18 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Dengan mudah kita bisa mengenali beberapa jenis kucing yang ada di dunia ini. Jenis kucing seperti Siam, Bengal, Persia atau Maine Coon dengan mudah bisa kita temui. Namun beberapa jenis kucing langka di dunia ini belum tentu diantaranya kita ketahui dengan baik.

Jika sobat penasaran dan ingin mengetahui jenis-jenis kucing yang langka, sobat sudah berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan mengulas beberapa jenis kucing-kucing langka tersebut. Yuk baca artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan informasi yang sobat butuhkan.

Sebagai informasi: kucing-kucing langka yang disebutkan disini bukan berarti kucing-kucing ini sulit ditemukan. Namun jumlah mereka sangat terbatas dan beberapa diantaranya hanya berada di negara tertentu.

Daftar Jenis Kucing Langka di Dunia

1. Sokoke

Kucing Sokoke adalah salah satu jenis kucing langka di dunia ini. Saya yakin sebagian besar diantara sobat sekalian belum pernah mendengar jenis kucing ini. Kucing ini berasal dari kawasan hutan Sokoke yang berada di Kenya Timur.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Sokoke (sumber)

Pada mulanya kucing Sokoke dianggap sebagai kucing hibrid hasil persilangan diantara para kucing liar. Namun hasil tes DNA menunjukkan bahwa ini adalah kucing ras asli (bukan hasil persilangan). Mereka adalah keturunan dari kucing Asia yang berasal turun-temurun dari kucing liar di daratan Arab. Kucing Sokoke dikenal sebagai kucing yang aktif dan enerjik.

2. Burmilla

Kucing Burmilla adalah kucing yang berasal dari Inggris dengan penampilan anggun dan manis. Menurut informasi, kucing Burmilla adalah hasil persilangan secara tidak sengaja antara kucing Chinchilla dan Burma. Bulu-bulu kucing Burmilla cenderung pendek dan tidak berbulu panjang. Wajah bulat dengan mata lebarnya membuat kucing Burmilla terlihat menggemaskan.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Burmilla (sumber)

Sebenarnya pada awalnya kucing jenis Burmilla masih dibagi menjadi dua jenis yaitu Burmilla berbulu pendek dan Burmilla berbulu panjang. Namun asosiasi kucing menganggap jenis Burmilla adalah yang memiliki bulu pendek. Sedangkat Burmilla berbulu panjang dimasukkan ke jenis ras lain.

3. LaPerm

Rambutnya gimbal dan keriting menjadikan kucing ini seolah-olah seperti kucing yang tidak pernah bersolek. Inilah salah satu kucing langka yang ada dunia ini yaitu kucing LaPerm. Pertama kali muncul pada tahun 1982 di Oregon.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing LaPerm (sumber)

Kucing LaPerm adalah pribadi yang aktif, lembut dan penuh kasih sayang. Mereka sangat manja dan dikenal sangat sayang kepada pemiliknya. Sifat ideal kucing peliharaan. Jadi sobat jangan terkecoh dengan penampilan bulunya yang keriting serta acak-acakan.

4. Korat

Secara penampilan, kucing Korat mirip dengan kucing British Shorthair. Yang membedakan adalah kucing Korat berasal dari Thailand dan sudah ada turun-temurun ratusan tahun di negara tersebut. Dan kucing ini sangat dimuliakan oleh penduduk Thailand karena dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Korat (sumber)

Pengembang biakan kucing Korat secara resmi dimulai dan dikenal dunia pada tahun 1959. Tubuhnya cenderung ramping dan panjang serta memiliki otot-otot yang kuat. Dan kucing Korat juga termasuk kucing yang cerdas sehingga mereka bisa dilatih untuk melakukan hal-hal tertentu. Selain itu mereka sangat aktif dan suka bermain.

5. Peterbald

Salah satu jenis kucing tanpa bulu dan berpenampilan unik, inilah kucing Peterbald. Meskipun nampak tidak memiliki bulu, kucing Peterbald sebenarnya memiliki bulu yang pendek tipis. Karena itulah kucing ini membutuhkan perawatan ekstra karena bulu tipisnya tersebut.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Peterbald (sumber)

Kucing Peterbald berasal dari St Petersburg, Rusia. Tubuh mereka ramping dan memanjang. Karakter mereka cenderung manja, manis, enerjik dan cerdas. Selain itu mereka juga dikenal sayang kepada pemiliknya serta dikenal mampu beradaptasi dengan hewan peliharaan lain.

6. Chartreux

Dengan melihat namanya, mungkin sobat bisa menebak jika kucing ini berasal dari Prancis? Ya betul, kucing Chartreux adalah kucing yang berasal dari Prancis. Penampilannya mirip dengan kucing Korat atau British Shorthair.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Chartreux (sumber)

Penampilan fisiknya tambun dengan muka bulat dan mata lebarnya yang lucu. Kucing Chartreux termasuk jenis kucing “tua” karena sejarah menunjukkan bahwa kucing ini sudah ada sejak tahun 1558. Ketika itu kucing-kucing ini dibawa oleh para biarawan Carthus untuk mereka pelihara di biara Grande Chartreuse.

Kucing Chartreux memiliki karakter yang tenang dan pendiam namun juga cukup cerdas. Karena kecerdasannya, kucing ini juga bisa dilatih melakukan gerakan-gerakan tertentu seperti anjing. Yang membedakan kucing Chartreux dengan kucing lain adalah pertumbuhannya yang lambat. Kucing ini butuh waktu sekitar 2 tahun untuk mencapai usia dewasa.

7. Serengeti

Kucing Serengeti adalah hasil persilangan antara kucing Bengal dengan Oriental Shorthair. Pertama kali dikembang biakkan pada tahun 1994 di California. Leher cukup panjang, tubuh atletis serta telinga berujung bulat keatas.

Kucing Serengeti
Kucing Serengeti (sumber)

Sekilas kucing Serengeti nampak mirip dengan kucing Savannah. Mereka adalah kucing yang suka memanjat dan sering melakukan aktifitas fisik seperti bermain dan sangat aktif. Bahkan karena sangat aktifnya, mereka akan cenderung stres jika dikurung dalam ruangan. Jadi sangat penting untuk tetap membuat mereka tetap aktif.

8. Tonkin

Kucing Tonkin atau Tonkinese adalah salah satu jenis kucing langka di dunia yang berasal dari Kanada. Penampilannya sangat mirip dengan kucing Siam. Hal ini dikarena mereka adalah hasil persilangan antara kucing Siam dan Burma.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Tonkin (sumber)

Kucing Tonkin adalah kucing yang manja, cerdas, aktif dan juga sangat vokal. Kebanyakan dari mereka bermata biru, bulu berwarna coklat dan wajah “gosong”. Mereka adalah jenis kucing yang sangat suka diperhatikan dan cenderung mengalami stres jika diabaikan oleh pemiliknya.

9. Egyptian Mau

Egyptian Mau atau Mau Mesir adalah salah satu jenis kucing langka dengan penampilannya yang eksotis. Kucing ini adalah salah satu kucing tercepat di dunia dimana kecepatan larinya bisa mencapai 50 km/jam !

Jenis Kucing Langka di Dunia
Si cepat kucing Egyptian Mau (sumber)

Tubuhnya sedang memanjang, ramping, memiliki otot yang kuat, dengan kaki belakang yang berukuran lebih panjang daripada kaki depannya. Hal inilah yang menjadikan mereka memiliki kecepatan lari yang sangat luar biasa jika dibandingkan kucing lainnya. Selain itu mereka adalah kucing yang manja.

10. Minskin

Kucing Minskin adalah jenis kucing yang langka dengan ukuran mini dan tampilan tanpa bulunya. Hal ini dikarenakan kucing Minskin adalah hasil persilangan antara kucing Munchkin dan Sphynx. Bulu-bulunya sangat tipis khas kucing Sphynx dan kakinya pendek (cebol) khas kucing Munchkin.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Minskin yang langka (sumber)

Kucing Minskin adalah kucing yang ramah. Mereka suka bermain dan dikenal sangat sayang kepada pemiliknya. Dan mereka juga bisa beradaptasi dengan baik ketika di rumah ada hewan peliharaan lain seperti anjing. Bukan termasuk kucing yang aktif dan mereka suka menghabiskan waktu dengan bersantai di pangkuan pemiliknya.

11. Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail atau kucing ekor bundel Kurilia adalah kucing yang berasal dari Kepulauan Kuril, Semenanjung Rusia. Karena dia berasal dari pulau tersebut dan memiliki ekor pendek, maka dia mendapatkan nama Kurilian Bobtail. Bulunya tidak panjang dan tidak terlalu pendek, tubuh cenderung gendut dan yang pasti ekornya pendek.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kurilian Bobtail (sumber)

Kurilian Bobtail dikenal sebagai kucing yang mahir berburu hewan pengerat seperti tikus. Pada awalnya mereka dipelihara sebagai pengendali hama pertanian seperti tikus. Kucing ini identik secara fisik dan genetik dengan kucing Japanese Bobtail. Keduanya masih memiliki hubungan namun Japanese Bobtail cenderung memiliki tubuh ramping.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bertelinga Lebar yang Eksotis

Meski mereka ada pemburu yang hebat, namun naluri sebagai kucing domestik yang jinak dan penurut ada pada diri mereka. Selain itu Kurilian Bobtail adalah kucing yang cerdas serta memiliki sifat yang lembut.

12. Devon Rex

Salah satu jenis kucing langka di dunia dengan penampilan yang unik. Kucing Devon Rex yang berasal dari Devon, Inggris. Mereka adalah hasil persilangan yang terjadi secara alami. Penampilannya yang unik membuatnya dianggap sebagai kucing alien atau kucing peri.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Devon Rex (sumber)

Jangan tertipu dengan penampilannya yang sepertinya galak. Kucing ini adalah jenis yang ramah, suka bermain dan dikenal sayang kepada pemiliknya. Meski suka bermain-main, kucing Devon Rex bukanlah kucing yang terlalu aktif. Namun mereka juga senang menghabiskan waktu bersama pemiliknya sambil minta dipangku.

13. Kucing Hutan Norwegia

Kucing Hutan Norwegia atau Norwegian Forest Cat adalah salah satu kucing langka dan jenisnya adalah salah satu yang tua di dunia ini. Tubuhnya yang besar menjadikan kucing ini masuk dalam klub kucing terbesar di dunia. Bulu-bulunya yang tebal dan panjang dirancang sedemikian rupa agar bertahan menghadapi cuaca dingin di habitat alaminya.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Hutan Norwegia (sumber)

Secara umum, kucing hutan Norwegia adalah kucing yang cerdas, jinak serta ramah kepada manusia. Aktifitas mereka juga cukup tinggi karena suka bermain-main seperti memanjat. Namun mereka kurang cocok disandingkan dengan peliharaan lain seperti anjing.

14. Turkish Angora

Kucing Angora murni yang berasal dari Turki atau dikenal dengan nama Turkish Angora adalah kucing yang sangat anggun dan menawan. Pengembangan secara resmi kucing Turkish Angora dimulai sejak tahun 1900. Saat ini perkembang biakan kucing ini secara resmi dilakukan oleh pemerinta Turki di kebun binatang Ankara.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Turkish Angora (sumber)

Tidak bisa sembarangan dan harus melalui proses yang ketat untuk bisa membeli dan memiliki kucing Turkish Angora murni asli Turki. Kucing ini juga sudah dimiliki oleh beberapa kalangan tertentu di Indonesia. Informasi terakhir, untuk mendatangkan kucing ini secara langsung dari Turki membutuhkan biaya mencapai 100 juta (bisa lebih).

15. Havana Brown

Kucing jenis Havana Brown bisa jadi sangat asing bagi sebagian besar dari kita. Jumlahnya memang sangat terbatas dan belum terlalu dikenal di dunia. Namun sebenarnya kucing ini juga sudah ada cukup lama di dunia ini yaitu sejak tahun 1950. Kucing ini adalah hasil persilangan antara kucing Siam bermotif “seal point” dengan kucing domestik Inggris yang berbulu hitam.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Havana Brown (sumber)

Pada awalnya kucing ini memiliki nama Chestnut Foreign Shorthair namun kemudian pada tahun 1970 nama mereka dirubah menjadi jenis kucing Havana Brown. Beberapa jenisnya memiliki bulu coklat gelap dan cenderung berwarna kehitaman.

16. Turkish Van

Kucing Turkish Van atau Van Turki adalah salah jenis kucing langka di dunia dan juga termasuk salah satu jenis ras kucing kuno. Sejarah menyatakan jika kucing ini sudah ada sejak abad pertengahan (abad ke 5). Bulu mereka agak panjang dan anti air. Kucing ini adalah jenis kucing yang suka bermain-main di air dan bahkan berenang.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Turkish Van (sumber)

Mulai memasuki dunia barat pada tahun 1995 ketika dua wanita asal Inggris membawa kucing ini langsung dari Turki. Dan sejak itulah kucing Turkish Van mulai dikenal di Eropa namun dengan jumlah yang masih sangat terbatas (hingga saat ini).

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

17. American Wirehair

Kucing American Wirehair sesuai dengan namanya berasal dari Amerika. Kucing ini adalah hasil mutasi secara acak pada anak-anak kucing domestik bulu pendek di sebuah peternakan di New York, Amerika. Ketika itu lahir 6 bayi kucing dimana salah satu bayi kucing memiliki bulu-bulu yang berbeda dibandingkan dengan bayi kucing lainnya.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing American Wirehair adalah kucing terlangka di dunia (sumber)

Sejauh ini, kucing American Wirehair secara alami hanya ada di Amerika dan belum ditemukan keberadaannya yang dihasilkan langsung di negara lain.Oleh karena itu kucing American Wirehair adalah kucing paling langka yang ada di dunia ini.

18. Ojos Azules

Kucing Ojos Azules, namanya berasal dari bahasa Spanyol. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah mata biru. Kucing bermata biru gelap solid ini adalah kucing super langka. Keberadaannya sangat sedikit dan bahkan cenderung tidak diketahui keberadaanya ada dimana.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Langka Ojos Azules (sumber)

Meski namanya mengandung bahasa Spanyol, namun pada kenyataannya kucing ini berasal dari New Mexico, Amerika. Awalnya berasal dari kucing liar yang memiliki warna biru solid. Beberapa keturunan bayi-bayi kucingnya memiliki motif warna berbeda-beda namun memiliki 1 kesamaan yaitu biru gelap solid.

Karena jarang ditemukan dan minimnya informasi tentang kucing ini, beberapa orang menganggapnya sebagai “kucing hantu”.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar