Kerugian Memelihara Kucing
Kerugian Memelihara Kucing

Kerugian Memelihara Kucing Yang Harus Diketahui

Posted on

KucingMania.net – Memelihara kucing adalah sebuah keputusan yang harus didasari dengan berbagai pertimbangan. Karena jika kita tidak siap dengan semua kondisi yang nantinya akan diakibatkan oleh “ulah” kucing, dikhawatirkan kucing akan mendapatkan perlakuan kurang layak dari pemiliknya. Memelihara kucing tidak selalu menyenangkan bagi sebagian orang. Jika sobat saat ini masih memperhitungkan segala kemungkinan terburuk apa yang bisa terjadi jika nantinya memelihara kucing, sobat bisa membaca beberapa kerugian memelihara kucing yang akan saya ulas dibawah ini.

Beberapa kerugian memelihara kucing yang akan saya sebutkan berikut ini diantaranya adalah beberapa pengalaman pribadi dan juga “keluhan” yang diceritakan oleh beberapa teman di komunitas pecinta kucing.

Kerugian Memelihara Kucing

1. Mereka merontokkan banyak bulu di mana-mana: pada furnitur, karpet, pada pakaian dan permukaan meja.

2. Mengurus kotoran kucing adalah tantangan utama memelihara kucing. Kita harus sering membersihkan kotak pasir yang penuh kotoran kucing. Belum lagi jika mereka tidak buang kotoran di pasir namun di tempat-tempat dimana seharusnya mereka tidak buang kotoran.

3. Beberapa jenis kucing bisa saja akan menghancurkan perabotan rumah, mencakar furnitur, kencing dimana-mana.

4. Kerugian memelihara kucing yang berikutnya adalah masalah perawatan kesehatan. Perawatan kesehatan kucing seperti kunjungan dokter hewan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika kucing menderita beberapa masalah kesehatan yang membutuhkan obat-obatan.

Kerugian Memelihara Kucing
Sobat harus siap jika bangkai tikus berserakan setelah dimakan kucing

5. Beberapa jenis kucing secara alami akan memburu tikus, burung dan kadal. Jangan kaget jika di beberapa sudut rumah akan ada sisa-sisa bangkai tikus, burung dan kadal yang berserakan akibat ulah mereka.

6. Kerugian memelihara kucing yang berikutnya adalah mereka secara naluri bukan hewan yang cerdas seperti anjing yang mudah dilatih dan bisa diberi perintah untuk menurut. Memang ada beberapa jenis kucing yang bisa dilatih dan memiliki kecerdasan namun tetap saja cukup sulit untuk bisa mengarahkan kucing.

7. Ada kalanya kucing akan muntah. Muntah diakibatkan karena ia sakit seperti diare atau memuntahkan bola bulu (hairball) adalah sesuatu yang akan sobat hadapi. Sobat harus siap untuk membersihkan bekas muntahan kucing.

8. Ada kalanya kucing akan mencakar atau menggigit pemiliknya.

9. Kucing yang diberikan kebebasan di dalam rumah ada kalanya ia akan membangunkan sobat ketika tidur. Ia akan tiba-tiba “memanggil” pemiliknya ketika tidur. Bahkan bisa saja kucing akan memaksa membangunkan kita dengan menggigit atau mencakar hanya karena ia ingin diperhatikan di malam hari.

10. Jika sobat menguncinya di dalam rumah, kucing bisa saja “protes” meminta keluar rumah dengan mengeong keras. Dan sebaliknya, ketika ia berada diluar rumah dan ingin masuk rumah, ia akan mengeong untuk meminta kita membukakan pintu.

11. Kerugian memelihara kucing yang berikutnya adalah berurusan dengan masalah kutu kucing. Sobat harus siap dengan segala konsekuensi masalah kutu kucing

12. Kucing ada kalanya cacingan, dalam beberapa kasus cacingan, kucing akan muntah yang berisikan cacing. Kotoran mereka juga akan berisi cacing. Sobat harus siap membersihkan muntahan dan kotoran yang berisikan cacing.

Baca juga: Cara Mengobati Kucing Cacingan

Nah itulah beberapa kerugian memelihara kucing yang umumnya terjadi. Namun jika sobat sangat mencintai kucing, semua kerugian diatas tidak akan menjadi masalah berarti jika bisa menikmati prosesnya dengan santai.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar