Kucing Australian Mist: Si Manis dan Manja Dari Australia

Kucing Australian Mist adalah jenis ras kucing dengan penampilan tubuh sedang dan ramping. Dikenal memiliki sifat yang manis dan penyayang. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Australia dan merupakan hasil eksperimen manusia untuk mengembangkan kucing jenis baru.

Kucing Australian Mist
Kucing Australian Mist (kitty.green66)

Kucing Australian Mist jika diartikan adalah “Kabut Australia”. Dulunya kucing ini bernama Spotted Mist dan seiring waktu kemudian dirubah menjadi Australian Mist. Berasal dari perkawinan silang antara kucing Abyssinian dan kucing Burma yang seiring waktu juga dicampurkan dengan jenis kucing domestik bulu pendek Autralia.

Sekilas Tentang Kucing Australian Mist

Berat TubuhJantan: 3.6 kg – 6 kg
Betina: 3.5 kg – 5 kg
Warna BuluCoklat, Emas, Karamel, Persik, Biru, Ungu
Pola BuluBintik, Tabby, Marble
Warna MataKuning, Emas, Tembaga
Rentang Usia15 – 18 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSosial, Adaptif, Manja, Aktif, Penyayang, Setia, Manja, Tenang
PengakuanTICA, WCF
HargaRp. 9.000.000 – Rp. 14.000.000

Seperti apa karakteristik dan profil kucing Australian Mist ini? Kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini.

Sejarah

Sejarah kucing Australian Mist dimulai pada tahun 1975. Orang pertama yang memiliki ide untuk “menciptakan” adalah seorang dokter bernama Truda Straede. Dokter Truda Straede menginginkan kucing dengan penampilan berbintik dengan karakter kucing rumahan.

Dipilihlah kucing jenis Abyssinian dan Burma sebagai cikal bakal awalnya. Hasilnya memang keturunan kucing yang berpola “spotted” atau berbintik dan berbulu pendek sehingga kucing ini kemudian diberi nama Spotted Mist.

Seiring waktu, keturunan kucing Spotted Mist ini kemudian juga berkembang biak dengan kucing domestik asli Australia yang berbulu pendek. Beberapa keturunannya kemudian memiliki berbagai pola yang berbeda-beda tidak hanya pola berbintik.

Hingga pada akhirnya pada tahun 1998 diputuskan untuk merubah nama jenis ras kucing ini menjadi Australian Mist. Hal ini dikarenakan munculnya beberapa pola bulu yang bervariasi seperti pola marble.

Kucing Australian Mist
Kucing Australian Mist Coklat Marble (Valerie King)

Organisasi kucing yang mengakui kucing Australian Mist adalah The International Cat Association (TICA) pada tahun 2014 dan World Cat Federation (WCF). Kucing ini juga menjadi bagian sebagai harta nasional negara Australia.

Kepribadian

Kucing Australian Mist digambarkan sebagai kucing peliharaan yang sangat ideal. Mereka adalah kucing rumahan dengan sifat yang akan membuat keluarga mereka menyayanginya.

Kucing ini manja, setia dan sangat menyukai perhatian. Kucing ini cenderung akan terikat dengan manusia favoritnya yang memperlakukannya dengan sangat baik. Mereka akan sangat menyukai duduk di pangkuan pemiliknya dan mengikuti aktifitas yang dilakukan pemiliknya.

Sifatnya sosial dan adaptif. Kucing ini dengan cepat mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan kebiasaan baru. Mereka juga mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain dan cocok hidup bersama anak-anak kecil.

Kucing Australian Mist
Kucing Australian Mist

Tingkat aktifitasnya cukup tinggi. Mereka akan menikmati permainan terutama yang dilakukan bersama dengan pemiliknya. Mainan interaktif akan menyibukkan hari-hari mereka. Kucing ini juga digambarkan sebagai kucing yang tenang dan tidak vokal.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya berukuran sedang. Kucing jantan cenderung berbadan lebih besar daripada betinanya. Tulang dan ototnya kuat dan kokoh namun mereka tetap terlihat ramping. Kepalanya bulat dengan mata besar yang ekspresif. Warna mata kuning, emas dan tembaga.

Kaki-kakinya cukup panjang, ekornya panjang dan tebal. Bulu pendek satu lapisan dan lembut ketika dibelai. Pola dan warna bulu kucing Australian Mist hadir dalam warna dasar coklat, emas, karamel, persik, biru dan ungu.

Kesehatan

Meski ini adalah kucing campuran, Australian Mist dikenal sebagai kucing yang tangguh. Mereka tidak memiliki kelainan genetik yang berasal dari nenek moyangnya. Namun sebagai mahluk hidup tentu mereka juga akan mengalami beberapa gangguan kesehatan dalam hidupnya.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Kucing di Indonesia

Salah satu masalah yang berpotensi mengganggu kesehatan kucing adalah virus. Virus seperti calicivirus akan membuat kucing kesakitan. Beberapa virus bahkan berpotensi mengancam nyawa kucing seperti distemper. Untuk mencegahnya diperlukan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing Australian Mist sangat mudah. Sisir atau sikat bulunya secara rutin agar tidak kusut dan mengurangi bulu mati yang masih menempel. Pada musim tertentu, bulu kucing ini akan cenderung lebih rontok.

Kucing Australian Mist
Anak Kucing Australian Mist (Brian)

Pembersihan telinga harus rutin dilakukan. Bersihkan kotoran di dalam telinganya meski terlihat masih sedikit. Hindari terjadinya penumpukan kotoran di dalam telinganya agar tidak terkena beberapa masalah telinga seperti infeksi telinga atau serangan parasit. Gosok gigi kucing secara rutin agar kucing terhindar dari masalah penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Australian Mist berkisar antara 15 hingga 18 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Australian Mist

Berapa harga kucing Australian Mist ini? Jika sobat ingin mengadopsi kucing ini, sebagai informasi bahwa harga kucing Australian Mist berkisar antara Rp. 9.000.000 hinga Rp. 14.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Harga tersebut masih belum termasuk biaya impor dan biaya tambahan lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing York Chocolate: Si Coklat Dari New York

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar