Kucing American Bobtail: Cerdas, Bundel dan Atletis

Tubuhnya besar, berotot dan ciri khas utamanya adalah ekor pendek atau beberapa diantara kita menyebutnya “bundel”, inilah kucing American Bobtail yang berpenampilan unik dan khas. Tubuh besarnya menjadikan kucing ini adalah salah satu jenis kucing terbesar di dunia ini.

Kucing American Bobtail
Kucing American Bobtail (chipve)

Bobtail yang artinya ekor pendek. Mereka adalah kucing ras asli Amerika. Oleh karena mereka mendapatkan nama American Bobtail yang artinya kucing ekor pendek Amerika. Beberapa penampilan kucing ini nampak liar. Namun bukan berarti mereka memiliki sifat yang liar.

Sekilas Tentang Kucing American Bobtail

Berat Tubuh3 kg – 6 kg
Warna BuluPutih, Hitam, Biru, Merah, Cream, Cokelat, Lavender, Kayu Manis, Tortoiseshell, Semua Variasi Warna
Pola BuluSmoke, Tabby, Bicolor, Calico, Point, Lynx
Warna MataTembaga, Emas, Hijau, Kuning, Odd-eye
Rentang Usia13 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikPenyayang, Cerdas, Setia, Adaptif, Tenang
PengakuanCFA, TICA, ACFA, CAA
HargaRp. 8.000.000 – Rp. 17.000.000

Seperti apa karakteristik atau profil kucing American Bobtail ini? Kucingmania akan mengulas secara lengkap semua informasi terkait kucing dengan kepribadian yang manis dan penurut ini.

Sejarah

Kemunculan pertama kucing American Bobtail adalah pada tahun 1960. Pasangan bernama John dan Brenda Sanders ketika itu sedang berlibur di wilayah Arizona. Ketika berada di sebuah motel, John dan Brenda Sanders menemukan seekor kucing jantan dengan ekor yang pendek. John dan Brenda Sanders kemudian mengadopsi kucing ini dan membawanya pulang.

Kucing ini kemudian mereka beri nama Yodi. Pada akhirnya, Yodi kemudian dikawin silangkan dengan kucing peliharaan berjenis Siam bernama Mishi. Anak-anak Yodi dan Mishi yang lahir beberapa diantara memiliki ekor yang pendek dan sebagian berekor panjang.

Anak-anak kucing yang berekor pendek ini kemudian menarik minat seorang peternak kucing dan juga kawan dari pasangan John dan Brenda. Peternak bernama Mindy Shoultz kemudian mengadopsi kucing-kucing berekor pendek ini.

Kucing American Bobtail
Anak Kucing American Bobtail (torbakhopper)

Mindy Shoultz pada akhirnya bekerja sama dengan peternak kucing lain bernama Charlotte Bentley untuk mengembang biakkan jenis ekor pendek secara serius.

Charlotte Bentley dan Mindy Shoultz kemudian mulai membiakkan kucing-kucing ini dengan beberapa ekor kucing lain yang juga berekor pendek yang mereka temukan dari beberapa tempat di Amerika dan Kanada. Hasilnya adalah kucing-kucing berekor pendek dengan tubuh besar dan memiliki kepribadian yang manis.

Sejak saat itu mereka kemudian mendapatkan nama kucing American Bobtail. Jenis baru ini kemudian mulai didaftarkan ke beberapa organisasi kucing. Yang pertama kali mengakuinya adalah The International Cat Association (TICA) pada tahun 1989 dengan status pengakuan sementara. TICA pada akhirnya mengakui secara penuh pada tahun 2002.

Organisasi lain kemudian mengikuti mengakui kucing ini yaitu Cat Fanciers Association (CFA) dan American Cat Fanciers Association (ACFA).

Kepribadian

Kucing American Bobtail adalah jenis kucing yang memiliki kepribadian yang manis dan penyayang. Mereka juga termasuk jenis kucing yang cerdas. Dengan banyak perhatian dan cinta kasih yang diberikan pemiliknya, American Bobtail akan membalasnya dengan kesetiaan.

Kucing ini memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik. Mereka mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan baru, suka dengan anak-anak dan cocok bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing.

Kucing American Bobtail
Kucing American Bobtail (@rocketandblackfoot)

Karakternya tenang dan kalem. Bukan tipe kucing yang cerewet meski mereka akan sering mengeong jika memiliki permintaan. Mereka juga termasuk kucing yang lincah, aktif dan enerjik.

Kucing American Bobtail juga diketahui memiliki sifat yang peka terhadap perasaan manusia. Bahkan kucing ini kerap digunakan sebagai pendukung dalam beberapa program psikoterapi manusia.

Dengan pelatihan dan pembiasaan yang kuat, kucing ini mampu belajar menuruti perintah-perintah yang diberikan dan juga memperlajari trik-trik tertentu. Dan saking mudahnya beradaptasi, kucing ini kerap diajak bepergian oleh para pemiliknya.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Tubuh panjang dan besar, dada lebar, berotot dan terlihat atletis. Ukuran kepala besar proposional dengan besar tubuhnya. Termasuk kucing telinga lebar, lebar di pangkal, ujung agak membulat dan posisi tegak.

Mata berbentuk almond, warnanya kuning, emas, tembaga, hijau, biru, dan odd-eye. Kaki-kaki besar dan kokoh, panjangnya selaras dengan tubuh, cakar bulat dan besar, dan jumlah jari di kedua kaki depannya empat dan lima di masing-masing kedua kaki belakang.

Ekor pendek adalah ciri khas utamanya. Ekor bervariasi ada yang pendek lurus, bengkok, melengkung dan tertekuk. Bagian pangkal ekornya lebar.

Kucing American Bobtail
Kucing American Bobtail (qwerty solution)

Kucing American Bobtail hadir dalam dua jenis yaitu bulu panjang dan bulu pendek. Bulu-bulu ini tebal dan beberapa jenisnya memiliki bulu seperti layaknya bulu domba. Memiliki dua lapisan bulu yang pada bagian dasarnya lembut dan halus. Bagian luarnya bulunya cenderung kasar.

Kesehatan

Tidak ada masalah gangguan kesehatan yang diwariskan secara turun temurun. Namun ada beberapa laporan kucing American Bobtail kerap mengalami masalah pada pada tulang belakang yang mempengaruhi kontraksi buang air besar.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Masalah lain adalah gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada kucing pada umumnya. Salah satunya adalah serangan virus yang beberapa diantaranya berpotensi mengancam nyawa seperti Distemper. Pemberian vaksinasi secara rutin diharapkan mampu mencegah masalah tersebut.

Perawatan

Apakah merawat kucing ini susah? Perawatan kucing American Bobtail sangat mudah. Bulu-bulu mereka tidak mudah kusut dan hanya memerlukan penyisiran atau penyikatan setidaknya dua kali dalam seminggu. Perawatan ini membantu mengangkat bulu-bulu mati dan membersihkan kotoran.

Perawatan lain juga standar sama seperti merawat kucing pada umumnya. Pembersihan mata, menggosok gigi, memotong kuku / cakar dan juga pembersihan telinga agar tidak terjadi penumpukan kotoran serta menghidari serangan parasit kutu telinga.

Rentang Umur

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang baik yang selalu terjaga, umur kucing American Bobtail bisa mencapai 15 tahun (dan lebih).

Adopsi

Berikut ini beberapa informasi terkait adopsi kucing American Bobtail.

Harga Kucing American Bobtail

Berapa harga kucing American Bobtail? Saat ini harganya berada di kisaran Rp. 8.000.000 hingga Rp. 17.000.000 tergantung pada usia dan kualitasnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Ekor Bundel Kurilia: Cakep dan Bundel!

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar