Kucing Aphrodite Giant: Si Raksasa Dari Siprus

Kucing Aphrodite Giant adalah jenis ras kucing yang berasal dari negara Siprus. Jika mendengar namanya, apakah mungkin terpikir bahwa ini adalah kucing Raksasa? Jika dikatakan berukuran raksasa maka tidak. Namun memang ukuran tubuh kucing ini termasuk besar (dan salah satu yang terbesar). Besar dan menawan, dua kata itu mungkin cocok untuknya.

Kucing Aphrodite Giant
Kucing Aphrodite Giant (aphroditegiants)

Kucing Aphrodite Giant merupakan ras kucing alami. Maksudnya adalah jenis ras kucing ini berkembang tanpa adanya campur tangan manusia. Pada kehidupan masa lampaunya, nenek moyang kucing Aphrodite Giant hidup di pegunungan Siprus. Tubuh besarnya adalah kekuatan baginya untuk hidup dengan berburu mangsa yang juga berukuran besar.

Sekilas Tentang Kucing Aphrodite Giant

Nama LainAphrodite’s Giant Longhair, Aphrodite’s Giant Shorthair
Berat TubuhJantan: 6.8 kg – 11 kg
Betina: 4.5 kg – 6.5 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Oranye, Krem
Pola BuluSolid, Bicolor, Calico, Tortie
Warna MataBiru, Kuning, Emas, Odd-eye, Tembaga
Rentang Usia12 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSetia, Adaptif, Sosial, Aktif, Manja
PengakuanTICA, WCF
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 50.000.000

Seperti apa sih jenis kucing Aphrodite Giant ini? Kucingmania akan mengulas profil serta karakteristiknya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Menurut bukti yang ditemukan, kucing Aphrodite Giant adalah salah satu jenis ras kucing kuno dan bahkan tertua. Bukti ini ditemukan oleh arkeolog asal Prancis bernama Prof. Jean Guillain pada tahun 2004.

Prof. Jean Guillain menemukan kerangka kucing yang diperkirakan berusia 9.500 tahun. Kerangka ini menunjukkan bentuk tubuh yang sama dengan yang dimiliki oleh Aphrodite Giant. Jika benar demikian, kucing ini bisa dipastikan sebagai ras kucing tertua. Sebuah bukti sejarah sebelumnya menyatakan bahwa ras kucing tertua ada di Mesir dengan usia kerangka 4000 tahun.

Pada era modern, kucing Aphrodite Giant mulai dikenal pada tahun 2007 ketika tampil dalam sebuah pertunjukan kucing lokal di Siprus. Dunia mulai mengenalnya pada tahun 2009 ketika kucing ini tampil di pertunjukkan kucing yang diadakan oleh World Cat Federation (WCF) di Berlin, Jerman.

Kucing Aphrodite Giant
Kucing Aphrodite Giant Betina (aphroditegiants)

Dan masih pada tahun 2009, klub penggemar kucing Aphrodite Giant pertama berdiri di Siprus. Klub ini bernama Cyprus Cats National Breed Association (CyCNBA).

Organisasi pertama yang mengakui kucing ini adalah World Cat Federation (WCF) pada 1 Juli 2012. Namun ketika itu kucing ini diakui dengan nama Aphrodite’s Giant Longhair. The International Cat Association (TICA) kemudian menyusul mengakui kucing ini pada September 2017 dengan nama Aphrodite.

Kepribadian

Tubuh besarnya tidak akan menghalangin aktifitasnya. Mereka adalah kucing yang suka bermain dan memanjat. Sama seperti nenek moyangnya, kucing ini hingga saat ini adalah pemburu yang handal. Meski tubuhnya berukuran raksasa untuk ukuran kucing, kucing ini tetaplah kucing yang lembut, jinak dan penuh kasing sayang. Mereka akan dengan senang hati hidup berdampingan dengan manusia.

Kucing Aphrodite Giant memiliki sifat yang adaptif dan sosial. Mereka mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Selain itu kucing ini juga cocok berada di sekitar anak-anak kecil dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Aphrodite Giant adalah kucing yang menyukai perhatian. Sangat tidak cocok bagi Anda yang terlalu sering bepergian dalam waktu yang lama. Ada baiknya memberikan teman sebagai pendamping jika memang Anda berencana memelihara kucing ini dan sering meninggalkannya.

Kucing Aphrodite Giant
Kucing Aphrodite Giant (aphroditegiants)

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tidak perlu diragukan lagi, kucing ini adalah kucing domestik berukuran raksasa sesuai dengan gelar yang dimilikinya. Kucing jantannya memiliki berat badan antara 6 kilogram hingga 11 kilogram dan betinanya 4,5 kilogram hingga 6,5 kilogram.

Namun kucing ini memiliki perkembangan yang lambat jika dibandingkan dengan kucing lain. Untuk mencapai tahap penuh perkembangan fisiknya diperlukan waktu antara 3 hingga 4 tahun.

Tubuh kucing ini panjang dan ramping, kepala berbentuk seperti baji dengan mata berbentuk oval atau almond. Telinga berukuran sedang, lancip dan lurus dengan posisi tegak ke atas. Tubuhnya berotot dan memiliki tulang yang besar.

Kedua kaki belakangnya sedikit lebih panjang dibandingkan kedua kaki depannya. Ekornya tidak terlalu panjang dan tidak pendek dengan bulu lebat dan tebal. Bulu pendek hingga semi panjang yang terdiri dari dua lapisan dalam dan luar. Ketika musim panas bulunya akan rontok.

Kesehatan

Kucing Aphrodite Giant adalah kucing yang sehat karena tidak mewarisi kelainan genetika dari nenek moyangnya. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap ditemui pada kucing ini adalah obesitas. Hal ini bisa dicegah dengan pola makan ketat dan sehat.

Kucing Aphrodite Giant
Kucing Aphrodite Giant (aphroditegiants)

Masalah kesehatan lain juga sama seperti penyakit yang kerap menyerang kucing pada umumnya. Salah satu yang harus diwaspadai oleh pemiliki kucing adalah serangan virus. Beberapa virus yang menyerang kucing sangat berbahaya dan mengancam nyawa kucing. Tindakan pencegahan terbaik adalah dengan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Meskipun bulunya semi panjang, perawatan kucing Aphrodite Giant sangat mudah. Rawatlah bulu-bulunya dengan rutin menyisir dan menyikatnya dengan sikat lembut agar tidak kusut dan membantu mengangkat bulu mati untuk mengurangi hairball.

Baca juga: Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Bersihkan telinganya secara rutin agar kotoran tidak menumpuk. Penumpukan kotoran di dalam telinga akan memicu beberapa masalah telinga seperti serangan parasit kutu telinga atau infeksi telinga. Gosok giginya secara rutin agar terhindar dari penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Aphrodite Giant berkisar antara 12 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Aphrodite Giant

Apakah sobat tertarik ingin mengadopsi kucing Aphrodite Giant? Sebagai informasi, harga kucing Aphrodite Giant saat ini berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 50.000.000 tergantung pada usia, jenis kelamin dan kualitasnya. Dan harga tersebut belum termasuk biaya impor dan biaya tambahan lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing American Shorthair: Tubuh Kekar Berkarakter Manis

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar