10 Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Dengan berbagai jenis ras kucing di dunia ini, ada beberapa diantaranya memiliki penampilan yang unik dan khas. Salah satunya ada jenis ras kucing yang memiliki telinga lebar. Jika sobat tertarik dengan jenis ras kucing bertelinga lebar, artikel ini ditulis untuk membantu memenuhi rasa ingin tahu sobat tentang kucing yang memiliki daun telinga lebar.

1. Abyssinian

Kucing Abyssinian adalah salah satu jenis ras kucing yang tertua di dunia. Karakternya sebagai kucing aktif dan ceria menjadikan kucing ini adalah salah satu favorit dipelihara di tengah keluarga. Telinga besarnya seolah seperti sebuah “media” tambahan untuk menangkap suara di sekitarnya.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Abyssinian bertelinga lebar

Secara umum kucing Abyssinian memiliki bentuk tubuh yang tinggi, ramping serta berotot. Sifatnya manja dan sangat suka menjadi pusat perhatian. Di Indonesia sendiri kucing jenis ini sangat jarang ditemukan. Dan untuk memeliharanya sobat diharusnya mengimpor langsung dari luar Indonesia atau dari breeder yang mengembang biakan secara khusus.

2. Sphynx

Jika membicarakan jenis kucing bertelinga lebar, kucing Sphynx tentu tidak akan bisa dilewatkan. Telinga lebar dan nampak tidak memiliki bulu adalah ciri khas utama kucing jenis Sphynx ini. Ciri lainnya yang membuat kucing ini terlihat sangat khas adalah kulitnya terlihat berkerut, tubuhnya ramping dan matanya yang besar serta lebar.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Sphynx

Meski bagi sebagian orang kucing Sphynx nampak menyeramkan, namun kucing Sphynx memiliki kepribadian yang menyenangkan. Karakter mereka manja dan ramah serta mampu berinteraksi dengan pemiliknya.

Baca juga: Ras Kucing Tanpa Bulu yang Unik dan Menarik

3. Siam

Kucing Siam adalah kucing yang memiliki penampilan manis. Tubuhnya ramping dengan telinganya yang cenderung lebar. Dan salah satu ciri lainnya yang menonjol dari kucing siam adalah “kecerewetannya”. Ya, jika sobat ingin memelihara kucing Siam, sobat harus siap dengan sifatnya yang berisik.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Siam (sumber gambar Pixabay)

Selain cerewet, secara umum kucing Siam memiliki sifat yang manja dan berorientasi kepada pemiliknya. Dan satu hal lain yang penting adalah kucing Siam tidak suka diabaikan dan akan selalu cenderung menuntut perhatian.

4. Savannah

Salah satu jenis kucing termahal dan terbesar di dunia inilah kucing Savannah. Penampilan motifnya yang menyerupai kucing liar dengan telinga lebarnya adalah beberapa ciri khas kucing Savannah. Kucing ini adalah hasil persilangan antara kucing domestik dan Serval (kucing liar yang ada di Afrika).

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Savannah

Meski tampilannya yang menyerupai kucing liar Afrika, namun sifat jinak kucing domestik ada pada kucing Savannah. Karakternya cerdas dan juga sangat enerjik sehingga membutuhkan ruangan yang cukup luas serta memiliki arena bermain khusus agar mereka tetap beraktifitas dengan ideal.

5. Oriental

Kucing Oriental adalah hasil pengembangan dari kucing Siam. Telinganya identik berukuran lebar seperti kucing Siam. Tubuhnya ramping dan terkesan atletis serta matanya terlihat “sipit”. Karakteristiknya sangat aktif dan suka bermain-main.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Oriental

Sama seperti Siam, kucing Oriental adalah kucing yang manja, cenderung vokal namun sangat setia dan suka mencari perhatian kepada pemiliknya. Dan yang pasti kucing ini juga mewarisi sifat kucing Siam lainnya yaitu tidak suka diabaikan.

6. Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau atau Mau Mesir adalah salah satu jenis kucing yang cukup langka. Jumlahnya tidak banyak di dunia ini dan merupakan salah satu ras kucing tertua. Motifnya sangat eksotis dengan corak menyerupai macan tutul. Kucing Egyptian Mau adalah kucing yang atletis dan memiliki kecepatan lari tercepat diantara jenis kucing domestik lainnya yang mencapai 58 km/jam.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Egyptian Mau (sumber gambar askideas)

Kucing Egyptian Mau murni selalu memiliki mata berwarna hijau. Karena aktifitasnya yang sangat tinggi, jika memelihara kucing ini membutuhkan area bermain yang luas dan memiliki tempat khusus baginya untuk memanjat.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

7. Devon Rex

Devon Rex dengan tubuh kecil dan telinga yang lebar seolah nampak seperti “peri”. Bulu bergelombang dan lembut adalah ciri lain dari Devon Rex. Kucing sosial ini adalah kucing yang dikenal sayang kepada pemiliknya serta suka bermain-main dengan manusia yang ada di sekitarnya.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Devon Rex

Matanya besar dan cenderung menonjol mungkin bagi sebagian orang bisa terlihat nampak cukup aneh. Selain itu, kucing Devon Rex juga dikenal sebagai salah satu jenis kucing yang cerdas dan bisa dilatih meski tidak akan sepandai anjing.

8. Cornish Rex

Jenis kucing Rex lainya yang bertelinga lebar, inilah kucing Cornish Rex. Diberi nama Cornish karena asalnya yang berasal dari Cornwall, Inggris. Selain telinga lebar seperti kelelawar, Cornish Rex juga memiliki bulu lembut dan bergelombang.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex memiliki karakteristik lembut, aktif, ramah dan cukup cerdas. Selain itu mereka juga kucing yang sangat sosial sehingga dengan mudah bisa beradaptasi jika dipelihara dengan jenis hewan lain di rumah. Tubuhnya cenderung ramping dan wajah yang nampak pipih.

9. Chausie

Kucing Chausie adalah hasil persilangan antara kucing hutan dan jenis Abyssinian. Meski Chausie berasal dari persilangan dengan kucing hutan, namun mereka tetap dianggap sebagai kucing domestik karena memiliki sifat jinak dan dengan mudah dapat dipelihara di sekitar manusia.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Chausie (sumber gambar fullofcats)

Ciri fisiknya adalah tubuhnya cenderung tinggi, besar, ramping, dan tentu saja memiliki telinga yang lebar. Selain itu kucing ini adalah salah satu jenis kucing yang cerdas, suka bermain, aktif dan tenang.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

10. Balinese

Jenis kucing bertelinga lebar yang terakhir adalah kucing Balinese. Balinese atau jika diartikan ke bahasa Indonesia yang berarti orang Bali sesungguhnya adalah jenis kucing yang bukan berasal dari Bali, Indonesia. Kucing ini adalah hasil pengembangan dari kucing Siam. Oleh karena itu kucing ini akan memiliki beberapa karakteristik kucing Siam yang vokal dan tentu saja manja.

Kucing Bertelinga Lebar
Kucing Balinese (sumber gambar Pexels)

Kebanyakan jenisnya memiliki mata berwarna biru dan tubuhnya ramping. Aktifitasnya tinggi seperti suka bermain-main dan memiliki otot yang yang kuat. Dan tentu saja memiliki telinga yang lebar.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar