Kucing Burmilla: Si Manis nan Menawan

Bagi sobat pecinta sejati kucing, siapa yang tidak akan terpesona melihat betapa menawannya kucing Burmilla ini. Inilah salah satu jenis kucing langka yang ada di dunia ini. Mari kita menggali lebih dalam lagi tentang kucing Burmilla yang manis, menggemaskan dan menawan.

Kucing Burmilla
Kucing Burmilla (@willatheburmilla)

Sekilas Tentang Kucing Burmilla

Berat TubuhJantan: 3 kg – 6 kg
Betina: 3 kg – 6 kg
Warna BuluHitam, Biru, Coklat, Ungu, Karamel, Beige
Pola BuluTortie, Shade
Warna MataHijau
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanSedang
KarakteristikManja, Suka Perhatian, Penyayang, Aktif, Sosial, Adaptif
PengakuanFIFe, ACF, CCA, AFC
HargaRp. 7.000.000 – Rp. 16.000.000

Sejarah

Kucing Burmilla pertama kali ditemukan pada tahun 1981 di Inggris. Jenis kucing Burmilla ini pada awalnya muncul secara tidak sengaja. Kucing ini adalah hasil perkawinan silang tanpa sengaja antara kucing Burma dan jenis Persia Chinchilla. Oleh karena itu mereka mendapatkan nama Burmilla yang merupakan gabungan dari Burm (Burma) dan illa (Chinchilla).

Penemu dan pemilik pertama kucing Burmilla adalah Baroness Miranda von Kirchberg. Ketika itu Baroness Miranda von Kirchberg takjub dengan hasil persilangan kedua kucing beda ras tersebut. Tampilan fisiknya menyerupai kucing Burma namun dengan memiliki penampilan khas Chinchilla yang berwarna perak.

Pada tahun 1984, kucing ini mulai diakui oleh GCFF sebagai ras baru. Kucing ini dianggap sebagai trah kucing Asia dan kemudian diberi nama dengan Burmilla. Di Australia kucing ini lebih dikenal dengan nama Australian Tiffanie.

Penampilan Fisik

Burmilla adalah kucing Burma yang memiliki penampilan bulu kucing Chinchilla. Ukuran tubuhnya sedang, tubuh berotot, bulu berwarna perak, kepala bulat, mata pada umumnya berwarna hijau atau kuning emas dan kedua kaki belakang berukuran sedikit lebih panjang daripada kedua kaki depannya. Dan jika dilihat lebih dekat pada matanya, kucing ini seolah memakai eyeliner.

Kucing Burmilla
Burmilla warna perak dan emas (sumber)

Bulu mereka berkilau, bulu lebih panjang dibandingkan kucing Burma dan warna bulu terkadang ada yang nampak seperti berwarna emas dengan sedikit warna hitam atau coklat khas kucing Burma.

Tubuh betina lebih kecil dibandingkan kucing jantan. Warna bulu betina juga terlihat lebih pucat dibandingkan bulu kucing jantannya. Telinga berukuran sedang dengan ujung bulat. Ketika dewasa, bobot tubuh mereka bisa mencapai 7 kilogram.

Kepribadian

Kucing manis ini suka dimanja. Mereka adalah tipe kucing yang suka menjadi perhatian, sayang kepada pemiliknya serta enerjik. Mereka adalah kucing yang menyukai ketenangan. Dan jika butuh waktu menyendiri, mereka tidak akan suka diganggu. Seperti bos bukan?

Selain itu mereka lebih suka bermain di kondisi alam (mungkin cocok dengan halaman atau kebun), menerima kehadiran orang asing, suka bermain-main, dan akan lebih bagus jika memiliki teman kucing lain. Dan kepribadian menarik lainnya adalah mereka juga cocok dengan hewan peliharaan lain seperti anjing dan suka bermain dengan anak-anak. Hobi favoritnya adalah memanjat dan melompat.

Kucing Burmilla
Abaikan wajahnya, dia adalah kucing yang manja (sumber)

Kucing ini cocok dijadikan teman bicara atau curhat, mereka seolah-olah nampak paham ketika manusia mengajaknya berbicara. Perlakuan lembut akan membuat mereka makin sayang kepada pemiliknya. Dan 1 hal lain adalah mereka tidak suka permainan yang kasar dan mereka adalah kucing yang vokal.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Perawatan

Dianjurkan rutin menyisir atau menyikat bulu kucing ini agar bulu mereka selalu nampak berkilau. Rajin menyisir juga akan mengangkat bulu-bulu mati yang menghindari terkena hairball. Mandikan seperlunya dan juga dianjurkan rutin menggosok gigi mereka setidaknya satu kali dalam seminggu.

Perawatan lain yang diperlukan adalah menggunting kuku, membersihkan telinga dan mata. Tidak perlu terlalu sering dimandikan selama para kucing ini banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Baca juga: Kucing Persia Himalaya: Si Cantik nan Anggun

Pembersihan telinga secara rutin sangat disarankan untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinga dan juga untuk mencegah serangan parasit seperti kutu telinga.

Kesehatan

Kucing Burmilla diketahui memiliki beberapa masalah gangguan kesehatan bawaan. Berikut ini beberapa gangguan kondisi kesehatan atau penyakit yang kerap ditemukan pada Burmilla.

  • Sensitif pada panas: Kucing ini diketahui sensitif dengan cuaca panas. Paparan sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan beberapa masalah. Mereka juga harus mendapatkan asupan minuman yang lebih dari cukup dan disarankan untuk sering menempatkan mereka dalam ruangan ketika cuaca terik.
  • Penyakit kulit: Burmilla juga rentan terhadap beberapa penyakit kulit seperti kurap. Kurap disebabkan oleh jamur dermatofit. Dan kurap ini juga bisa menular ke manusia.
  • Penyakit ginjal polikistik: Penyakit ini banyak menyerang kucing berjenis atau keturunan dari ras Persia. Burmilla mendapatkan masalah bawaan ini dari garis kucing Burma. Dengan memperhatikan pemberian makanan yang tepat serta minum yang rutin diharapkan mereka bisa terhindar dari penyakit ini.
Kucing Burmilla
Anak kucing Burmilla (sumber)

Masalah kesehatan lain yang berpotensi menimpa kucing ini sama seperti yang dialami kucing lain seperti pada umumnya. Salah satunya adalah serangan virus. Beberapa virus kucing sangat berbahaya seperti contohnya Calici. Untuk mencegahnya tentu dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat, kondisi kesehatan yang selalu prima dan kualitas hidup yang baik, kucing Burmilla bisa bertahan hidup hingga umur 15 tahun.

Adopsi

Karakternya yang sangat ideal untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga dan penampilannya yang cantik serta menawan tentu saja akan menarik minat para pecinta kucing untuk merawatnya. Untuk mengadopsi kucing ini memang sangat sulit karena tidak banyak breeder resmi dan bersertifikat yang ada di sekitar Indonesia.

Harga Kucing Burmilla

Sebagai informasi, harga kucing ini berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 16.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Harga tersebut belum termasuk biaya impor dan lain-lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar