Kenapa Kucing Suka Laser dan Mengejarnya?

Banyak dari kita tahu kalau kucing suka mengejar-ngejar sinar laser yang kita mainkan. Oleh karena itu, pointer laser identik menjadi mainan kucing. Tentu saja ada alasannya kenapa kucing suka laser dan seolah-olah mereka mengejarnya sampai mereka pada akhirnya merasa bosan.

Alasan Utama Kenapa Kucing Suka Laser

Alasan utama kenapa kucing suka mengejar laser adalah karena kucing menganggap titik sinar laser tersebut adalah mangsa dan makanan. Naluri alamiah kucing (meski kucing peliharaan) ketika melihat mangsa potensial adalah berusaha mengejarnya. Apalagi jika mangsa tersebut kecil dan bergerak cepat akan memicu naluri kucing semakin menjadi-jadi.

Kucing menganggap titik sinar laser tersebut adalah binatang kecil yang berlari dan mencoba bersembunyi darinya. Semua ini berhubungan dengan refleks. Karena kucing sudah memiliki refleks untuk mengejar binatang kecil dan bergerak cepat. Itulah kenapa kucing jika melihat binatang kecil dan cepat seperti kecoak akan memunculkan nalurinya untuk mengejarnya.

Kenapa Kucing Suka Laser
Pointer laser favorit kucing (sumber gambar htpowjp)

Apakah Sinar Laser Aman untuk Kucing?

Muncul pertanyaan selanjutnya: apakah permainan kucing mengejar laser aman bagi kucing?

Meskipun ini terlihat permainan yang sepele bagi kita, namun sinar laser ini untuk bisa menjadi kontroversi. Hal ini karena jika kucing terlalu sering mengejar-ngejar sinar laser akan memberikan dampak negatif jangka panjang. Ada penjelasan ilmiah kenapa permainan kucing mengejar sinar laser ini bisa berakibat kurang baik bagi mereka.

Ketika kucing melihat titik sinar laser, otak kucing memberikan perintah untuk menangkap dan membunuh mangsanya tersebut. Seperti yang sudah ditulis diatas ini adalah hal yang alamiah. Titik sinar laser adalah target semu dan tidak akan bisa dijangkau oleh kucing. Sehingga kucing akan mengejar sesuatu yang tidak nyata dan siklus predatornya tidak terselesaikan dengan baik.

Dan ketika kucing sadar jika titik sinar laser bukan mangsa sesungguhnya, maka dia akan berhenti. Namun yang menjadi masalah adalah bagi kucing yang tidak menyadarinya. Karena mereka tidak menyadari dan kemudian merasa tidak berhasil menangkap buruannya, timbul rasa frustasi terus-terusan. Dan akibat rasa frustasi ini muncul perangai buruk kucing seperti menjadi lebih memiliki karakteristik yang agresif dan destruktif (perusak).

Jika sobat sering bermain-main laser dengan kucing peliharaan dan kemudian sifat berubah menjadi sering agresif serta destruktif, disarankan untuk segera menghentikan kebiasan ini. Atau sobat bisa memberikan semacam hadiah pada akhir permainan laser seperti makanan. Alternatif lain adalah memberikan mainan interaktif yang memiliki bentuk fisik.

Hal Positif Permainan Laser untuk Kucing

Bermain mengejar sinar laser tidak selalu memberikan dampak buruk bagi kucing asal caranya benar. Dengan banyaknya pergerakan aktif seperti berlari-lari, aktifitas ini sangat baik bagi perkembangan fisik (olah raga), mental dan mengasah insting kucing.

Hal yang harus dihindari ketika bermain sinar laser dengan kucing adalah:

  • Jangan menyorot langsung ke mata kucing. Ini adalah hal yang serius dan bisa menyebabkan gangguan mata pada kucing.
  • Jangan terlalu sering mengajak kucing bermain kejar sinar laser. Pastikan kucing juga mendapatkan mainan lain yang memiliki bentuk fisik untuk menghindari rasa frustasi.

Baca juga: Kenapa Kucing Berguling di Permukaan Tanah?

Kucingmania.net

Kesimpulan

Bermain-main dengan media sinar laser dengan kucing adalah ide yang baik. Dan hal ini wajar karena banyak kucing yang menyukainya. Namun lakukanlah dengan bijak agar kucing sobat tidak terjebak dengan rasa frustasi yang bisa memberikan dampak negatif di kemudian hari.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar