Karakteristik Kucing Maine Coon
Karakteristik Kucing Maine Coon

Karakteristik Kucing Maine Coon

Posted on

KucingMania.net – Karakteristik kucing Maine Coon. Kucing Maine Coon memiliki ciri yang sangat menarik. Asal-usul yang tepat dari Maine Coon Cat tidak diketahui. Ada beberapa cerita mengatakan jika kucing ini berasal dari Prancis. Ketika itu jenis kucing ini dipelihara oleh Ratu Prancis, Marie Antoinette, yang ketika berusaha melarikan diri keluar dari Prancis ketika akan dipenggal kepalanya. Ketika itu Marie Antoinette sudah memuat barang-barangnya di kapalnya (termasuk salah satu kucing kesayangannya). Namun Marie Antoinette sendiri akhirnya gagal kabur namun semua barang-barangnya termasuk kucing ini berhasil dilarikan ke Wiscasset, Maine, di mana kemudian kucing mereka kawin dengan kucing lokal berbulu pendek dan berevolusi menjadi keturunan modern Maine Coon.

Ada beberapa sejarah lain terkait asal kucing Maine Coon ini. Ada kabar jika kucing ini dibawa oleh bangsa Viking yang membawa mereka dari Norwegia (tampilan fisik Maine Coon terlihat seperti kucing Hutan Norwegia di Eropa Utara). Dan satu kisah yang paling mungkin adalah bahwa mereka berasal dari perpaduan kucing Persia dan kucing Angora kemudian berkembang menjadi jenis modern yang kita semua kenal sebagai kucing Maine Coon jaman ini.

Karakteristik Kucing Maine Coon

#1. Tubuh: Mereka adalah jenis kucing domestik terbesar saat ini. Jantan bisa berbobot dari 6,8 hingga 11 kg dengan betina yang berbobot dari 4,5 hingga 6,8 kg. Ketinggian kucing dewasa bisa antara 25 hingga 41 cm dan mereka dapat mencapai panjang hingga 40 inci (100 cm), termasuk ekor, yang dapat mencapai panjang 14 inci (36 cm). Tubuh kuat dan berotot, untuk menopang berat badan mereka sendiri, dan dada luas. Mereka memiliki bentuk tubuh persegi panjang dan mereka tumbuh secara perlahan. Kucing ini bisa mencapai ukuran maksimal ketika mencapai usia tiga hingga lima tahun, sementara ras kucing lainnya hanya membutuhkan waktu satu tahun.

#2. Ekor: Sangat panjang, meruncing, sangat berbulu. Terlihat seperti ekor rakun. Dapat mencapai panjang 14 in (36cm).

Karakteristik Kucing Maine Coon
Karakteristik Kucing Maine Coon

#3. Bulu dan Warna: Lembut dan halus (tekstur dapat bervariasi dengan warna bulu). Rambut lebih pendek di kepala dan bahu dan lebih panjang di perut dan panggul. Lapisan bawahnya padat, bulu tahan air. Warna bulunya diketahui adalah seperti cokelat, lavender, pola runcing kucing Siam. Warna yang paling umum terlihat pada keturunan Maine Coon adalah coklat.

#4. Kepala dan Telinga: Kepala lebar sedang dan panjangnya sedikit lebih panjang, dagu terlihat persegi. Memberikan tampilan terlihat menjadi persegi panjang tetapi seharusnya tidak tampak meruncing atau runcing. Dagu kuat, kencang dan sejajar dengan bibir atas dan hidung. Telinga besar, berumbai-rumbai, lebar di pangkal, lonjong hingga tampak runcing (mirip dengan Lynx).

#5. Mata besar, ekspresif, dan lebar.

#6. Kaki: Kaki besar, lebar, panjang sedang, dan proporsional dengan tubuh. Kaki depan lurus. Kaki belakang lurus saat dilihat dari belakang. Cakar besar, berbentuk bulat, berumbai. Lima jari kaki depan; empat di belakang.

#7. Temperamen: Maine Coon sangat cerdas dan mudah dilatih. Sangat mencintai dan baik di sekitar anjing dan anak kecil. Berhati-hati di sekitar orang asing tetapi tidak agresif. Bisa sangat menyenangkan.

#8. Vokal: Maine Coons juga terkenal sangat vokal. Ia suka mengeong dan berinteraksi secara vokal dengan pemiliknya. Terkadang ia membuat suara keras lainya.

Kepribadian Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah kucing yang baik hati dan ramah serta mudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya. Dia suka bersama orang-orang dan memiliki kebiasaan mengikutinya. Dia senang menerima perhatian ketika kita mengarahkan perhatian ke arahnya, tetapi jika kita sibuk dia puas hanya untuk mengawasi aktifitas kita. Dia tidak suka duduk di pangkuan tapi dia suka berada di dekat pemiliknya.

Dan ia adalah ahli dalam mengejar tikus. Jika ada tikus di rumah sobat, Maine Coon akan memburunya. Dia suka bermain-main dengan bola kecil yang dilempar-lempar. Gumpalan kertas yang sobat lempar juga akan dikejarnya. Kucing Maine Coon suka memanjat sebaik kucing mana pun tetapi biasanya lebih suka tinggal di permukaan tanah.

Dia juga sangat pintar dan akan dengan senang hati mempelajari trik atau bermain dengan mainan puzzle yang menantang otaknya. Kucing Maine Coon jantan cenderung berlaku lebih konyol dibandingkan Maine Coon betina yang lebih suka menunjukkan sifat bermartabat.

Baca juga: Mengenali Karakteristik Kucing Persia

Secara umum, kucing Maine Coon adalah jenis yang tepat untuk dipelihara bersama ditengah keluarga kita. Karakteristik kucing Maine Coon seperti yang sudah digambarkan diatas menunjukkan betapa pintar dan memiliki sosialisasi bagus dengan lingkungan sekitarnya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar