Kucing Aegean: Kucing Langka Dari Yunani

Kucing Aegean adalah ras kucing alami yang berada dan berasal dari Kepulauan Cycladic di Laut Aegean, Yunani. Kucing ini saat ini sebagian besar hanya bisa ditemukan di tempat asalnya tersebut. Kenapa ras ini dikatakan alami? Karena mereka berkembang biak secara mandiri dan alami tanpa campur tangan manusia.

Kucing Aegean
Kucing Aegean (Jamie Berman)

Kucing Aegean jarang ditemukan berada diluar habitat aslinya. Kucing ini menjadi salah satu identitas negara Yunani dan dijadikan sebagai harta nasional Yunani. Kucing ini juga diketahui sebagai salah satu ras kucing domestik tertua yang ada di dunia ini.

Sekilas Tentang Kucing Aegean

Berat TubuhJantan: 4 kg – 5 kg
Betina: 3 kg – 4.5 kg
Warna BuluHitam, Merah, Biru, Krem
Pola BuluBicolor, Calico, Tabby
Warna MataHijau, Biru, Kuning
Rentang Usia13 – 15 Tahun
PerawatanRendah
KarakteristikSosial, Adaptif, Manja, Aktif, Penyayang
Pengakuan
HargaRp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000

Jika sobat belum berkesempatan mengenal seperti apa kucing Aegean ini, kucingmania akan mengulas profil lengkap kucing Aegean berikut ini. So, baca hingga tuntas ya.

Sejarah

Kucing jenis Aegean adalah salah satu ras kucing domestik tertua yang ada di dunia. Beberapa bukti nyata ditemukan para arkeolog terkait penampakan kucing Aegean di masa lampau. Mereka diperkirakan sudah ada sejak kurang lebih 10.000 tahun yang lalu di Siprus (tetangga Yunani).

Kucing ini mulai memasuki Yunani dengan “menumpang” kapal para pedagang dari Siprus yang berlabuh di Yunani. Mereka dipelihara diatas kapal sebagai pembasmi tikus. Dan pada akhirnya beberapa kucing-kucing ini kemudian hidup di pelabuhan Yunani kuno.

Kucing Aegean
Kucing Aegean (Zdenek Senkyrik)

Jumlahnya semakin banyak dan sebagian besar dari mereka hidup di sekitar pelabuhan dan menjadi peliharaan para nelayan. Pengembang biakkan secara resmi dimulai pada tahun 1990-an untuk melestarikan jenisnya. Namun sayangnya hingga saat ini tidak ada satupun organisasi kucing yang mengakui jenis kucing Aegean.

Karakteristik

Kucing Aegean adalah kucing yang cerdas, aktif, dan lincah. Mereka sepenuhnya sangat menikmati hidup berdampingan bersama manusia. Meskipun awalnya dikenal sebagai kucing pelabuhan, Aegean akan cepat beradaptasi jika dibawa ke lingkungan tempat tinggal baru.

Kucing ini memiliki sifat sosial. Maksudnya adalah mereka mudah bergaul dengan hewan lain seperti anjing. Selain itu mereka tidak masalah hidup berdampingan dengan anak-anak kecil (ada beberapa jenis kucing tidak menyukai berada di sekitar anak-anak kecil yang cenderung bising).

Kecerdasan yang dimiliki kucing ini membuat mereka bisa diajari untuk memahami perintah yang diberikan. Selain itu mereka juga bisa mempelajari trik sederhana yang diajarkan secara terus menerus. Kucing Aegean termasuk kucing yang sangat menyukai air.

Catatan: kepribadian masing-masing kucing bisa berbeda. Namun kepribadian ini sudah mendarah daging dan tertanam dalam DNA mereka. Jadi bisa saja sifat kucing satu dengan lainnya akan berbeda.

Fisik

Ukuran tubuh kucing Aegean sedang dan berotot. Mata besar dan berbentuk seperti almond. Beberapa warna mata Aegean adalah kuning, biru dan hijau. Cakar berukuran sedang dengan bentuk bulat. Ekornya ada yang panjang dan sebagian bengkok. Bulu pendek hingga semi panjang. Apapun warna dan pola yang ada di kucing ini, sebagian bulunya dipastikan selalu memiliki warna putih yang berpadu dengan warna hitam, merah, biru atau krem.

Kesehatan

Kucing Aegean adalah kucing yang sehat dan tidak memiliki penyakit genetik turun temurun. Namun sebagai mahluk hidup tentu saja kucing bisa sakit. Beberapa masalah kesehatan yang menyerang kucing ini sama seperti yang dialami oleh kucing pada umumnya.

Baca juga: Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

Yang wajib diwaspadai adalah serangan virus pada kucing. Beberapa virus sangat berbahaya seperti contohnya calicivirus yang akan membuat kucing kesakitan dan yang berpotensi mengancam nyawa kucing adalah distemper. Untuk mencegah serangan virus dibutuhkan pemberian vaksin secara rutin.

Perawatan

Merawat kucing Aegean sangat mudah. Perawatan untuk bulu-bulunya tidak rumit hanya perlu disisir atau disikat dengan sikat lembut untuk menghindari bulu kusut dan mengangkat bulu-bulu mati. Mandikan juga seperlunya saja ketika tubuhnya sudah terlihat kotor.

Kucing Aegean
Kucing Aegean (Swaranjeet Singh)

Perawatan lain adalah rutin membersihkan telinganya agar kotoran tidak menumpuk. Penumpukan kotoran telinga akan memicu berbagai masalah seperti infeksi telinga dan serangan parasit seperti kutu telinga. Gosok giginya secara rutin agar kucing terhindar dari penyakit periodontal pada kucing.

Rentang Usia

Dengan perawatan yang tepat dan kondisi kesehatan yang selalu terjaga dengan baik, rentang usia kucing Aegean berkisar antara 13 hingga 15 tahun.

Adopsi

Harga Kucing Aegean

Untuk mengadopsi kucing Aegean, sobat harus menyiapkan dana yang cukup lumayan menguras kantong. Harga kucing Aegean saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Dan harus diketahui jika harga tersebut belum termasuk biaya impor dan lain-lainnya.

Hal Penting

Sangat penting untuk mengadopsi kucing yang sehat. Beberapa sertifikat kesehatan atau keterangan bahwa kucing yang diadopsi tidak memiliki masalah kesehatan serius sangat dibutuhkan. Dan pastikan memilih breeder atau cattery yang memiliki sertifikasi resmi.

Baca juga: Kucing Nebelung: Rupawan dan Menawan

Serta pastikan kucing yang dibeli juga mendapatkan sertifikat atau Ped (Pedigree) yang diterbitkan oleh organisasi kucing agar mendapatkan jaminan kemurnian ras kucing yang sobat adopsi.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar