Kenapa Kucing Suka Catnip?

Catnip adalah fenomena yang sangat menarik bagi kucing. Hampir semua (hampir semua yang artinya tidak semua) kucing sangat menyukai catnip. Efek catnip bagi kucing mungkin akan membuat Anda terheran-heran karena mereka akan “melayang” setelah menghirup aromanya. Jadi kenapa kucing suka catnip?

Mungkin bagi Anda yang belum tahu, setelah menghirup catnip, kucing akan merasakan fenomena teler atau melayang. Bahkan beberapa kucing akan larut dalam euforia atau perasaan bahagia yang sangat berlebihan. Efek lain catnip adalah beberapa kucing dewasa akan bertingkah seperti anak kucing atau menjadi hiperaktif.

Berikut ini beberapa efek catnip pada kucing:

  • Teler atau melayang.
  • Kucing jadi lebih hiperaktif (berlarian, berguling-guling, melompat, kejar-kejaran).
  • Menggosokkan tubuh ke permukaan apapun.
  • Ngiler terus menerus.
  • Kepala menggeleng-geleng.
  • Beberapa kucing akan agresif seperti mengalami birahi.
  • Mengeluarkan suara yang menyerupai kucing birahi.

Catatan: efek catnip akan mempengaruhi kucing selama 10 hingga 15 menit. Dan setelah efeknya hilang, maka selama beberapa waktu kucing akan kebal terhadap efek catnip.

Apa Itu Catnip?

Catnip adalah jenis tanaman yang masih dalam bagian kelompok tanaman mint. Catnip memiliki bahan kimia yang menguap bernama Nepetalakton. Bahan kimia ini berada di daun, batang dan biji. Nepetalakton inilah yang akan dihirup oleh kucing dan kemudian memicu beberapa efek yang sudah disebutkan diatas.

Kenapa Kucing Suka Catnip
Tanaman Catnip

Meskipun efeknya mungkin seperti narkoba pada manusia, catnip sangat aman bagi kucing dan tidak menimbulkan efek negatif seperti ketagihan atau perubahan negatif pada kondisi fisik kucing. Kucing hanya akan mengalami rasa bahagia atau euforia sesaat.

Apakah Semua Kucing Suka Catnip?

Jawabannya adalah tidak. Mungkin hampir sekitar 50% kucing yang menyukai dan terpengaruh efek dari catnip. Faktor genetika mempengaruhi apakah kucing akan menyukai catnip atau tidak. Ada juga kucing yang menghirup aroma catnip namun kebal dan tidak memberikan efek apapun.

Efek catnip juga hanya akan mempengaruhi kucing berusia diatas 6 bulan. Jadi jika Anda memberikan catnip kepada anak-anak kucing berusia dibawah 6 bulan maka tidak akan memberikan efek kepada mereka meski mereka memiliki genetika kepekaan terhadap aroma catnip.

Kenapa Kucing Suka Catnip
Kucing “melayang” setelah menghirup catnip (wee3beasties)

Meskipun tidak memberikan efek ketagihan, namun jangan memberikan catnip kepada kucing secara berlebihan. Beberapa kucing akan menunjukkan gejala seperti muntah-muntah ketika diberi catnip secara berlebihan.

Manfaat Catnip

Catnip bisa memberikan beberapa manfaat positif bagi kucing. Berikut ini beberapa manfaat catnip bagi kucing:

  • Bisa menenangkan kucing yang sedang birahi berat.
  • Untuk menjinakkan sesaat kucing liar yang ganas.
  • Terapi kucing yang menjalani pemulihan atau perawatan dari tindakan medis berat (seperti pasca operasi atau sakit berat).

Saat ini catnip sudah hadir dalam beberapa olahan. Mereka dijual secara komersil dalam berbagai bentuk seperti catnip kering, mainan kucing yang mengandung catnip dan semprotan berbahan catnip.

Daun Anting-anting

Jika sobat kesulitan menemukan catnip, daun anting-anting juga diketahui memberikan efek catnip kepada kucing. Tanaman anting-anting sangat mudah ditemukan tumbuh liar. Beberapa kucing juga akan mengalami efek yang sama seperti melayang, mabuk, menggeleng-geleng dan sebagainya.

Kenapa Kucing Suka Catnip
Daun anting-anting untuk kucing

Namun tidak semua kucing yang suka catnip akan suka dengan daun anting-anting. Hal ini dikarenakan bau daun anting-anting tidak akan sekuat atau semenarik catnip asli.

Kenapa Kucing Tidur di Laptop dan Sangat Menikmatinya
Kucing memiliki beberapa kebiasaan unik yang terkadang membuat kita terheran-heran. Salah satu kebiasaannya adalah kucing tidur di laptop. Ada alasannya lho.
www.kucingmania.net

Kesimpulan

Catnip adalah tanaman yang bisa memberikan efek luar biasa bagi sebagian kucing. Bahan kimia yang terkandung pada catnip sangat aman dan tidak akan membuat kucing ketagihan. Kami harap Anda sudah menemukan jawaban dari pertanyaan “kenapa kucing suka catnip” setelah membaca penjelasan ini.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Bagikan:

Tinggalkan komentar