Kucing Bombay: Penampilannya Bagaikan Panther Hitam

Memiliki bulu berwarna hitam solid dan mengkilat serta memiliki tatapan mata yang tajam, inilah kucing Bombay. Bukan berasal dari Bombay, India, dan tidak pula berhubungan dengan bawang bombay, ini adalah kucing yang hadir berkat campur tangan manusia dalam perkawinan silang antar dua jenis kucing yang berbeda.

Kucing Bombay
Kucing Bombay (PENTA MINOL)

Kucing Bombay adalah percampuran antara jenis kucing Burma dan American Shorthair hitam. Para peternak kucing ketika itu menginginkan kucing dengan penampilan fisik kucing Burma namun berwarna hitam solid. Harapannya adalah kucing dengan penampilan layaknya Macan Tutul Hitam India namun bersifat seperti kucing domestik yang jinak.

Sekilas Tentang Kucing Bombay

Berat TubuhJantan: > 5 kg
Betina: 3 kg – 5 kg
Warna BuluHitam
Pola BuluSolid
Warna MataKuning, Emas, Tembaga
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikAdaptif, Aktif, Penyayang, Cerdas
PengakuanCFA, ACFA, TICA
HargaRp. 7.000.000 – Rp. 28.000.000

Oleh karena itulah kucing ini kemudian mendapatkan nama Bombay (India). Seperti apakah profil kucing Bombay ini? Berikut informasinya yang kami sajikan selengkap mungkin khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Semuanya dimulai pada akhir tahun 1950-an. Seorang peternak kucing yang berasal dari Louisville, Kentucky, yaitu Nikki Horner menginginkan kucing yang memiliki penampilan layaknya macan tutul hitam India atau Panther namun jinak layaknya kucing domestik.

Kucing Bombay
Kucing Bombay (sweetp_sqrd)

Dengan tekad yang bulat, Nikki Horner kemudian berusaha mewujudkan keinginannya. Nikki kemudian menyilangkan kucing jenis Burma berwarna coklat gelap dengan American Shorthair hitam solid. Hasilnya adalah keturunan kucing dengan penampilan hitam solid dengan bulu yang mengkilat, mata kuning tembaga dan memiliki tatapan tajam.

Kucing Bombay mulai mendapatkan pengakuan atas jenisnya pada tahun 1976. Organisasi pertama yang mengakuinya adalah Cat Fanciers Association (CFA). Hingga saat ini beberapa organisasi kucing yang mengakuinya termasuk American Cat Fanciers Association (ACFACAT) dan The International Cat Association (TICA).

Kepribadian

Kucing Bombay adalah jenis kucing yang sangat adaptif dan aktif. Mereka mudah dengan cepat beradaptasi di lingkungan baru dan cocok bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Kucing ini juga cocok dan ramah dengan anak-anak kecil.

Aktifitasnya cukup tinggi. Dari kecil hingga dewasa, kucing ini akan tetap menikmati sebagian waktu mereka dengan bermain-main. Meski aktifitasnya tinggi, Bombay termasuk kucing yang berkarakter tenang dan kalem. Bukan kucing yang vokal (cerewet) meski mereka suka menuntut perhatian kepada pemiliknya.

Kucing Bombay
Kucing Bombay (Nami I)

Kucing ini juga dikenal sayang dan setia kepada pemiliknya. Sangat suka bermanja-manjaan dengan duduk di pangkuan atau ikut tidur dengan pemiliknya. Waktu terfavorit mereka adalah ketika bermain-main bersama pemiliknya.

Termasuk jenis kucing yang memiliki kecerdasan. Mereka bisa dilatih memperlajari beberapa trik sederhana dan memahami perintah sederhana yang diajarkan secara terus menerus.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Secara penampilan, bentuk fisik kucing ini mirip dengan kucing Burma. Namun yang membedakan adalah tubuhnya lebih besar, berotot, tulang besar dan cenderung lebih “melebar”. Akan terasa sangat berat ketika digendong.

Kepalanya berbentuk bulat, besarnya proposional dengan tubuhnya. Ukuran telinga sedang dan ujung telinga membulat. Bulu pendek, halus, mengkilat dan rapat. Pertumbuhan kucing ini lambat, mereka akan mencapai semua potensi fisik maksimal pada usia 18 bulan.

Kesehatan

Kucing Bombay secara umum sehat. Tidak ada penyakit serius yang diturunkan dari generasi pendahulunya. Namun ada laporan beberapa kucing Bombay mengalami masalah kesehatan yaitu Kardiomiopati hipertrofi. Yaitu sebuah kondisi penebalan pada otot jantung.

Baca juga: Jenis-jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Favorit

Masalah kesehatan lain sama seperti yang menyerang kucing pada umumnya. Salah satu yang layak diwaspadai adalah serangan virus. Beberapa virus sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa kucing seperti contohnya adalah Distemper kucing. Untuk mencegah serangan virus, pemberian vaksin secara rutin sangat dianjurkan.

Perawatan

Merawat kucing Bombay sangat mudah. Bulu pendeknya tidak memerlukan perhatian ekstra. Sikat atau sisir saja bulu-bulunya setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu-bulu mati.

Perawatan lainnya juga standar seperti rajin membersihkan atau menggosok gigi. Apakah kucing perlu gosok gigi? Perlu, kucing juga bisa mengalami masalah gigi seperti penyakit periodontal.

Kucing Bombay
Kucing Bombay (Xi (Zoran) He)

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan telinga. Bersihkan telinganya secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran di dalam telinganya serta mencegah serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, usia kucing Bombay berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Ingin mengadopsi kucing yang menyerupai Panther ini? Berikut beberapa informasinya.

Harga Kucing Bombay

Harga kucing Bombay saat ini berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 28.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Sokoke: Kucing Hutan Langka Dari Kenya

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar