Kucing American Shorthair: Tubuh Kekar Berkarakter Manis

Kucing American Shorthair adalah kucing berbulu pendek asli Amerika dengan penampilan yang menarik dan memiliki kepribadian yang cocok dipelihara sebagai teman hidup di tengah keluarga. Tubuhnya kekar dan naluri berburunya sangat alamiah.

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair (Ivan Lau)

Motif kucing ini hadir dalam pola yang sangat variatif dan semuanya terlihat menarik. Pada awal kemunculannya, kucing ini dipelihara sebagai kucing pemburu yang bertugas membasmi hama hewan pengerat. Meski naluri berburunya sangat bagus, dia tetaplah kucing berkarakter manis dan dikenal setia.

Sekilas Tentang Kucing American Shorthair

Berat Tubuh3 kg – 7 kg
Warna BuluTortoiseshell, Putih, Biru, Hitam, Cream, Merah, Perak, Emas, Coklat, Cameo, Bluecream
Pola BuluSolid, Tortoiseshell, Bicolor, Calico, Tabby, Smoke, Shaded, Marble
Warna MataOdd-eye, Emas, Kuning, Tembaga, Hijau, Biru
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikPenyayang, Aktif, Cerdas, Adaptif, Sosial
PengakuanCFA, TICA, AACE, ACFA, CAA, CCA, AFC
HargaRp. 12.000.000 – Rp. 21.000.000

Seperti apakah karakter dan profil lengkap kucing American Shorthair yang diketahui sebagai salah satu kucing mahal ini? Kucingmania akan mengulasnya dengan lengkap khusus bagi Anda para penggemar kucing.

Sejarah

Tidak ada catatan valid yang menyatakan mulai tahun berapa kucing American Shorthair masuk Amerika. Namun kucing-kucing pada mulanya adalah hewan peliharaan yang dibawa oleh para pedagang Eropa di kapal-kapal dagang mereka. Mereka dibawa sebagai “petugas” pengendalian hama tikus yang kerap merusak barang dagangan.

Namun satu hal yang bisa dipastikan adalah kucing ini sudah ada ketika deklarasi kemerdekaan Amerika ditandatangani pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia. Beberapa kucing dengan penampilan mirip jenis American Shorthair terlihat di beberapa wilayah pertanian yang berada di Philadelphia ketika deklarasi tersebut ditandatangani.

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair (JoAnn)

Pada sekitar tahun 1800-an, salah satu organisasi kucing pertama di Amerika dibentuk dan kucing pertama yang mereka masukkan dalam daftar kucing yang diakui adalah American Shorthair. Namun ketika itu mereka masih bernama jenis “shorthair” saja yang kemudian pada akhirnya dirubah lagi menjadi jenis domestik shorthair.

Padan tahun 1900-an, kucing American Shorthair pertama yang pada akhirnya mereka terima sebagai kucing terdaftar adalah kucing tabby berwarna oranye jantan dengan nama Belle. Namun ironisnya adalah, meski diakui dengan nama jenis American Shorthair, Belle adalah kucing impor yang berasal dari Inggris.

Pada tahun 1904, kucing American Shorthair pertama yang benar-benar dilahirkan di Amerika bernama Buster Brown didaftarkan sebagai kucing dengan jenis shorthair. Namun popularitas kucing ini ketika sangat rendah. Karena peternak dan pecinta kucing ketika itu lebih tertarik jenis kucing lain sebagai hewan peliharaan.

Jenis kucing yang lebih populer saat itu adalah Angora dan Persia. Sebagai akibatnya, jenis American Shorthair kemudian menjadi terabaikan sehingga kemurnian ras kucing ini perlahan mulai luntur. Hal ini dikarenakan peternak kucing lebih suka mengimpor dan mengembang biakkan kucing Persia dan Angora yang lebih populer.

Pada tahun 1950-an, beberapa peternak mulai menyilangkan jenis American Shorthair dengan kucing Persia dengan harapan terciptanya jenis ras kucing baru yang dianggap lebih mewah. Hasilnya adalah kucing dengan penampilan yang lebih mirip secara fisik dengan Persia. Wajah melebar dan rata, mata bulat lebar dengan telinga yang lebih pendek.

Proses persilangan kucing Persia dan American Shorthair ini kemudian memunculkan kekecewaan beberapa peternak kucing yang berdedikasi penuh dalam menjaga dan mengembangkan kemurnian garis kucing American Shorthair.

Proses untuk memperjuangkan kemurnian American Shorthair dimulai lagi oleh para peternak kucing yang berdedikasi ini. Beberapa kucing hasil persilangan yang bukan keturunan darah murni didiskualifikasi dari proses pendaftaran dan juga festival atau pertunjukan kucing.

Nama American Shorthair sendiri secara resmi mulai didaftarkan dan diperkenalkan sebagai jenis kucing pada tahun 1965. Kucing American Shorthair pertama yang mendapatkan pengakuan dalam kejuaraan kucing adalah kucing American Shorthair bernama Shawnee Trademark. Bahkan kucing ini memperoleh gelar sebagai kucing terbaik kejuaraan.

Kepribadian

Kucing ini memiliki sifat manis yang sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan keluarga. Tidak terikat pada satu orang saja. Dia lebih terikat kepada orang-orang yang berada satu rumah dengannya. Saat bersantai akan dihabiskan dengan duduk di pangkuan manusia favoritnya dan mereka tidak suka digendong.

Termasuk kucing yang aktif, suka bermain (bahkan hingga usia dewasa) dan akan berusaha mengejar hewan-hewan kecil seolah-olah itu ada buruan mereka. Termasuk kucing yang cerdas karena bisa dilatih untuk mempelajari trik tertentu dan memahami perintah sederhana.

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair (Elizabeth Wildlife)

Tingkat adaptasinya sangat baik. Mudah beradaptasi di lingkungan baru, menyambut orang-orang asing, cocok dengan kucing lain dan mudah bergaul dengan jenis peliharaan lain seperti anjing atau kelinci.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya berukuran sedang dengan otot dan tulang yang tebal dan kuat. Ukuran kepala cukup besar, pipih lebar terlihat penuh, dan panjang hidungnya sedang. Ukuran telinga sedang dan ujungnya membulat. Mata bulat dan lebar dengan sorot mata yang selalu nampak waspada.

Kaki-kakinya panjangnya sedang, tulang dan otot besar. Masing-masing dua kaki depannya berjumlah lima jari dan masing-masing 4 jari di kedua kaki belakangnya. Cakar-cakarnya kokoh dan membulat serta bantalan kaki (paw) tebal.

Ekor panjang sedang, pangkal ekor lebar, meruncing namun ujung ekornya tumpul. Bulu pendek, tebal, lebat dan terasa kaku ketika dipegang. Hadir dalam beberapa variasi warna dan motif seperti bluecream, tortoiseshell, krim, hitam, biru, putih, marble, tabby dan calico.

Kesehatan

Tidak ada masalah genetik dan penyakit bawaan yang diturunkan oleh nenek moyangnya. Kucing ini secara umum sehat. Beberapa American Shorthair dilaporkan mengalami masalah jantung Kardiomiopati hipertrofik. Namun tidak semua jenisnya mengalami masalah ini.

Kucing American Shorthair
Anak Kucing American Shorthair (Lisa)

Gangguan kesehatan lain sama seperti yang dialami oleh kucing lain. Salah satu masalah yang kerap menyerang kucing adalah virus. Untuk mencegahnya diperlukan tindakan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Perawatan kucing American Shorthair mudah dan tidak memerlukan hal khusus yang rumit. Pastikan menyisir bulu-bulunya setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu-bulu mati. Dalam beberapa waktu (tergantung musim), bulu kucing ini akan lebih banyak rontok.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia yang Mengagumkan

Perawatan standar lainnya adalah rutin membersihkan kotoran mata, memotong kuku atau cakarnya, menggosok gigi agar terhindar dari masalah penyakit periodontal dan rajin membersihkan telinga. Perhatikan kebersihan telinganya karena khawatir terjadi penumpukan kotoran dan mengantisipasi serangan parasit seperti kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, usia kucing American Shorthair diketahui berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Harga Kucing American Shorthair

Tertarik ingin memiliki kucing yang gagah dan mempesona ini? Harga kucing American Shorthair saat ini berkisar antara Rp. 11.000.000 hingga Rp. 14.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Dan harus diketahui lagi jika harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing British Shorthair: Si Bongsor Penuh Pesona

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar