kucing California Spangled
Kucing California Spangled (chipve)

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing California Spangled adalah hewan yang berpenampilan atletis. Tubuhnya memberikan kesan layaknya macan tutul. Tubuhnya panjang, berotot, dan ramping. Tulang pipi menonjol dengan bantalan kumis yang lebar. Mata agak miring dan telinga berukuran segitiga.

Bulunya pendek, rapat, halus dengan pola bintik yang khas. Bulu kucing ini hadir dalam variasi perunggu, emas, biru, coklat, arang, merah, hitam, perak, putih dengan pola spotted tabby. Warna matanya kuning, tembaga dan amber. Cara berjalannya rendah dan menunduk.

Kesehatan

Untungnya, meskipun kucing California Spangled berasal dari beberapa jenis kucing yang berbeda, mereka tidak mendapatkan penyakit genetik bawaan. Secara umum ini adalah kucing yang sehat. Namun sebagai mahluk hidup kucing ini tentu ada kalanya akan mengalami sakit.

Baca juga: Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Gangguan kesehatan yang selalu diwaspadai oleh para pemilik kucing adalah serangan virus. Beberapa virus sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing. Virus lain seperti calicivirus meski tidak mematikan namun akan membuat kucing sangat kesakitan. Tindakan pencegahan terbaik adalah pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing langka ini sangat mudah. Bulu-bulunya yang pendek sangat mudah dirawat. Cukup sisir atau sikat dengan sikat khusus bulu secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu. Tidak perlu sering dimandikan.

Kucing California Spangled
Kucing California Spangled (watson_z_cat)

Berikan makanan kucing yang berkualitas premium dan perhatikan pula asupan gizi dan nutrisinya dengan baik. Bersihkan kotoran telinga secara rutin agar kotoran di dalamnya tidak menumpuk. Gosok giginya secara rutin agar meminimalisir terkena penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, harapan hidup kucing California Spangled berkisar antara 10 hingga 15 tahun. Tentu saja kita ingin kucing langka dan mahal ini panjang umur bukan?

Adopsi

Harga Kucing California Spangled

Karena jumlah kucing ini sangat sedikit (ketika artikel ini ditulis, hanya ada 58 kucing California Spangled yang terdaftar di TICA), maka untuk mengadopsi kucing ini akan sangat membutuhkan upaya yang keras.

Berapa harga kucing California Spangled? Saat ini harga kucing California Spangled berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 35.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Harga tersebut belum termasuk biaya impor, biaya microchip dan biaya lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Ocicat: Kucing Manis Berpenampilan Eksotis dan Liar

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar