Kucing British Longhair: 100% Menawan dan Mempesona

Kucing British Longhair adalah kucing dengan tubuh tambun, lucu dan berbulu panjang yang membuatnya nampak seperti boneka. Tidak hanya penampilannya yang menawan, karakteristik kucing ini memiliki karakter yang sangat ideal untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan keluarga.

Kucing British Longhair
Kucing British Longhair (Xiaoxi Levistre)

Sesuai dengan namanya, kucing British Longhair artinya adalah kucing bulu panjang dari Britania. Kucing ini ada karena hasil campur tangan manusia dalam menyilangkan dua jenis ras kucing yang berbeda. Mereka adalah hasil persilangan antara kucing British Shorthair dan kucing Persia yang memiliki bulu panjang.

Sekilas Tentang Kucing British Longhair

Nama LainBritish Longhair Variant, British Semi-Longhair, Longhair British, Britannica, Lowlander, Highlander, dan Highland Straight
Berat TubuhJantan: 4.5 kg – 9 kg
Betina: 3.6 kg – 7.6 kg
Warna BuluBiru, Hitam, Coklat, Kayu Manis, Merah, Oranye, Ungu, Coklat Kekuningan, Krem
Pola BuluSolid, Bicolor, Calico, Shade, Point, Tabby, Tortie,
Warna MataKuning, Emas, Tembaga
Rentang Usia15 – 17 Tahun
PerawatanSedang – Tinggi
KarakteristikTenang, Mandiri, Manja, Penyayang, Adaptif
PengakuanTICA, FFE
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 17.000.000

Perpaduan dua jenis kucing yang rupawan dan manis ini menghasilkan ras kucing British Longhair yang akhirnya juga memiliki penampilan rupawan dengan karakter yang sangat manis. Jika sobat penasaran seperti apa kucing ini, kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Sejarah kemunculan kucing British Longhair dimulai pada sekitar tahun 1914 hingga 1918. Ketika itu beberapa ras kucing terancam punah akibat perang. Salah satunya adalah jenis British Shorthair. Para peternak kucing pada masa tersebut kemudian mencoba menyelamatkan ras ini supaya tidak punah.

Beberapa British Shorthair yang tersisa dengan “terpaksa” dikawinkan dengan kucing yang tersisa. Ketika itu yang tersedia untuk dijadikan perkawinan adalah kucing Persia. Tentu saja keturunannya kemudian menghasilkan beberapa kucing dengan bulu panjang yang bukan ciri khas Bristish Shorthair yang memang pendek. Kucing bulu panjang ini sayangnya kemudian dianggap cacat karena tidak menampakkan ciri utama British Shorthair.

Kucing British Longhair
Kucing British Longhair (Carsten Christiansen)

Para peternak kucing ini kemudian mencoba melanjutkan lagi program pelestarian British Shorthair dengan menyilangkannya dengan jenis selain Persia dengan harapan akan menghasilkan kucing bulu pendek. Dipilihnya beberapa jenis lain seperti Russian Blue, Chartreux, Burma yang semuanya berbulu pendek.

Dan hasilnya? Lagi-lagi hasil yang didapatkan adalah kucing-kucing dengan bulu panjang. Kucing-kucing berbulu panjang ini kemudian terkesan dikucilkan karena dianggap sebagai “produk” yang gagal. Tujuannya memang kucing berbulu pendek yang identik dengan British Shorthair.

Meski oleh para peternak kucing dianggap gagal, nyatanya kucing bulu panjang ini kemudian malah populer dan banyak penggemarnya. Sebagian diantaranya malah menjadi kolektor para bangsawan yang sangat menggemari kucing-kucing ini.

Organisasi kucing pertama yang mengakui jenis British Longhair adalah The International Cat Association (TICA) pada tahun 2009. Organisasi lain yang juga turut mengakuinya adalah Feline Federation Europe (FFE).

Kepribadian

Kucing British Longhair adalah kucing yang tenang, manja, mandiri dan penyayang. Tenang karena mereka bukan tipe kucing yang vokal (berisik). Mandiri karena mereka bukan kucing yang penuntut perhatian. Namun dengan perawatan yang penuh kasih sayang, kucing ini akan memanjakan dirinya bersama manusia favoritnya.

Karakter tenangnya membuatnya menyukai lingkungan tempat tinggal yang juga tenang. Mereka kurang menyukai suasana gaduh sehingga terkadang mereka kurang cocok ketika tinggal bersama anak-anak kecil.

Meskipun mereka tenang, bukan berarti seluruh hidupnya akan dihabiskan dengan bersantai atau bermalas-malasan. Kucing ini tetap aktif apalagi jika pemiliknya mengajak berinteraksi dan bermain. Meski tidak selalu menuntut perhatian, mereka akan sangat suka ketika pemiliknya memberikan perhatian yang maksimal.

Kucing British Longhair
Anak Kucing British Longhair (Dany Ducreux)

Sebagai kucing yang manja dan penyayang, British Longhair bukan tipe kucing yang akan suka memanjakan diri dengan duduk di pangkuan atau digendong. Mereka akan lebih menikmati waktu bersantai dengan duduk atau rebahan di samping manusia favoritnya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuh kucing British Longhair sedang hingga besar. Kucing jantannya akan berukuran lebih besar daripada betinanya. British Longhair betina memiliki bobot tubuh berkisar antara 3,6 kg hingga 7,6 kilogram. Sedangkan kucing jantan bobotnya berkisar antara 4,5 kilogram hingga 9 kilogram.

Baca juga: Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Tubuhnya kekar dengan otot dan tulang yang kuat. Dada terlihat lebar dan kuat, kepala bulat, hidung pendek, telinga kecil dan bulat. Kaki-kakinya cukup pendek dan berotot. Mata besar dan bulat dengan tatapan mata yang ekspresif. Bulu semi panjang hingga panjang dan tebal. Bulunya halus dan lembut ketika dibelai. Bulunya terdiri dari dua lapisan dasar dan luar sehingga terlihat sangat tebal. Ekornya cukup panjang dengan bulu panjang dan tebal.

Kesehatan

Kucing British Longhair berpotensi mendapatkan gangguan kesehatan yang diturunkan secara genetik seperti penyakit Ginjal Polikistik yang berasal dari kucing Persia. Selain itu mereka juga berpotensi mengalami masalah jantung seperti Kardiomiopati hipertrofi dan juga obesitas.

Masalah kesehatan lain yang harus diwaspadai selain penyakit bawaan genetik adalah serangan virus. Virus seperti calicivirus akan membuat kucing kesakitan. Beberapa virus bahkan sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing seperti distemper kucing. Memberikan vaksin secara rutin adalah tindakan pencegahan terbaik yang bisa diberikan.

Perawatan

Karena bulunya yang panjang, merawat kucing British Longhair perlu ada perhatian yang lebih khusus. Sisir atau sikat bulunya dengan sikat yang lembut secara rutin. Lakukan sesering mungkin karena bulunya termasuk mudah rontok. Penyisiran rutin akan membantu mengurangi kusut dan meminimalisir hairball.

Kucing British Longhair
Kucing British Longhair (Chris Talentfrei)

Untuk menjaga bulunya tetap sehat dan tidak mengalami bulu rontok yang parah, berikan makanan kucing premium atau makanan kucing khusus bulu agar tidak rontok. Selain itu tidak perlu dimandikan sesering mungkin. Mandikan setidaknya minimal 1 kali dalam seminggu atau idealnya setiap dua minggu hingga 1 kali dalam sebulan.

Perawatan lain adalah lakukan pembersihan kotoran matanya secara rutin. Hidungnya yang cenderung datar atau pesek membuat matanya cukup sering mengeluarkan air mata. Air mata yang keluar dan kemudian mengering jika tidak dibersihkan pada beberapa kasus akan menjadi kerak dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Perhatikan juga kebersihan telinganya. Bersihkan telinga meski ada kotoran dalam jumlah sedikit. Hindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinga karena berpotensi munculnya masalah seperti infeksi telinga atau kemungkinan serangan parasit seperti kutu telinga.

Gosok giginya secara rutin. Kucing gosok gigi? Betul, bahkan kucing juga perlu perawatan untuk membersihkan giginya untuk meminimalisir terkena penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik serta perawatan yang tepat, rentang usia kucing British Longhair berkisar antara 15 hingga 17 tahun.

Adopsi

Harga Kucing British Longhair

Berapa harga kucing British Longhair? Jika sobat ingin mengadopsi kucing ini, sebagai informasi harga kucing British Longhair berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 17.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya impor dan biaya tambahan lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Aphrodite Giant: Si Raksasa Dari Siprus

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar