Kucing American Wirehair: Unik dan Berwatak Lembut

Bulu mereka nampak acak-acakan atau semrawut, tatapan matanya tajam, namun mereka sangat unik dan masuk dalam jenis kucing langka. Inilah kucing American Wirehair yang namanya seolah menggambarkan keadaan bulu-bulunya.

Kucing American Wirehair
Kucing American Wirehair (@every.thingaboutcats)

Wirehair atau bulu kawat atau kabel adalah nama yang diperoleh kucing ini. Nama ini jelas menggambarkan kondisi bulu mereka yang mungkin nampak seperti kawat atau kabel yang semrawut. Bahkan bulu mereka sangat terasa kasar dan sulit ketika disentuh.

Sekilas Tentang Kucing American Wirehair

Berat Tubuh3.5 kg – 5 kg
Warna BuluPutih, Biru, Krim, Merah (Oranye), Platinum, Seal, Silver, Emas, Coklat, Bluecream
Pola BuluTortoiseshell, Solid, Bicolor, Calico, Tabby, Smoke
Warna MataOdd-eye, Emas, Hijau, Biru
Rentang Usia10 – 12 Tahun
PerawatanRendah – Sedang
KarakteristikSuka Perhatian, Aktif, Lembut, Adaptif, Sosial
PengakuanCFA, TICA, ACFA, CAA, CCA, AFC, FIFe
HargaRp. 11.000.000 – Rp. 21.000.000

Seperti apakah profil kucing dengan penampilan yang unik ini? Artikel ini akan mengulas secara lengkap untuk Anda sobat pecinta kucing.

Sejarah

Kucing American Wirehair
Kucing American Wirehair (elmichinica)

Kucing ini adalah hasil mutasi yang terjadi secara alami (tanpa campur tangan manusia). Kemunculan awalnya adalah pada tahun 1966. Dua ekor kucing bernama Bootsie dan Fluffy melahirkan 5 bayi kucing dengan bulu yang aneh. Namun sayangnya dari kelima bayi kucing tersebut hanya bertahan 1 saja. Satu anak kucing ini hidup sehat dan ia diberi nama Adam.

Hingga pada suatu ketika, Joan O’Shea yang berasal dari Vernon, New York mendengar kabar tentang anak kucing dengan penampilan bulu-bulunya yang unik ini. Joan O’Shea kemudian datang mengunjungi kucing ini dan langsung jatuh hati kepadanya.

Pada mulanya Joan O’Shea mengira anak kucing yang bernama Adam ini adalah jenis Rex seperti yang ia pelihara di rumah. Namun setelah diamati, Joan O’Shea menyadari bahwa ini adalah kucing yang berbeda dan bisa menjadi jenis baru.

Singkat kata, Joan O’Shea pada akhirnya mengadopsi Adam. Joan O’Shea kemudian mengembang biakkan kucing jenis baru ini. Bayi-bayi kucing hasil pembiakan ini memiliki bulu-bulu seperti milik Adam. Joan O’Shea pun juga mengirimkan sampel bulu Adam kepada ahli genetika di Inggris untuk dianalisis.

Hasil analisa membuktikan jika bulu Adam ini tidak memiliki hubungan dengan kucing jenis lain seperti Cornish Rex atau Devon Rex. Oleh karena itu akhirnya Adam dinyatakan sebagai jenis kucing baru.

Sejak saat itulah kemudian dimulai upaya untuk melestarikan jenis baru ini. Pembiakan secara intensif dilakukan di Amerika sehingga pada akhirnya kucing ini mendapatkan nama American Wirehair. Mereka langsung populer di Amerika Serikat.

Kepribadian

Bulu-bulu kasar dan sulit diatur tidak menggambarkan karakter kucing American Wirehair. Kucing ini adalah jenis yang sangat menyukai perhatian dari orang-orang di sekitarnya terutama pemiliknya. Mereka kucing yang cukup aktif dan suka bermain.

Kucing American Wirehair
Kucing American Wirehair (Itachi Silverwolf)

American Wirehair adalah kucing dengan watak lembut, meskipun mereka suka diperhatikan, namun mereka tidak akan menuntut perhatian yang berlebihan. Mereka juga mandiri dan tidak keberatan dengan waktu dalam kesendirian.

Tingkat adaptasinya juga cukup baik. Kucing ini tidak keberatan berada di tengah anak-anak kecil dan cocok bersanding dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Pada akhirnya mereka akan sangat menikmati waktu bersantai bersama pemiliknya dengan ikut berada di pangkuan pemiliknya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Baca juga: Kucing Sokoke: Kucing Hutan Langka Dari Kenya

Fisik

Ukuran tubuh American Wirehair adalah sedang. Besar kepala propisional dengan besar tubuhnya. Struktur tulang bagian bawah membulat, tulang pipinya menonjol dan hidup cekung. Ukuran telinga sedang dengan ujungnya yang membulat. Dada lebar, leher berotot dan rahang yang kuat.

Matanya cukup besar, bulat dengan bukaan mata sedikit miring keatas. Panjang kaki sedang, berotot, proposional dengan besar tubuh. Jumlah jari kaki depan masing-masing lima dan masing-masing empat di dua kaki belakangnya.

Kucing American Wirehair
Penampilan Fisik Kucing American Wirehair (oho.com.vn)

Panjang ekor tidak terlalu panjang, proposional dengan panjang tubuhnya, ujungnya tidak lancip dan tidak bulat. Bulu-bulunya adalah ciri khas kucing ini. Panjang bulunya sedang, kasar dan keras ketika dipegang, bulu padat dan berkerut. Kumis mereka keriting.

Perawatan

Dengan bulu-bulu “kawat” yang dimiliki kucing ini, tentu ada sedikit perhatian khusus yang harus diberikan kepadanya. Seperti apa perhatian khusus terhadap bulunya? Yaitu tidak perlu sering-sering menyisir atau menyikat terlalu sering karena malah akan merusak bulu.

Penyisiran hanya perlu dilakukan pada saat tertentu seperti ketika selesai musim dingin dimana bulu-bulu mereka akan mulai rontok. Penyisiran akan membantu mereka melepaskan bulu-bulu mati yang masih tersisa. Selain itu, kucing ini juga tidak perlu terlalu sering dimandikan.

Perawatan standar lain yang kerap diperlukan adalah membersihkan mata, menyikat gigi untuk mencegah penyakit periodontal, memotong kuku ketika sudah sangat panjang, dan hal penting lain adalah rajin menjaga kebersihan telinga untuk mencegah serangan kutu telinga.

Kesehatan

Tidak ada masalah kesehatan genetik yang diturunkan oleh nenek moyang kucing American Wirehair. Secara umum kucing ini sehat. Namun untuk menjaga tubuhnya tetap sehat, pemberian asupan gizi dan multivitamin tetap harus diberikan.

Kucing American Wirehair
Kucing American Wirehair (Denise Mc)

Selain itu pemberian vaksin secara rutin tentu akan sangat dianjurkan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus-virus yang kerap menyerang kucing seperti contohnya Feline Panleukopenia (distemper kucing).

Rentang Usia

Dengan perawatan dan penanganan yang baik, kucing American Wirehair mampu bertahan hidup hingga usia 12 tahun.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

Adopsi

Apakah sobat ingin mengadopsi kucing American Wirehair? Sebagai informasi awal, harga kucing ini berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 21.000.000 bergantung pada usia, kualitas dan juga kondisinya. Namun harga tersebut masih belum termasuk biaya lain seperti biaya impor.

Pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi. Dan pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing.

Bagikan di:

Satu pemikiran pada “Kucing American Wirehair: Unik dan Berwatak Lembut”

Tinggalkan komentar