Mengobati kucing bersin-bersin

Kucing Bersin Bersin? Ini Lho Cara Mengobatinya

Posted on

KucingMania.net – Apakah sobat pernah tiba-tiba kaget melihat dan mendengar kucing bersin-bersin? Yap, sama seperti manusia, kucing ternyata juga bisa bersin. Jika kucing bersin tidak terlalu sering itu masih wajar terutama jika kondisi cuaca yang memang dingin. Namun bagaimana jika bersin-bersin pada kucing berlangsung terus-menerus? Nah itulah saatnya kita memberikan pertolongan untuk mengobatinya.

Mengobati Kucing Bersin-bersin

Bersin-bersin pada kucing bisa di indikasikan kucing sedang mengalami pilek/demam ringan, flu atau masalah lainnya. Ada beberapa cara untuk membantu kucing sembuh dari masalah ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk membantu kucing yang mengalami bersin-bersin.

1. Nebulizer

Memberikan penanganan kucing bersin-bersin dengan Nebulizer adalah salah satu cara efektif tanpa memberikan obat-obatan dalam. Ada dua cara dalam memberikan Nebulizer kepada kucing. Cara pertama adalah dengan menggunakan alat Nebulizer bagi sobat yang mempunyai dana untuk membeli Nebulizer. Alat Nebulizer saat ini bervariasi harganya mulai dari yang termurah hingga yang mahal.

kucing bersin-bersin
Mengobati kucing bersin-bersin dengan Nebulizer

Bagaimana caranya me-nebulizer kucing? Caranya masukkan kucing dalam kandang dan kemudian tutup seluruh kandang menggunakan kain agar uap Nebulizer tidak terbuang.

Ada cara hemat jika sobat tidak memiliki alat Nebulizer seperti gambar diatas. Caranya sama dengan memasukkan kucing dalam kandang dan kemudian tutup kandang dengan kain. Setelah itu masukkan air panas mendidih yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih atau Vicks ke dalam kandang tersebut. Diamkan hingga air dingin kemudian keluarkan kucing.

2. Ambroxol dan Tremenza

Obat manusia yang aman diberikan ke kucing yang bersin-bersin adalah campuran Ambroxol dan Tremenza sirup. Campur masing-masing 1/2 ML dan berikan kepada kucing.

3. Madu

Memberikan madu secara rutin juga mampu memberikan pertolongan untuk menyembuhkan kucing bersin-bersin. Madu murni tanpa campuran memiliki efek yang sangat baik untuk mengobati beberapa masalah kesehatan pada kucing.

Baca juga: Panduan Cara Mengobati Kucing Pilek

4. Iliadin

Iliadin adalah obat tetes hidung untuk anak-anak. Namun aman diberikan untuk mengatasi kucing yang sering bersin-bersin dan hidung tersumbat. Cara penggunaannya masing-masing lubang hidung diberi 1 tetes aja, 2 kali sehari pagi dan sore. Dan pemakaian maksimal 3 hari.

kucing bersin-bersin
Obat tetes hidung untuk mengobati kucing bersin-bersin

5. Amoxilin

Amoxilin aman diberikan kepada kucing yang mengalami bersin-bersin. Beberapa dokter hewan memberikan resep obat ini untuk kucing pilek. Berikan seperempat tablet dua kali sehari. Karena bentuknya yang tablet, sobat bisa mengakalinya dengan mencampur obatnya ke wet food atau makanannya.

6. Imboost

Imboost ada multivitamin untuk anak yang aman diberikan kepada kucing. Berikan Imboost sirup dengan takaran 2 ml dua kali dalam sehari untuk menguatkan daya tahan kucing dan menyembuhkan bersin-bersinnya.

7. Oleskan Minyak Telon

Ketika kucing sudah terindikasi bersin, segera oleskan minyak telon pada perut dan telapak kaki kucing (paw). Oleskan saja secukupnya jangan terlalu banyak.

Baca juga: Cara Mengobati Luka Kucing (Metode Obat dan Alami)

Tips Menangkal Kucing Bersin-Bersin

Kucing mengalami bersin-bersin mengindikasikan daya tahan tubuhnya sedang menurun. Untuk menguatkan daya tahan tubuhnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Rutin menjemur kucing di matahari pagi maksimal 15 menit.
  2. Berikan vitamin seperti Biolysin, Imboost atau Curcuma Plus untuk membantu menjaga dan menambah daya tahan tubuh kucing.
  3. Berikan kuning telur yang dicampur dengan madu murni secara rutin.
  4. Memberikan madu murni secara rutin juga mampu menjaga dan menambah daya tahan tubuh kucing.

Nah itulah beberapa cara mengobati dan beberapa tips untuk mengatasi masalah kucing bersin-bersin. Pastikan ikuti tips diatas agar kucing terhindar dari masalah ini. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kucing domestik dan mix dome dimana sebagian besar adalah hasil rescue dari jalanan. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar