Kenapa Kucing Muntah dan Apakah Hal Ini Normal?

Posted on

Mungkin sobat saat ini sedang kaget mendapati kucing kesayangannya tiba-tiba muntah. Dan muntah pada kucing ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kenapa kucing muntah. Mulai dari hal yang normal hingga tanda-tanda yang menunjukkan ada masalah gangguan kesehatan yang menimpa kucing. Yuk, tidak ada salahnya sobat membaca ulasan artikel ini yang akan menguraikan beberapa penyebab kucing muntah-muntah.

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Kucing Muntah

1. Hairball

Hairball atau penumpukan bulu pada perut kucing. Hal ini akibat kucing sering menjilat tubuh mereka dan bulu-bulu ikut tertelan sehingga menumpuk di dalam usus mereka. Kucing muntah yang disebabkan oleh hairball ini adalah hal yang normal selama tidak terlalu sering atau berlebihan. Masalah muntah yang disebabkan hairball ini biasanya kerap sering terjadi terutama pada kucing yang memiliki bulu panjang. Untuk mengatasi kucing yang terlalu sering mengalami muntah karena hairball, sobat bisa memberikan makanan khusus kucing yang memiliki formulasi khusus untuk penanganan hairball pada kucing.

2. Alergi Makanan

Ketika kucing mengalami alergi makanan, salah satu bentuk pertahanan alami mereka adalah kucing akan memuntahkan makanan yang sudah masuk ke dalam perut. Biasanya hal ini terjadi ketika kucing diberi makanan baru yang belum pernah mereka coba. Ketika sobat mencoba memberikan makanan baru kepada kucing kemudian dia muntah-muntah, maka hentikan pemberian makanan tersebut.

3. Makan Berlebihan

Secara naluri, kucing akan berhenti makan setelah ia merasa kenyang. Namun ada kalanya beberapa kucing kerap “memaksakan” diri tetap makan ketika mereka sudah merasa kenyang. Dan ketika itulah kucing bisa saja mengalami muntah karena terlalu berlebihan makan.

Kenapa Kucing Muntah
Kenapa Kucing Muntah dan Apakah Hal Ini Normal? (foto oleh nyanlab)

4. Menandakan Sakit

Dan yang mengkhawatirkan adalah beberapa kasus kenapa kucing muntah adalah disebabkan karena kucing mengalami gangguan masalah kesehatan. Salah satu yang serius dinampakkan pada cairan yang dimuntahkan oleh kucing. Contohnya seperti ketika kucing mengalami muntah cairan yang berwarna kuning, hal ini menandakan ada masalah kesehatan serius.

Penyakit serius yang ditandai dengan muntah warna kuning adalah gangguan pada lambung atau yang lebih parah adalah Panleukopenia yang berpotensi mematikan. Jika kucing sobat muntah berwarna kuning, saya menyarankan agar kucing segera dibawa ke dokter hewan. Salah satu hal untuk mencegah penyakit Panleukopenia adalah dengan memberi vaksin kepada kucing.

Baca juga: Jenis Vaksin Kucing dan Penyakit Yang Dicegah

Berikut ini beberapa masalah kesehatan serius yang ditandai dengan muntah parah dan terjadi terus menerus:

  • Radang Pankreas (Pankreatitis)
  • Penyakit ginjal kronis
  • Diabetes Kucing
  • Hipertiroidisme
  • Hepatic Lipidosis (penyakit pada hati kucing)

5. Keracunan

Salah satu hal yang dilakukan kucing sebagai pertahanan diri alami ketika keracunan adalah muntah. Ketika kucing mengalami keracunan yang disebabkan oleh makanan atau hal lainnya, secara naluri kucing akan muntah-muntah. Jika kucing keracunan tidak terlalu parah, kucing hanya akan muntah beberapa kali hingga racun bisa keluar dari tubuhnya. Namun jika racun terlalu parah, kucing akan mengalami muntah-muntah parah yang akan membuatnya lemah atau lemas. Oleh karena itu jika kucing sobat muntah-muntah parah dan kemudian lemas, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Makan Terlalu Cepat

Beberapa kasus muntah terjadi ketika kucing terlalu cepat makan. Salah satu ciri ia terlalu cepat makan kemudian muntah adalah ketika muntahannya masih berupa makanan yang padat. Salah satu tips untuk mencegah kucing makan terlalu cepat adalah dengan memberikan makanan sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu jika sobat terlalu sering melihat kucing kesayangan terlalu sering muntah-muntah, ada baiknya segera memeriksakan kucing ke dokter hewan. Dengan mengetahui penyebab kenapa kucing muntah yang sudah disebutkan diatas, harapannya adalah sobat bisa mengetahui apa saja kemungkinan yang terjadi kepada kucing kesayangan kita. Semoga bermanfaat (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *