Kenapa Kucing Berguling di Permukaan Tanah?

Salah satu kebiasaan unik kucing yaitu mereka suka berguling-guling. Mereka berguling di pasir atau di berbagai permukaan pilihannya. Apakah mereka gatal atau ada sebab lain? Ada penjelasan ilmiahnya lho kenapa kucing berguling-guling seperti itu.

Yang bikin sebal adalah beberapa kucing yang baru saja dimandikan mereka akan berguling di permukaan tanah. Tentu saja kita sebagai pemiliki terkadang gemas melihat tingkah laku kucing yang seperti ini. Apa sajakah alasan kucing suka berguling-guling yuk simak penjelasan berikut ini.

Kenapa Kucing Berguling-guling?

Menandai Wilayah

Salah satu alasan utama kenapa kucing berguling-guling adalah penandaan wilayah. Pernah suatu ketika salah satu kucing peliharaan di rumah sedang duduk bersantai di teras. Tidak beberapa lama ada kucing asing melintas tidak jauh dari teras rumah. Seketika kucing kami berguling-guling di teras rumah. Dia melakukan penandaan bahwa zona tersebut adalah teritorialnya.

Kucing menempelkan aroma tubuhnya agar kucing asing bisa menerima tanda peringatan jika melintasi wilayah tersebut. Selain dengan spraying (menyemprotkan urine), berguling-guling di tanah adalah salah satu mekanisme menjaga wilayah kekuasaan mereka.

Birahi

Salah satu ciri kucing birahi adalah berguling-guling. Biasanya dilakukan kucing betina untuk “menggoda” kucing jantan agar mau mengawininya.

Dan ketika selesai proses kawin, kenapa kucing betina berguling-guling? Salah satu alasannya adalah dia sedang berupaya menghilangkan aroma kucing jantan yang bersentuhan dengannya. Hal ini tentu saja agar ia bisa melanjutkan proses kawin dengan kucing jantan lainnya. Kucing betina akan tetap berusaha kawin berulang-ulang hingga masa birahinya hilang dan proses perkawinan berhasil.

Mencari Perhatian

Kenapa Kucing Berguling
Kucing mencari perhatian dengan cara berguling-guling

Jika kucing mendadak berguling di depan sobat, itu tandanya dia mencari perhatian kepada sobat. Sempatkan untuk sekedar menyapa kucing dengan membelainya. Jika sobat mengabaikannya, kucing akan merasa diabaikan dan tentu saja hal tersebut akan membuatnya “terpukul”.

Kucing berguling di depan kita juga merupakan sebuah tanda kepercayaan yang coba disampaikan oleh kucing. Kucing seolah-olah berkata “halo, kamu manusia favoritku dan aku percaya kepadamu”. Jadi sekali lagi jangan abaikan ketika kucing berguling dan kemudian telentang di depan sobat.

Relaksasi

Berguling-guling dan kemudian diakhiri dengan posisi tidur telentang menandakan kucing dalam mode relaksasi. Hal ini karena kucing dalam keadaan yang santai, tenang, tentram dan kondisi lingkungan yang benar-benar nyaman.

Baca juga: Alergi Bulu Kucing: Penyebab, Gejala dan Perawatan

Kucingmania.net

Gatal

Punggung kucing terasa gatal dan dia tidak bisa menjangkau dengan garukan kukunya. Oleh karena itu berguling-guling adalah opsi kucing untuk menghilangkan gatal di punggung mereka. Ini adalah salah satu alasan utama kenapa kucing berguling-guling di permukaan tanah. Gatal-gatal ini bisa saja mungkin karena gigitan kutu kucing atau hal lainnya.

Jika sobat melihat kucing berguling-guling di permukaan tanah atau lantai, tergantung situasi dan kondisinya, diatas adalah beberapa penjelasan kenapa kucing suka sekali berguling-guling.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar