Kucing Ashera: Harga, Karakteristik, dan Kontroversi

Dikenal sebagai jenis kucing yang paling mahal yang pernah ada di dunia, kucing Ashera menyimpan cerita gelap. Benarkah kucing ini nyata dan ada di dunia ini?

Digambarkan memiliki penampilan seperti kucing liar dengan penampilan yang menawan, Ashera menurut informasi yang beredar dikabarkan memiliki harga yang sangat mahal.

Kucing Ashera
Kucing Jenis Ashera (shutterstock)

Kenapa mahal? Kabarnya proses penyilangan kucing ini sangat sulit sehingga membuat harganya sangat tinggi.

Tentu saja hal ini akan membuat siapapun merasakan penasaran meski bukan penggemar kucing sekalipun. Namun benarkah kucing Ashera benar-benar memiliki harga mahal dan benar-benar ada di dunia ini?

Berapa Harga Kucing Ashera?

Harga kucing Ashera berkisar antara Rp. 238.000.000 hingga Rp. 1.750.000.000.000 (1,75 milyar) tergantung pada kemurnian kualitasnya.

Dengan harga jual yang mencapai 1,75 milyar, tentu saja belum ada jenis ras kucing yang bisa mengalahkan harga kucing Ashera.

Apakah sobat tertarik dengan Ashera dan ingin mengadopsinya?

Asal-usul Kucing Ashera

Kucing Ashera
Jenis Kucing Ashera atau Savannah (shutterstock)

Ashera dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Lifestyle Pets pada medio awal tahun 2000 an. Perusahaan ini secara selektif membiakkan kucing-kucing ini di laboratorium.

Namun karena berbagai hal yang mengiringi, Lifestyle Pets akhirnya berhenti memproduksi kucing ini pada Juni 2008.

Karakteristik Kucing Ashera

Kucing jenis Ashera digambarkan sebagai jenis kucing hibrid hasil persilangan antara kucing Serval, kucing Macan Tutul Asia, dan kucing domestik.

Ashera adalah kucing berukuran besar dengan berat tubuh berkisar antara 12 kg hingga 15 kg, ketika mencapai usia dewasa dan panjang tubuhnya mencapai 1,5 meter.

Warna bulunya krem ​​atau kuning kecokelatan dengan bintik-bintik coklat yang berbeda (mirip dengan kucing hutan liar). Ada pula yang memiliki warna putih dengan bercak oranye atau kuning yang disebut dengan Snow Ashera.

Secara fisik, penampilan dan sifatnya, kucing Ashera sangat mirip dengan kucing Savannah (yang nantinya akan memunculkan kontroversi lebih lanjut).

Kontroversi Kucing Ashera

Kemunculan Ashera ketika itu memunculkan polemik dan menimbulkan banyak sekali kontroversi. Seorang peternak dan ahli kucing bernama Chris Shirk, dari Pennsylvania mempertanyakan keaslian dan eksistensi Ashera.

Chris Shirk adalah peternak yang memelihara dan mengembang biakkan kucing Savannah di cattery yang bernama Cutting Edge Savannah.

Chris Shirk menginvestigasi dan kemudian melaporkan hasilnya pada surat kabar bernama San Diego Union-Tribune agar kebohongan yang dilakukan oleh Lifestyle Pets bisa diungkapkan ke khalayak ramai.

Untuk memperkuat buktinya, Chris bekerjasama dengan pihak terkait untuk melakukan uji DNA terhadap “produk” kucing jenis Ashera yang dikembangkan oleh Lifestyle Pets.

Dan hasil tes DNA membuktikan bahwa sampel kucing yang diklaim sebagai Ashera hanyalah kucing Savannah F1 yang dibeli dari para peternak dan kemudian dijual ulang dengan nama “Ashera”.

Kucing Ashera
Kucing Ashera atau Savannah (shutterstock)

Bukti lain ditemukan pada tahun 2008, tiga ekor anak kucing Ashera yang hendak dikirim melalui bandara Bandar Udara Schiphol Amsterdam disita oleh pihak berwenang. Tiga anak kucing ini kemudian diuji DNA dan hasilnya membuktikan ini adalah anak kucing Savannah.

Tiga anak kucing ini sebelumnya dibeli ke Cutting Edge Savannah yang dimiliki oleh Chris Shirk melalui pihak ke 3 agar tidak ketahuan dan kemudian dijual lagi menggunakan nama perusahaan Lifestyle Pets.

Dan konyolnya, jenis kucing palsu ini dijual kembali dengan harga yang super mahal dan sayangnya beberapa orang berhasil tertipu dan membeli Ashera yang seharusnya adalah kucing Savannah.

Jika rata-rata harga Savannah berkisar hingga 200 jutaan, Ashera dijual jauh di atas itu melebihi angka 1 milyar rupiah.

Setelah kontroversi ini terungkap, pemilik Lifestyle Pets yang bernama Simon Brodie menghilang, dan Lifestyle Pets kemudian mengumumkan berhenti membiakkan kucing.

Dengan adanya bukti DNA inilah maka sudah bisa dipastikan jenis kucing Ashera sebenarnya tidak ada dan memang tidak ada pengakuan resmi dari organisasi kucing manapun terhadap kucing jenis Ashera.

Kesimpulan

Sering dianggap sebagai jenis kucing termahal yang ada di dunia ini, dengan berbagai bukti yang sudah ditemukan, bisa dipastikan Ashera adalah jenis kucing yang tidak ada dan sebenarnya adalah jenis kucing Savannah.

Jika sobat tertarik ingin mengadopsi Ashera, sudah dipastikan akan menemui jalan buntu karena kucing ini tidak ada eksistensinya di dunia ini. Pilihan lain? Tentu saja sobat bisa memilih kucing Savannah sebagai pilihan terbaik.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar