10 Kebiasaan Kucing yang Aneh Namun Memiliki Arti

Mungkin beberapa kebiasaan kucing akan terlihat aneh di mata kita. Namun semua kebiasaan tersebut memiliki maksud tertentu. Inilah beberapa kebiasaan tersebut.

Kucing memiliki caranya sendiri untuk melakukan komunikasi dengan mahluk hidup di sekitarnya. Meski kucing tidak bisa mengungkapkan perasaan dan keinginannya kepada pemiliknya, terkadang dari bahasa tubuh dan kebiasaan yang mereka miliki, kita bisa belajar memahaminya.

Ada beberapa kebiasaan kucing yang mereka maksudkan untuk berkomunikasi dengan manusia.

Kebiasaan Kucing dan Artinya

1. Berguling

Tiba-tiba kucing kesayangan mendekati Anda dan kemudian dia menjatuhkan diri dilanjurkan dengan berguling-guling di depan Anda. Ini adalah salah satu cara kucing untuk mendapatkan perhatian dari manusia favoritnya. Kucing sudah percaya sepenuhnya kepada Anda dan ingin diperhatikan.

Kebiasaan Kucing
Kebiasaan kucing berguling di hadapan manusia (Priscilla Du Preez)

Selain itu kucing juga ingin meninggalkan aroma tubuhnya di kawasan tersebut sekaligus melakukan “klaim” bahwa area yang berdekatan dengan Anda itu adalah miliknya. Hal ini biasanya kerap terjadi dimana pemiliknya sering berada di area tersebut (seperti di dekat meja kerja Anda).

2. Menyundul

Kebiasaan kucing yang berikutnya adalah suka menyundul. Ketika kucing suka menyundul bagian tubuh Anda, sekali lagi ini adalah ciri kucing sudah menyayangi Anda dan berusaha meninggalkan aroma tubuhnya di tubuh Anda. Ini adalah sebuah “klaim” jika Anda adalah miliknya. Kegiatan menyundul ini akan dilakukan berkali-kali sepanjang hidup mereka.

Kucing tidak hanya menyundul manusia favoritnya untuk menunjukkan klaim dan rasa sayangnya. Kucing juga terkadang akan menyundul beberapa sudut tertentu dan juga mungkin hewan peliharaan lainnya seperti anjing untuk menunjukkan rasa sayang dan juga meninggalkan aroma tubuhnya.

3. Mengganggu Kegiatan

Mungkin Anda sedang fokus mengerjakan sesuatu di laptop atau komputer. Atau mungkin kita sedang melakukan panggilan telfon dan kemudian kucing datang dan mulai mengganggu kita. Ini adalah perasaan cemburu karena pemiliknya lebih memiliki fokus dengan “benda” lain selain dirinya.

Jadi mungkin sekarang Anda tahu kenapa kucing suka berada di laptop ketika kita sedang fokus dengan laptop tersebut kan? Ketika kucing merasa seperti ini, berikan beberapa belaian ke tubuhnya atau kita bisa memangkunya agar kucing tidak merasa diabaikan dan patah hati. Ingat, kucing bisa menjadi hewan sensitif jika terlalu sering diabaikan.

4. Memijat

Pernahkan kucing melakukan pijatan kepada Anda? Kucing memijat bukan karena mereka tahu tubuh kita pegal. Ini adalah sebuah bentuk naluri kucing untuk membuat dirinya merasa nyaman bersama kita. Ketika dia memijat-mijat perut, dia berusaha membuat perut tersebut sebagai tempat rebahan yang nyaman untuknya.

Kebiasaan memijat seperti ini adalah kebiasaan dan naluri kucing yang dibawa sejak mereka lahir dan kemudian menyusu ke induknya. Bayi kucing secara naluri akan memijat-mijat perut induknya agar susu keluar lebih banyak dan lancar serta membuat suasana yang nyaman. Tidak semua kucing memiliki kebiasaan ini.

5. Menunjukkan Pantat

Pernahkah sobat melihat kucing “mempersembahkan” pantatnya kepada Anda? Diluar masalah birahi, ketika kucing menunjukkan bagian pantatnya kepada Anda, hal tersebut adalah “hadiah” istimewa sebagai rasa sayang kucing kepada Anda.

Kucing berusaha mengucapkan terima kasih dan memberikan hadiah serta rasa percaya kepada kita. Sebenarnya ini adalah kebiasaan diantara para kucing.

Ketika kucing bersahabat dengan kucing lain dan memiliki keterikatan, kucing akan memberikan pantat mereka sebagai wujud hadiah dan kemudian kucing lain akan mengendus bagian pantat tersebut (dan bahkan menjilatnya).

Ketika kucing menunjukkan pantatnya, tentu kita tidak perlu mengendusnya. Cukup belai saja bagian pangkal ekor dan sekitarnya untuk menunjukkan rasa sayang dan percaya dari kita untuk kucing tersebut. Ingat, jangan abaikan ketika kucing menunjukkan rasa sayangnya.

6. Menggaruk Makanan

Beberapa kucing ketika selesai makan terkadang memiliki kebiasaan seolah-olah menggaruk-garuk di sekitar makanannya dengan tujuan untuk mengubur makanan tersebut. Kebiasaan ini adalah naluri alami kucing meski tidak semua kucing akan melakukannya.

Kucing memang berusaha mengubur dan menyembunyikan makanan agar tidak dimakan oleh hewan lain dengan maksud akan dimakan di waktu berikutnya. Jadi jangan heran ketika kucingmu akan berusaha seolah menutupi makanannya seperti ketika kucing menutupi kotorannya.

7. Makan Rumput

Kebiasaan kucing yang mungkin terlihat aneh adalah makan rumput. Meski hewan karnivora, ada saatnya kucing sangat menikmati makan tanaman atau tumbuhan. Seringnya kucing akan memakan rumput. Beberapa kucing juga akan memakan daun-daunan. Bahkan kucing peliharaan kami di rumah sangat suka dengan daun sereh.

Kebiasaan Kucing
Kebiasaan kucing makan rumput

Kucing makan rumput bukan berarti mereka lapar dan rumput adalah santapannya. Kebiasaan makan rumput dan tumbuhan ini dimaksudkan untuk membantu proses pencernaan kucing. Ada kalanya beberapa makanan yang sudah masuk perut tidak tercerna dengan tuntas. Ada kalanya juga kucing memakan tanpa sengaja benda asing seperti bulunya sendiri (hairball).

Rumput atau tanaman tersebut akan membuat kucing muntah dan membantu kucing untuk mengeluarkannya melalui muntahan (baik hairball maupun makanan yang tidak bisa tercerna dengan baik). Jadi jangan heran ketika kucing terlihat menikmati makan rumput.

8. Berceloteh

Berceloteh adalah kebiasan kucing yang mungkin terlihat aneh. Pernahkah sobat melihat dan mendengar suara meong kucing yang berbeda? Mungkin seolah kucing seperti sedang “berkicau” atau berceloteh?

Kucing biasanya akan melakukan ini jika melihat hewan buruan yang berpotensi akan dijadikan mangsanya. Suara ini akan dibuat kucing ketika melihat burung, cicak dan hewan lain yang berada dalam pengawasannya.

Kucing seolah “berkicau” (sumber video Wikimedia)

Ada beberapa teori menurut hasil penelitian:

  • Menurut penelitian, ini adalah naluri kucing untuk menirukan suara ketika hewan buruan digigit di leher ketika mereka mangsa.
  • Kucing merasa frustrasi (jengkel) karena mangsa berada jauh dari jangkauannya
  • Kucing merasa bersemangat melihat buruannya.

9. Membawa Bangkai

Apakah kucingmu pernah tiba-tiba datang dan membawa bangkai hewan hasil buruannya seperti tikus, bunglon, burung dan sebagainya? Jangan takut, itu adalah hadiah karena kucing menganggap Anda sebagai kawannya. Kucing ingin berbagi hasil buruannya bersama Anda sebagai anggota kelompoknya.

10. Suka Tempat Sempit

Kebiasaan kucing yang berikutnya adalah suka dengan tempat sempit. Pada suatu kesempatan sobat membelikan rumah-rumahan khusus untuk kucing dengan harga yang mahal. Namun ternyata hal tersebut menjadi sia-sia karena kucing lebih memilih meringkuk di kardus bekas dan berukuran sempit atau kecil. Tentu rasanya seperti “sakitnya tuh disini”.

Baca juga:

Bukan tanpa alasan kucing lebih nyaman berada di tempat sempit seperti kardus yang bahkan mungkin ukurannya lebih kecil dari tubuhnya. Ruang yang sempit dan kecil membuat perasaan kucing lebih tenang karena merasa aman dan terlindungi. Ini adalah naluri alami kucing untuk memilih tempat yang menurutnya aman dari serangan predator lain.

Nah itulah 10 kebiasaan kucing yang mungkin terlihat aneh bagi kita namun ada maksud dan tujuan. Meskipun karakteristik kucing bisa berbeda satu dengan yang lainnya, namun hampir semua jenis kucing akan memiliki beberapa kebiasaan yang sudah disebutkan di atas.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar