Kucing American Ringtail: Kucing Ekor Cincin Amerika

Kucing American Ringtail memiliki ekor melengkung ke arah punggungnya. Ekor ini adalah ciri khas yang membuat kucing ini sangat unik. Karena bentuknya yang melengkung menyerupai cincin itulah dia kemudian mendapatkan nama Ringtail alias ekor cincin.

Kucing American Ringtail
Kucing American Ringtail (fidel.catstro)

Kucing American Ringtail yang artinya adalah kucing ekor cincin Amerika. Penampilannya secara umum sama dengan kucing domestik bulu pendek dan hanya ekornya saja yang membuatnya sangat berbeda. Sifatnya juga manis dan sangat ideal dijadikan hewan peliharaan di tengah keluarga.

Sekilas Tentang Kucing American Ringtail

Berat Tubuh3 kg – 6.8 kg
Warna BuluHitam, Merah, Biru, Krem, Putih, Oranye, Biru, Coklat, Lavender
Pola BuluBicolor, Calico, Tabby, Poin, Solid
Warna MataBiru, Hijau, Kuning, Emas, Tembaga, Odd-eye
Rentang Usia15 – 20 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSosial, Adaptif, Manja, Aktif, Penyayang, Setia
PengakuanTICA (Terdaftar)
HargaRp. 7.000.000 – Rp. 14.000.000

Kucing ini adalah jenis ras kucing baru yang merupakan hasil ekperimen manusia dalam menyilangkan jenis kucing berbeda. Mungkin sobat penasaran dengan kucing American Ringtail ini? Kucingmania akan mengulasnya secara lengkap berikut ini khusus untuk Anda para pecinta kucing.

Sejarah

Sejarah American Ringtail dimulai pada tahun 1998. Susan Manley menemukan bayi kucing yang baru berusia sekitar dua hari yang telantar di jalanan. Susan Manley kemudian membawanya pulang dan merawatnya. Bayi kucing ini diberi nama Solomon.

Ketika Solomon berusia sekitar empat minggu, ekornya terlihat berbentuk melengkung atau melingkar ke arah punggungnya. Susan Manley khawatir Solomon mengalami kelainan pada fisiknya dan kemudian membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

Namun hasil pemeriksaan menyatakan jika Solomon sehat dan ekornya tidak mengalami cacat. Dokter menyatakan bahwa ekornya melingkar karena hasil mutasi genetik yang terjadi secara alami. Hal ini juga dikuatkan dengan kenyataan bahwa Solomon baik-baik saja dan tidak mengalami gangguan dengan ekornya tersebut.

Kucing American Ringtail
Kucing American Ringtail (rolypolymooglecat)

Ketika Solomon menginjak usia dewasa, Susan Manley mempunyai ide untuk mengembang biakkan jenis kucing dengan ekor melingkar seperti yang dimiliki oleh Solomon. Sebagai dasar pembiakan, Solomon kemudian dikawinkan dengan kucing domestik berbulu pendek.

Pada tahun 2005, Susan Manley mulai bekerja sama dengan peternak kucing untuk lebih membiakkan secara luas. Beberapa kucing ekor melingkar hasil keturunan Solomon juga dikawin silangkan dengan jenis kucing Ragdoll. Namun perkembangan kucing ini sangat lambat karena prosesnya tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Karena itulah jumlah kucing American Ringtail sangat sedikit dan tidak tersebar dengan jumlah banyak di dunia ini. Hingga saat ini, organisasi kucing yang menerima pendaftaran kucing ini hanyalah The International Cat Association (TICA) itupun dengan status “terdaftar” (belum diakui).

Kepribadian

Kucing American Ringtail adalah kucing yang sangat sosial dan adaptif dan bahkan komunikatif. Kucing ini mudah menerima siapapun di lingkungan mereka. Cocok dengan anak-anak kecil dan bahkan dengan hewan peliharaan lain yang berbeda jenis seperti anjing.

Mereka dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan baru. Jika pemiliknya mengajaknya berbicara, kucing ini seolah-olah akan membalas pembicaraannya dengan bahasa kucing mereka (meong-meong tentunya). Dengan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang, kucing ini akan membalasnya dengan kesetiaan.

Kucing American Ringtail
Kucing American Ringtail (nubs_the_tripod)

Ada satu kebiasaan unik yang dimiliki sebagian kucing American Ringtail. Mereka suka menyembunyikan makanannya untuk dimakan pada waktu lain. Kucing ini juga aktif dan suka memanjat. Jadi jangan kaget jika mereka terlihat tiduran diatas lemari pakaian.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuhnya sedang dan beberapa diantara cukup besar dan berotot serta memiliki tulang tebal. Ketika mereka dilahirkan, ekornya pada awalnya lurus normal seperti kucing pada umumnya. Menginjak usia 4-8 mingguan barulah ekornya akan mulai melengkung.

Bulu-bulunya pendek hingga semi panjang, tebal dan terasa lembut ketika dibelai. Pola dan warna bulu kucing American Ringtail hadir dalam berbagai variasi warna seperti hitam, putih, oranye, krim, biru, coklat, lavender dengan pola tabby, bicolor, calico, smoke, poin dan sebagainya.

Kesehatan

Sejauh ini belum ada kelainan genetik yang ditunjukkan oleh American Ringtail. Secara umum kucing ini sehat. Namun sebagai mahluk hidup, bagaimanapun juga kucing ini akan mengalami gangguan kesehatan seperti yang dialami kucing pada umumnya.

Baca juga: Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Sebagai pemilik kucing, ada beberapa gangguan kesehatan serius yang harus diwaspadai seperti serangan virus. Beberapa virus sangat mematikan seperti distemper kucing. Virus lain seperti calicivirus meski tidak mematikan namun akan membuat kucing sangat kesakitan. Berikan vaksinasi secara rutin untuk mencegah serangan virus tersebut.

Perawatan

Perawatan kucing American Ringtail mudah. Mereka tidak memerlukan perlakuan khusus seperti kucing Sphynx. Bulu-bulunya hanya perlu disisir atau disikat dengan sikat yang lembut agar tidak kusut dan membantu mengangkat bulu-bulu mati.

Kucing American Ringtail
Kucing American Ringtail (queenmindolce)

Perawatan lainnya adalah rutin menggosok giginya. Kucing gosok gigi? Iya betul sekali bahkan kucing juga memerlukan perawatan gigi. Rutin membersihkan gigi akan membantu kucing terhindar dari penyakit periodontal pada kucing. Bersihkan juga kotoran telinganya secara rutin untuk menghindari penumpukan kotoran.

Rentang Usia

Sebagai jenis kucing yang masih relatif baru, sejauh ini belum diketahui usia kucing American Ringtail yang tertua. Namun dengan perawatan yang tepat serta kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing American Ringtail berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Adopsi

Harga Kucing American Ringtail

Jika ingin mengadopsi kucing ini, sebagai informasi awal, harga kucing American Ringtail berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 14.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya. Dan harga tersebut belum termasuk biaya impor dan biaya tambahan lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Selkirk Rex: Kucing Bulu Domba yang Unik

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar