Kucing Anggora: Si Cantik dan Menawan

Kucing Anggora adalah jenis kucing yang sangat populer. Seperti apakah karakteristik kucing yang memiliki penampilan menawan ini?

Kesan pertama ketika kita melihat kucing Anggora adalah anggun dan elegan. Bulu-bulunya halus namun memiliki kekuatan, kecerdasan, dan kemauan yang tinggi. Telinga mereka yang sangat besar dan tegak seolah-olah menjadikan mereka terlihat seperti kelinci dan ekornya membentang indah.

Tahukah Anda sebenarnya kucing Anggora ini adalah kucing jenis Turkish Angora?

Di Indonesia sendiri, kucing Anggora kerap menimbulkan kesalahpahaman. Banyak masyarakat yang menganggap semua kucing berbulu panjang dengan sebutan kucing Anggora.

Salah satu kucing yang kerap salah dikenali sebagai Anggora adalah jenis Persia. Di Indonesia, kucing Persia adalah kucing yang paling banyak dipelihara. Dan konyolnya, banyak yang menganggap kucing Persia ini dengan sebutan Anggora.

Jenis Kucing Anggora
Jenis Kucing Anggora (Anna Volgina / istockphoto)

Di luar semua kesalahpahaman tersebut, kami akan memberikan beberapa informasi tentang kucing Anggora untuk pengetahuan kita bersama.

Bagaimana Cara Merawat Kucing Anggora?

Merawat kucing Anggora tidak beda dengan merawat kucing lain. Meski ada beberapa perlakuan khusus dalam merawat kucing ini. Bagaimanakah cara merawatnya?

1. Grooming

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bulu-bulunya. Untuk merawat bulu indahnya, kucing Anggora harus sering mendapatkan “servis” penyikatan bulu secara rutin. Tidak perlu menyikatnya setiap hari. Usahakan setiap dua hari sudah cukup.

Lakukan penyikatan bulunya secara lembut dengan menggunakan sikat khusus. Selain bagus untuk bulunya, proses menyikat ini juga akan menghilangkan kotoran-kotoran dan bulu-bulu mati yang rontok. Sikat khusus untuk merawat bulu kucing bisa dibeli di toko hewan.

Pastikan juga selalu memotong kukunya. Kita bisa memotongnya sendiri, untuk memotong kukunya, sebelumnya buatlah ia nyaman berada dalam pangkuan sobat, setelah itu tekan dengan lembut cakarnya agar muncul keluar dan kemudian potonglah pelan-pelan.

Rapikan saja bagian putih kukunya dan hati-hati jangan memotong terlalu dalam.

2. Bermain-main

Ajak kucing kesayanganmu untuk bermain-main. Kucing ini juga membutuhkan “olahraga”. Olahraga disini adalah aktifitas fisik seperti bermain.

Sisihkan waktu sobat untuk bermain bersama kucing ini. Ajaklah ia bermain dengan memberinya beberapa mainan. Mainan favoritnya adalah bola. Lemparkan bola maka ia akan mengejarnya kesana kemari.

3. Makanan Berkualitas

Untuk menjaga kondisi fisiknya agar selalu dalam keadaan terbaik, berikan makanan yang berkualitas. Jangan sembarangan memberikan makanan manusia kepada kucing Anggora.

Berikan makanan khusus kucing yang memiliki kualitas terbaik. Dalam memberi makan kucing Anggora, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Berikan makanan yang banyak mengandung protein
  • Berikan jadwal makanan yang ketat dan rutin, jangan membiarkan kucing makan dengan bebas agar ia terhindar dari obesitas
  • Untuk memantau berat kucing Anggora, timbang sebulan sekali. Jika kucing terlihat kelebihan berat badan, kurangi makanan mereka.

Pada bagian bawah artikel kami memiliki panduan khusus untuk memberi makan kepada kucing ini.

4. Pembersihan Telinga dan Gigi

Selalu bersihkan telinganya. Lakukan pembersihan telinga pada interval 2-3 mingguan. Pembersihan ini untuk menghilangkan semua kotoran dan menghindari penumpukan kotoran di dalam telinganya.

Untuk membersihkan telinganya, gunakan bola kapas lembab atau kain kasa. Gosok lembut bagian dalam telinga dengan kasa atau bola kapas dan hindari saluran dalam telinga.

Jika telinganya terlalu kotor dan berbau busuk, jangan memaksa untuk membersihkannya sendiri, lebih baik untuk membawanya ke dokter hewan untuk melihat kondisi telinganya.

Perhatikan masalah pendengarannya. Beberapa kucing Anggora yang memiliki mata biru dapat memicu masalah pendengaran.

Jika kucing Anggora sobat berwarna putih dengan dua mata biru, mereka rawan terkena masalah pendengaran seperti tuli di kedua telinga mereka. Jika Anggora sobat hanya memiliki satu mata biru, mereka bisa terkena tuli pada salah satu telinganya.

Jangan lupa tentang perawatan gigi. Sikat giginya secara rutin untuk menghindari masalah penyakit gigi seperti penyakit periodontal.

Ada sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk kucing yang bisa dibeli di toko hewan. Jangan gunakan pasta gigi manusia pada kucing. Fluoride atau fluorinya beracun untuk kucing.

5. Sterilisasi

Pertimbangkan untuk memandulkan kucing Anggora betina dan untuk jantan dikebiri (sterilisasi). Lakukan hal ini jika sobat tidak berencana untuk mengembangbiakkan mereka.

Pengebiran dan memandulkan memiliki dampak positif lain seperti bisa mengurangi perilaku negatif seperti kencing sembarangan (meninggalkan tanda mereka) dan membantu mengurangi risiko tumor mammae dan infeksi rahim yang umum terjadi pada kucing betina.

Baca juga:

6. Pantau Kesehatan

Pantau masalah jantung. Kucing Anggora secara genetik cenderung memiliki masalah kardiomiopati hipertrofik. Ini adalah jenis penyakit jantung yang umum terjadi di mana otot menjadi tebal. Bawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan skrining jantung.

Dan untuk memastikan mereka tetap sehat, bawa kucing untuk mendapatkan perawatan dokter hewan secara teratur. Pastikan ia mendapatkan semua vaksinasi yang dibutuhkan.

Beberapa vaksin dasar yang harus didapatkan oleh kucing Anggora adalah FPV (distemper), Rabies, FeLV, FIV, FIP, Chlamydophila Felis, Bordetella, dan program vaksin Feline Giardia. Selain itu mereka juga membutuhkan vaksin rabies tahunan.

Makanan untuk Kucing Anggora

Daftar makanan berikut ini adalah makanan yang sangat direkomendasikan bagi kucing jenis Anggora.

1. Royal Canin Persian

Makanan untuk kucing anggora yang saya rekomendasikan awal adalah Royal Canin Persian. Makanan ini sudah sangat tersohor sebagai makanan kucing Persia atau Anggora.

Kucing Anggora
Rekomendasi Makanan Kucing Anggora (royalcanin.id)

Sudah banyak review positif dari para pecinta kucing Persia atau Anggora setelah rutin mengkonsumsi makanan ini terutama hasilnya terlihat pada bulu yang panjang dan indah.

Makanan ini mengandung kompleks nutrien eksklusif yang mendukung pertahanan kulit dan mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.

Formula yang diperkaya asam lemak omega 3 (EPA & DHA) dan asam lemak omega 6. Selain itu formula lain dalam makanan ini adalah kombinasi serat spesifik yang membantu stimulasi transit usus dan secara alami membatasi pembentukan hairball.

2. Me-O Persian

Makanan ini sangat populer di kalangan pecinta kucing bulu panjang. Harganya yang terjangkau menjadikan makanan ini menjadi pilihan bagi pecinta kucing. Beberapa keunggulan makanan ini adalah:

  • Diformulasikan untuk pertumbuhan kucing sebagai pelengkap untuk memenuhi nilai gizi yang seimbang
  • Taurin adalah asam amino yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan
  • Vitamin C berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh kucing
  • Kandungan Kalsium, Fosfor dan Vitamin D membantu memperkuat gigi dan tulang
  • Formula khusus untuk membantu mencegah risiko FLUTD
  • Kandungan Omega-3 dan Omega-6 dan kombinasi dengan Zinc akan membantu menyehatkan kulit dan bulu kucing
  • Natrium membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, ginjal dan penyakit jantung pada kucing.

3. Pro Plan Adult Derma Plus dengan OPTIDERMA

Makanan untuk kucing Anggora berikutnya adalah dari merk Pro Plan. Pro Plan Adult Derma Plus dengan OPTIDERMA mengandung nutrisi untuk membantu mewujudkan kulit dan lapisan yang sehat, untuk membantu meminimalisasi kerontokan bulu.

DERMA PLUS mengontrol pembentukan hairball dan dengan aman memperlancar proses melalui pencernaannya. Formula yang spesifik ini meliputi vitamin tinggi, mineral dan protein, penting untuk bulu dan jaringan epidermal untuk kulit sehat dan bulu berkilau.

4. Kitchen Flavor Grain Free Beauty

Makanan cocok diberikan untuk segala usia kucing.

Makanan ini mengandung omega 3, omega 6, vitamin C dan E serta elemen-elemen lainnya bermanfaat untuk meningkatkan kilau bulu, menutrisi kulit, menjaga pencernaan serta menghilangkan gumpalan bulu. Harganya juga sangat bersahabat bagi para pecinta kucing.

Berikut ini beberapa keunggulan makanan ini:

  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
  • Menutrisi kulit
  • Memelihara dan menutrisi folikel bulu
  • Membantu pertumbuhan bulu
  • Membuat bulu lebih lembut dan mengkilap
  • Membantu mengeluarkan gumpalan bulu (hairball)
  • Menjadikan tubuh kucing lebih energik dan kuat.

5. Royal Canin Hair and Skin Care

Makanan khusus untuk perawatan kulit dan bulu kucing. Makanan ini memberikan efek bulu kucing menjadi lebih tebal, berkilau dan tidak mudah rontok. Makanan ini sangat cocok diberikan kepada kucing yang memiliki bulu panjang agar tidak mudah rontok.

6. Blackwood

Blackwood adalah merk makanan premium yang berasal dari Amerika. Makanan ini mengandung protein dan serat untuk nutrisi optimal. Tidak mengandung jagung, soya, dan gandum. Hasil positif pemberian makanan ini adalah kucing cepat gemuk dan memiliki bulu yang tebal.

7. Equilibrio Persian

Salah satu merk makanan populer. Equilibrio Persian adalah produk makanan khusus kucing jenis Persia atau Anggora. Beberapa keunggulan makanan merk premium ini adalah:

  • Mengontrol pH urine sehinggat tidak berbau menyengat
  • Mengurangi akumulasi bau kotoran
  • Memperlancar dan menjaga pencernaan kucing
  • Membuat bulu lebih halus dan berkilau
  • Mengontrol pembentukan hairball.

8. Daging dan Ikan

Selain makanan kemasan seperti diatas, makanan untuk kucing Anggora yang paling bagus adalah memberikan daging dan ikan. Daging dan ikan yang bagus untuk dikonsumsi kucing jenis ini adalah:

  • Ikan tongkol, tuna, salmon, lele dan patin
  • Daging ayam, sapi, domba dan kalkun.

Berikan dalam keadaan matang (dikukus atau direbus) dan jangan dalam kondisi mentah.

Memberikan makanan yang terbaik bagi mereka tentu saja akan menjaga dan meningkatkan kesehatan serta penampilan fisik mereka tetap terjaga dengan baik.

Penyakit Kucing Anggora

1. Tuli

Memiliki mata biru yang indah memang memiliki efek buruk untuk berkembang biak karena hal ini rawan membuat mereka tuli.

Penyakit Kucing Anggora
Anggora odd-eyed rawan memiliki telinga tuli (Svyatoslav Balan / istockphoto)

Jika seekor kucing memiliki satu mata biru dan yang satu lagi berwarna lain (odd-eyed), ada kemungkinan mereka akan kehilangan pendengarannya di satu telinga saja. Ada baiknya untuk memeriksakan kucing Anggora yang sudah berusia satu tahun terkait masalah pendengarannya.

2. Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM

Beberapa kucing Anggora telah dilaporkan mengalami masalah dengan jantung yaitu Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM. Ini adalah masalah jantung yang menyerang cukup banyak ras kucing. Kondisi ini adalah terjadinya penebalan di otot jantung mereka dan khususnya di ventrikel kiri.

Hal ini dapat berdampak serius pada kemampuan jantung untuk secara efektif memompa darah beroksigen ke katup aorta kucing yang kemudian dikirim ke seluruh tubuh mereka. Diperkirakan kondisi ini merupakan gangguan yang diwariskan oleh beberapa ras kucing.

Kondisi jantung ini biasanya mempengaruhi kucing ketika mereka berusia 5 hingga 7 tahun, tetapi beberapa kucing berumur 3 bulan juga terkena HCM. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa kucing jantan tampaknya lebih cenderung terkena masalah ini dibandingkan dengan kucing betina.

Gejala Hypertrophic Cardiomyopathy atau HCM pada kucing Anggora:

  • Kucing biasanya kehilangan selera makan, menolak makan apa pun yang kemudian menyebabkan mereka menjadi anoreksia
  • Mereka lesu, tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekitar mereka
  • Kucing memiliki denyut nadi yang lebih lemah
  • Mereka sering mengalami kesulitan bernapas
  • Kucing kehabisan nafas dengan sangat cepat setiap kali mereka bergerak
  • Mereka mungkin mengalami kelumpuhan di kaki belakang mereka
  • Bantalan kucing mungkin berubah warna kebiru-biruan karena fakta bahwa oksigen tidak mengalir ke kaki mereka seperti yang seharusnya
  • Kucing sering tiba-tiba kolaps dan dapat mengalami gagal jantung total.

Sifat Kucing Anggora

Selain tampilan fisiknya yang menarik, masih banyak sifat-sifat lain dari kucing Anggora yang akan membuat sobat kagum. Inilah sifat kucing Anggora yang akan membuat sobat jatuh cinta kepadanya.

Sifat Kucing Anggora
Kucing Anggora memiliki sifat yang manis (fotojagodka / istockphoto)

1. Sayang Kepada Pemiliknya dan Ramah Kepada Orang Asing

Kucing Anggora dikenal sangat setia dan sayang kepada pemiliknya. Selain itu, ia juga tidak keberatan untuk menunjukkan rasa antusiasme tinggi terhadap orang asing yang berkunjung ke rumah pemiliknya. Kucing ini bisa menjalin ikatan yang baik dengan mausia.

2. Cerdas

Kucing Anggora adalah kucing yang cerdas. Bahkan ia bisa membuka pintu dan jendela rumah kita. Ia suka bersembunyi di lemari baju kita dan bermain-main disana.

3. Mudah Beradaptasi

Kucing Anggora bisa menjadi peliharaan keluarga. Ia tidak memiliki masalah untuk bermain-main dengan anak-anak dan bahkan dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

4. Suka Bermain

Kucing ini adalah kucing yang ceria. Ia suka bermain-main dengan mainan-mainan yang bergerak serta berlari kesana kemari. Jika sobat di rumah, ia akan mengikuti apapun yang sobat lakukan. Dia selalu ingin berpartisipasi dengan semua aktifitas kita.

5. Gigih Mencari Perhatian

Kucing Anggora dikenal gigih mencari perhatian pemiliknya. Bahkan kegigihannya terkadang cukup nekat dengan melakukan sesuatu yang “nakal”.

6. Kucing yang Vokal

Kucing Anggora adalah kucing yang suka “mengobrol”. Dia akan mengeluarkan suara-suara seperti mengeong untuk mengajak kita berbicara. Suaranya juga sangat lantang demi mendapatkan perhatian pemiliknya.

7. Tidak Menyukai Perubahan

Kucing Anggora adalah kucing yang manis tetapi ia bisa marah dengan perubahan tiba-tiba di lingkungannya. Ia tidak suka ada perubahan rutinitas yang menjadi favoritnya.

8. Tidak Suka Ditinggal

Kucing ini bisa marah dan bosan jika ditinggal lama oleh pemiliknya. Jika suasana hatinya jelek, ia akan menunjukkan rasa marahnya.

Penutup

Kucing Angora adalah kucing yang cantik dan salah satu pilihan yang paling populer sebagai hewan peliharaan keluarga.

Mereka pandai dan waspada serta sangat mandiri meskipun mereka tidak suka diabaikan pada jangka waktu yang lama. Jenis ini dikenal sehat meskipun ada beberapa masalah kesehatan yang patut diwaspadai.

Ia dengan mudah mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya. Kucing cantik, ramah dan cerdas ini bisa menjadi partner hidup kita dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar