Kucing Brazilian Shorthair: Kucing Domestik Negeri Samba

Kucing Brazilian Shorthair sesuai dengan namanya adalah kucing bulu pendek yang berasal dari Brazil. Ukuran tubuhnya sedang dan mereka adalah kucing yang gesit. Pada mulanya kucing ini adalah kucing liar jalanan yang kemudian dikembangkan menjadi ras kucing tertentu yang lebih “modern”.

Kucing Brazilian Shorthair
Kucing Brazilian Shorthair (Valter França)

Kucing Brazilian Shorthair adalah kucing yang ramah dan sangat berorientasi kepada manusia yang hidup bersamanya. Mereka juga memiliki sejarah yang panjang sejak kemunculannya mulai dikenal di dunia ini. Kucing ini adalah kucing pertama asal Brazil yang mendapatkan pengakuan organisasi kucing Internasional.

Sekilas Tentang Kucing Brazilian Shorthair

Berat TubuhJantan: 4.5 kg – 8 kg
Betina: 3.6 kg – 7 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Abu-abu, Oranye, Abu-abu, Coklat, Semua Variasi Warna
Pola BuluTabby, Bicolor, Calico, Solid, Tortie
Warna MataKuning, Emas, Tembaga
Rentang Usia14 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSosial, Adaptif, Manja, Penyayang, Setia, Manja
PengakuanWCF
HargaRp. 14.000.000 – Rp. 16.800.000

Di negara asalnya, nama kucing ini adalah Pelo Curto Brasileiro (kucing bulu pendek Brazil). Mungkin sobat masih asing dengan kucing Brazilian Shorthair? Jangan khawatir, kucingmania akan mengulas profil lengkap termasuk karakteristik kucing Brazilian Shorthair khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Sejak tahun 1500-an, kucing ini diperkirakan mulai masuk Brazil. Mereka adalah kucing-kucing yang dipelihara oleh para pedagang Portugis di kapal mereka. Kucing-kucing ini “bertugas” mengendalikan hama tikus yang kerap merusak dagangan mereka.

Pada akhirnya kucing-kucing ini kemudian juga ikut turun di pelabuhan Brazil dan kemudian sebagian dari mereka menetap dan hidup berkeliaran di sekitar dermaga dan jalanan.

Nasib kucing ini mulai sedikit berubah ketika menginjak tahun 1980-an. Seorang insinyur asal Brasil yang bernama Paulo Samuel Ruschi tertarik untuk mempelajari genetika kucing jalanan ini. Meski seorang insiyur, Paulo Samuel Ruschi adalah peternak kucing profesional.

Kucing Brazilian Shorthair
Kucing Brazilian Shorthair (galvaovet)

Paulo Samuel Ruschi mulai mengembang biakkan Brazilian Shorthair secara selektif dan terarah. Usahanya secara bertahun-tahun membuahkan hasil dengan pengakuan terhadap jenis ras kucing Brazilian Shorthair oleh World Cat Federation (WCF) pada tahun 1998.

Kepribadian

Kucing adalah kucing yang sosial dan adaptif. Mereka mudah menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan lingkungan baru. Kucing ini juga mudah menerima kehadiran orang asing di sekitar mereka, tidak masalah hidup berdampingan dengan hewan lain seperti anjing dan tidak masalah hidup dengan anak-anak kecil.

Kucing Brazilian Shorthair adalah kucing yang setia kepada orang-orang yang memperlakukannya dengan baik. Mereka akan sangat menyukai menghabiskan waktu bersama orang yang disayanginya dengan duduk di pangkuan atau ikut tidur bersamanya.

Kucing ini juga termasuk kucing yang cerdas. Dengan latihan yang tekun dan intensif, kucing Brazilian Shorthair bisa dilatih mempelajari trik-trik sederhana dan juga memahami perintah yang diberikan.

Kucing Brazilian Shorthair
Kucing Brazilian Shorthair (tati_tamashiro)

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Kucing ini memiliki tubuh sedang hingga besar dengan tulang dan otot yang tebal serta kuat. Ekor panjang, ramping dan meruncing pada bagian ujungnya. Daun telinga besar, lebar dengan ujung meruncing. Mata besar, bulat dengan tatapan ekspresif.

Baca juga: Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Bulu pendek, mengkilap, halus dan lembut ketika dibelai. Bulu dan polanya hadir dalam berbagai warna serta pola yang sangat bervariasi. Coklat, putih, hitam, abu-abu, tortie, tabby, solid, bicolor, calico dan sebagainya.

Ukuran kucing jantan lebih besar dibandingkan betinanya. Ukuran kepala jantan juga sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kucing betinanya.

Kesehatan

Kucing ini dikenal tahan banting dan tidak memiliki kelainan genetika turunan atau penyakit yang diturunkan dari nenek moyangnya. Secara umum ini adalah jenis kucing yang sehat. Namun bagaimanapun juga mereka adalah mahluk hidup yang ada kalanya akan mengalami sakit.

Kucing Brazilian Shorthair
Kucing Brazilian Shorthair (orion_e_vega)

Sebagai pemilik kucing, salah satu gangguan kesehatan pada kucing yang wajib diwaspadai adalah serangan virus. Beberapa virus seperti distemper kucing sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa mereka. Virus lain tidak mematikan namun akan membuat kucing kesakitan seperti contohnya calicivirus. Berikan vaksin secara rutin untuk mencegah serangan virus.

Perawatan

Merawatan kucing Brazilian Shorthair sangat mudah. Bulu mereka pendek dan terdiri dari satu lapisan akan membuatnya mudah dirawat. Cukup sisir dan sikat dengan sikat yang lembut secara rutin dua kali dalam satu minggu agar bulu tidak kusut.

Gosok giginya secara rutin. Kucing juga memerlukan perawatan dan pembersihan gigi. Dengan rajin menggosok gigi, mereka akan terhindar dari beberapa masalah seperti penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga telinganya secara rutin. Hindari terjadinya penumpukan kotoran dalam telinga yang memicu masalah telinga seperti serangan parasit kutu telinga.

Rentang Usia

Harapan hidup kucing Brazilian Shorthair berkisar antara 14 hingga 20 tahun, namun tentu dengan syarat dirawat dengan tepat dan kondisi kesehatannya selalu terjaga dengan baik.

Adopsi

Harga Kucing Brazilian Shorthair

Apakah sobat memiliki rencana untuk memelihara kucing ini? Sebagai informasi awal tentu sobat harus mengetahui harganya. Harga kucing Brazilian Shorthair saat ini berkisar antara Rp. 14.000.000 hingga Rp. 16.800.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Harga belum termasuk biaya impor dan biaya lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Colorpoint Shorthair: Ramping, Cerdas dan Manja

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar