Kucing Busok: Kucing Raas Madura yang Elegan

Kucing Raas Madura atau dikenal juga dengan nama kucing Busok adalah kucing yang berukuran sedang dan cenderung besar dengan warna biru solid (abu-abu gelap). Kucing ini asli dari pulau Raas Madura dan mereka sudah hidup disana sejak lama. Kucing Busok adalah kucing yang elegan dengan karakter yang kuat.

Kucing Busok
Kucing Busok (Kucing Busok Indonesia)

Kucing Raas Madura bisa dikatakan adalah ras kucing asli dan alami yang mendiami pulas Raas. Secara naluri mereka adalah kucing liar dan bertahan hidup di alam dengan berburu hewan-hewan kecil seperti burung sebagai santapannya. Beberapa diantaranya jinak dan hidup berdampingan sebagai peliharaan manusia.

Sekilas Tentang Kucing Busok

Berat Tubuh3.6 kg – 6 kg
Warna BuluBiru, Coklat, Abu-abu
Pola BuluSolid
Warna MataHijau, Kuning
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAktif, Setia, Manja, Cerdas, Adaptif
Pengakuan
HargaRp. 500.000 – Rp. 10.000.000

Mungkin sobat masih asing dengan kucing Busok atau kucing Raas Madura ini? Kucingmania akan mengulas profil lengkap kucing yang ramping dan atletis ini.

Sejarah

Kucing Raas Madura pada awalnya adalah kucing liar dengan naluri yang sepenuhnya liar. Di pulau asalnya, sejak dulu mereka sudah dikenal sebagai kucing liar yang hidup dengan berburu hewan-hewan kecil. Beberapa diantaranya menjadi peliharaan manusia namun tetap difungsikan sebagai hewan pemburu.

Ada beberapa cerita dan mitos kuno tentang kucing Raas Madura ini. Siapapun yang membawa kucing ini keluar dari pulau Raas, maka orang yang membawanya akan tertimpa sial. Dan siapapun yang belum menikah dan kemudian mencoba membawa kucing ini keluar dari pulau Raas, maka kapal yang membawanya akan tenggelam.

Lasley Morgan, seorang ahli genetika asal Australia yang pernah meneliti kucing ini menyatakan bahwa kucing Raas Madura atau Busok memiliki darah kucing Korat. Hal ini menjelaskan warna bulunya yang memang identik dengan Korat yang berasal dari Thailand.

Meski diperkirakan ada hubungan darah dengan Korat, Busok adalah ras kucing alami. Artinya adalah mereka berkembang biak tanpa adanya campuran dari ras kucing lain dan tidak ada campur tangan manusia dalam perkembangannya.

Baca juga: Jenis-jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Favorit

Di pulau Raas sendiri, Busok adalah kucing yang diistimewakan. Mereka kerap dijadikan semacam hadiah dan dipelihara oleh para pejabat dan kiai. Busok artinya adalah abu-abu, oleh karena itu kucing Busok abu-abu yang dilahirkan adalah sebuah kado istimewa bagi para pemiliknya.

Kucing Busok
Anak Kucing Busok (Babah Foxsank)

Penduduk pulau Raas juga memiliki pantangan dan melarang untuk membawa kucing ini keluar dari pulau Raas. Mereka hanya mengijinkan jantan yang sudah dikebiri boleh dibawa keluar dari pulau Raas. Jika saat ini banyak kucing Busok diluar pulau Raas, maka dulunya kucing ini adalah kucing yang diselundupkan dan kemudian beranak turun-temurun.

Kepribadian

Kucing Raas Madura memiliki watak yang keras. Artinya adalah, kucing ini masih memiliki darah liar meski beberapa diantaranya sudah terdomestifikasi. Kucing ini harus dilatih secara intensif supaya jinak dan bisa menjadi peliharaan manusia.

Beberapa kucing Busok yang sudah menjadi peliharaan pun terkadang masih suka bertindak agresif seperti mencakar atau menggigit orang di sekitarnya. Meski bukan kucing ganas, kucing Busok adalah kucing dengan temperamen tinggi dan mudah marah jika ada yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Kucing Busok
Busok Kecubung (Bob)

Sebagian kucing Raas Madura meski sudah dilatih seperti apapun mereka akan tetap memiliki naluri alami untuk takut dengan manusia. Jika sukses dijinakkan, mereka bisa menjadi peliharaan yang menyenangkan. Mereka bisa menjadi kucing yang cerdas, aktif, manja dan setia.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuh kucing Raas Madura sedang cenderung besar, bertulang dan berotot kuat serta bertubuh atletis. Bulu mereka pendek, terdiri dari satu lapisan dengan warna biru solid (abu-abu solid bagi sebagian orang) dan beberapa ada yang berwarna coklat yang biasanya dinamakan Busok Kecubung (namun sangat jarang).

Salah satu ciri kucing Busok ini adalah ekornya panjang dengan ujung bengkok. Wajah terlihat seperti berbentuk persegi, dagu meruncing, telinga tegak, panjang dengan ujungnya meruncing. Mata oval dengan warna hijau dan sebagian berwarna kuning.

Beberapa kucing yang memiliki penampilan mirip dengan kucing Busok:

Kucing KoratKucing British ShorthairKucing Chartreux
Kucing KoratKucing British ShorthairKucing Chartreux

Kesehatan

Kucing Raas Madura jika hidup di pulau aslinya dikenal memiliki fisik yang tangguh. Mereka sudah beradaptasi dengan kondisi pulau Raas yang panas. Beberapa kucing Busok dilaporkan mengalami masalah dengan kesehatan ketika dibawa keluar pulau Raas.

Kucing Busok
Kucing Busok (Andre Danista)

Iklim dan cuaca yang berbeda di tempat lain membuat kucing ini terkadang lambat untuk beradaptasi. Beberapa pemilik kucing Busok kerap sering menjemur kucingnya untuk tetap menjaga tubuhnya tetap sehat. Namun jika adaptasi sudah berjalan dengan baik, secara umum kucing ini adalah kucing yang sehat dan tangguh.

Yang harus diperhatikan oleh pemilik kucing adalah adanya potensi serangan virus pada kucing. Beberapa virus kucing diketahui sangat mematikan seperti distemper kucing. Sangat disarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk diberikan vaksin secara rutin.

Perawatan

Perawatan kucing Busok cukup mudah. Jemur saja kucing secara rutin setidaknya setiap dua hari di pagi hari antara jam 08.00 hingga jam 10.00 untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bulu-bulunya yang pendek juga mudah dirawat. Sikat atau sisir bulunya agar selalu bersih dan membantu mengangkat bulu mati yang masih menempel.

Kucing Busok
Kucing Busok (Hafidz)

Bersihkan kotoran di dalam telinganya secara rutin. Hindari terjadinya penumpukan kotoran telinga agar terhindar dari potensi infeksi telinga atau serangan parasit kutu telinga. Bersihkan giginya secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit periodontal pada kucing.

Adopsi

Harga Kucing Busok

Ingin mengadopsi kucing Busok? Berapa harga kucing Busok? Untuk memiliki kucing Raas Madura atau kucing Busok yang elegan ini, sobat harus menyiapkan dana berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 10.000.000 tergantung pada usia, jenis kelamin, kemurnian ras dan kualitasnya.

Baca juga: Kucing Lykoi: Unik Menyerupai “Werewolf”

Dan jika beruntung, sobat bisa memilikinya dengan gratis. Beberapa kali kami menemukan di grup-grup pecinta kucing ada beberapa pecinta kucing yang mengadopsikan kucing Busok tanpa biaya (dengan syarat tertentu).

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius mungkin dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang bertanggung jawab.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar