Karakteristik Kucing Persia
Karakteristik Kucing Persia

Mengenali Karakteristik Kucing Persia

Posted on

KucingMania.net – Kucing Persia adalah ras kucing paling populer di dunia ini. Penampilan mereka yang membuat mereka menjadi idola. Bulu panjang mereka yang indah dan wajah datar yang unik menjadikan mereka idola dari semua ras kucing. Selain itu kepribadiannya yang santai dan penuh kasih juga menambah daya tarik. Namun ada baiknya mari kita mengenal lebih dalam karakteristik kucing Persia yang akan saya ulas berikut ini.

Karakteristik Kucing Persia

#1. Kucing Persia Ramah dan Penuh Kasih

Kucing Persia sangat tenang dan penuh kasih, baik terhadap pemiliknya maupun terhadap orang asing. Mereka suka dijemput dan dibelai dan bahkan akan sering menyelinap ke pangkuan orang asing. Kucing ini akan memastikan bahwa pemiliknya senang dan sayang kepada dirinya.

#2. Kucing Persia Tenang dan Lembut Namun Mereka Mendengkur

Kucing ini memiliki suara yang lembut. Namun terkadang ia juga akan mendengkur! Terkadang tanpa alasan yang jelas ia akan mendengkur.

Karakteristik Kucing Persia
Kucing Persia sangat tenang dan penuh kasih

#3. Penurut

Kucing Persia tidak terlalu menuntut makanan kepada pemiliknya. Mereka juga akan menerima apapun “fasilitas” yang diberikan oleh pemiliknya. Kucing ini hanya membutuhkan perhatian lebih dari pemiliknya. Sebagian besar waktunya mereka akan duduk dengan tenang, meringkuk dan tidur sepanjang hari. Namun sobat sebagai pemilik juga tetap harus memberikan banyak hal meski ia bukan tipe penuntut. Terutama perawatan bulu-bulunya harap terus diperhatikan.

#4. Menyukai Ketenangan

Karena karakternya yang tenang dan santai, kucing ini membutuhkan lingkungan yang tenang. Dia sangat tidak menyukai kebisingan. Jika sobat memiliki suasana rumah yang riuh seperti banyak anak-anak kecil atau memiliki hewan peliharaan lain yang berisik, hal ini tidak cocok untuk lingkungan kucing Persia. Mereka memang suka bermain namun buka berarti ia suka keributan. Ia lebih senang bermain secara “privat” dengan pemiliknya.

#5. Kucing Persia Bukan Kucing Cerdas

Tidak cerdas bukan berarti ia kucing yang bodoh. Mungkin satu-satunya sisi buruk dari kucing jenis kucing yang cantik, santai, ramah ini adalah bahwa mereka tidak terlalu memiliki kecerdasan seperti beberapa jenis kucing cantik lainnya. Cukup sulit untuk melatih kucing ini dan memang sudah karakternya untuk sulit belajar. Perlu usaha sangat keras untuk bisa melatih kucing persia memahami bahasa verbal yang kita gunakan.

#6. Memiliki Beberapa Masalah Kesehatan Terkait Genetik

Beberapa keturunan kucing Persia membawa masalah kesehatan akibat faktor genetika. Beberapa kondisi seperti sesak nafas (karena hidung peseknya) dan penyakit ginjal polikistik sering ditemui di beberapa jenis kucing ini. Sebagai pemilik, sobat juga harus mempersiapkan hal yang terkait dengan perawatan kesehatannya. Kucing ini bisa hidup hingga 15 tahun atau lebih. Oleh karena itu perlakukan ia layaknya seorang anak.

#7. Kucing Persia Menyukai Rutinitas

Rutinitas adalah sebuah keharusan bagi dirinya. Makanan yang teratur, perawatan yang berkesinambungan adalah hal-hal yang terus diberikan kepada dirinya. Mereka tidak menyukai adanya perubahan rutinitas.

#8. Tidak Suka Ditinggal Sendirian

Karena sifatnya yang suka diperhatikan, kucing ini tidak suka jika ditinggal bepergian terlalu lama oleh pemiliknya. Jika sobat adalah tipe orang yang sering bepergian lama, usahakan memiliki lebih dari 1 kucing untuk menemaninya dirumah.

Baca juga: Semua Informasi Tentang Kucing Persia

Tidak semua kucing Persia memiliki karakter sebagaimana tersebut diatas. Satu hal yang pasti menjadi karakteristik kucing Persia adalah ia kucing yang sangat suka diperhatikan, bukan penuntut, sayang dan peduli kepada pemiliknya serta ramah terhadap orang asing. Sebagai imbalan atas rasa sayangnya kepada pemiliknya, ia hanya membutuhkan perhatian yang cukup.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar