Kucing American Curl: Enerjik dengan Telinga Unik

Kucing American Curl memiliki penampilan berbeda terutama pada bentuk telinga yang khas yaitu melengkung ke arah belakang. Dikenal sebagai jenis kucing yang aktif dan lincah dengan aktifitas fisik yang tinggi. Mungkin itulah alasan kenapa tubuh mereka ramping dan berotot.

Kucing American Curl
Kucing American Curl (American Cur)

Kucing ini adalah hasil dari mutasi genetik secara alami. Bentuk dan posisi daun telinganya berbanding terbalik dengan kucing Scottish Fold yang melengkung ke dalam. Daun telinga American Curl akan melengkung keluar ke arah belakang.

Sekilas Tentang Kucing American Curl

Berat Tubuh3 kg – 5 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Merah, Coklat, Biru, Cream, Coklat, Lilac, Emas, Silver
Pola BuluBicolor, Calico, Tabby, Smoke, Solid, Tortoiseshell, Shaded, Points
Warna MataKuning, Oranye, Odd-eye, Hijau, Emas, Biru, Tembaga, Biru Aqua
Rentang Usia9 – 13 Tahun
PerawatanSedang
KarakteristikAktif, Enerjik, Penyayang, Cerdas, Adaptif
PengakuanCFA, TICA, AACE, ACFA, CAA
HargaRp. 14.000.000 – Rp. 24.000.000

Seperti apa sih kucing American Curl ini? Kucingmania akan mengulas informasi tentang kucing American Curl secara lengkap khusus untuk sobat pecinta kucing.

Sejarah

Kemunculan awal American Curl adalah pada bulan Juni 1981. Sepasang kucing dengan telinga melengkung ke belakang dan berbulu panjang tiba-tiba muncul di Lakewood, California. Dua kucing ini menghampiri sebuah rumah dan kemudian pemilik rumah memelihara keduanya. Namun sayangnya salah satu kucing kemudian mati.

Tersisa satu kucing betina yang dipelihara oleh pemilik rumah. Kucing betina ini kemudian mereka beri nama Shulamith. Pada mulanya keluarga pemelihara Shulamith ini bertanya-tanya jenis apakah Shulamith ini. Mereka mencari informasi kesana kemari dan membaca informasi tentang kucing di perpustakaan kota namun belum menemukan jawaban.

Pada bulan Desember tahun 1981, Shulamith melahirkan empat bayi kucing. Pejantan yang kawin dengan Shulamith adalah kucing domestik liar berbulu panjang. Dua dari empat bayi kucing Shulamith memiliki telinga melengkung ke belakang identik dengan induknya.

Kucing American Curl
Kucing American Curl (PENTA MINOL)

Generasi anak-anak Shulamith terus lahir dengan lebih banyak lagi anak-anak kucing dengan telinga melengkung ke belakang.

Seseorang bernama Nancy Kiester kemudian mengadopsi dua kucing dari keluarga ini. Nancy Kiester menyadari keunikan kucing ini dan menganggapnya sebagai jenis baru. Pada tahun 1983, para peternak kucing mulai membiakkan kucing-kucing secara selektif dan kemudian memberi nama American Curl.

Kucing American Curl mulai didaftarkan ke organisasi kucing. Organisasi pertama yang menerima pendaftarannya adalah Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1986 namun baru diakui secara penuh pada tahun 1993. The International Cat Association (TICA) mengakui American Curl pada tahun 1987.

Kucing American Curl hingga saat ini adalah satu-satunya jenis yang diakui oleh CFA sebagai kucing dengan dua bulu berbeda yaitu panjang dan pendek.

Kepribadian

Kucing American Curl adalah hewan enerjik dengan tingkat aktifitas tinggi. Mereka suka berlari kesana kemari dan memanjat ketinggian. Kucing ini juga suka bermain-main bersama pemiliknya.

Kucing ini juga memiliki kepribadian yang manis. Mereka suka menikmati waktu bersantai bersama pemiliknya dengan duduk di pangkuannya atau hanya sekedar tiduran di sampingnya.

Termasuk kucing yang cerdas dan adaptif. Kucing ini bisa diajari trik-trik sederhana dan mampu memahami perintah sederhana yang diajarkan sedari mereka kecil. Cocok hidup di tengah-tengah keluarga karena bisa menerima kehadiran anak-anak kecil dan juga hewan peliharaan lain yang berbeda seperti anjing.

Kucing American Curl
Kucing American Curl (20EURO)

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuh kucing American Curl sedang, namun ada beberapa kucing ini memiliki tubuh sedikit besar. Kepalanya berukuran sedang proposional dengan besar tubuhnya. Hidung berukuran sedang dan nampak lurus. Moncong membulat, dagu kokoh.

Telinga melengkung 90 derajat kearah luar atau belakang. Ukuran mata besar berbentuk seperti kenari. Kaki-kakinya tidak terlalu panjang namun proposional dengan ukuran dan panjang tubuhnya. Ekor panjangnya juga proposional dengan panjang tubuh, lebar di bagian pangkal dan runcing bagian ujungnya.

Bulu panjang dan pendek keduanya sama-sama halus dan lembut ketika dibelai. Pola dan warna bulu kucing American Curl adalah putih, biru, hitam, merah, krim, cokelat, ungu, perak, emas, tortois, solid, bicolor (perpaduan 2 warna), calico (perpaduan 3 warna), smoke, tabby dan points.

Kesehatan

Gangguan kesehatan turunan atau penyakit yang biasa diderita kucing American Curl adalah masalah yang berhubungan dengan telinganya. Saluran telinganya sempit dan ketika ada penumpukan kotoran akan rawan terkena masalah infeksi telinga.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Masalah kesehatan lain yang kerap menyerang kucing ini sama seperti yang dialami kucing lain pada umumnya. Salah satu yang sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa adalah serangan virus. Beberapa virus kucing dikenal mematikan seperti contohnya adalah distemper kucing. Tindakan pencegahan seperti pemberian vaksin secara rutin sangat dianjurkankan.

Perawatan

Kucing American Curl termasuk kucing yang mudah perawatannya. Bulu-bulunya hanya perlu disisir atau disikat setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu-bulu mati.

Kucing American Curl
Anak Kucing American Curl (dung trantat)

Kebersihan telinganya sangat penting untuk diperhatikan. Bersihkan kotoran dalam telinganya secara rutin agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang menyumbat lubang telinganya. Hal ini untuk menghindari infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga.

Perawatan lain yang diperlukan adalah rutin membersihkan kotoran luar mata, potong kuku atau cakarnya, dan jangan lupakan pembersihan atau gosok gigi secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit periodontal.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, usia kucing American Curl berkisar antara 9 hingga 13 tahun.

Adopsi

Harga Kucing American Curl

Ingin memelihara kucing American Curl? Sebagai informasi awal, harga kucing American Curl saat ini berkisar antara Rp. 14.000.000 hingga Rp. 24.000.000 tergantung usia dan kualitasnya. Dan harga tersebut masih belum termasuk biaya tambahan lain seperti biaya impor.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Selkirk Rex: Kucing Bulu Domba yang Unik

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar