8 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Menggemaskan

Siapa sih yang tidak terpesona melihat kucing berkaki pendek, gendut dan menggemaskan? Kucing yang memiliki kaki pendek memang ada pesonanya tersendiri. Namun tidak banyak jenis kucing kaki pendek yang ada di dunia ini.

Di Indonesia sendiri kucing berkaki pendek tidak banyak yang memilikinya. Harganya yang memang mahal seolah-olah menjadikan jenis kucing kaki pendek adalah peliharaan yang “eksklusif”.

Ada beberapa jenis ras kucing kaki pendek yang beberapa diantaranya mungkin sudah sobat ketahui. Ataukah mungkin saat ini sobat ingin memelihara kucing berkaki pendek dan sedang mencari informasinya?

Berikut inilah beberapa jenis kucing yang memiliki kaki pendek yang ada di dunia ini.

Jenis Kucing Kaki Pendek

1. Munchkin

Kucing Munchkin adalah salah satu kucing berkaki pendek yang paling populer. Kaki pendeknya terbentuk akibat mutasi genetik.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Munchkin (sumber gambar Pinterest)

Pada awal kemunculannya, kucing Munchkin menimbulkan kontroversi terkait dengan masalah kesehatannya. Ketika itu para ahli beranggapan dengan kaki pendeknya kucing ini akan memiliki masalah gangguan kesehatan terutama yang berkaitan dengan masalah tulang punggungnya.

Baca juga: 20 Kucing Termahal, Harganya Fantastis!

Kucing Munchkin sendiri di Indonesia sudah menjadi salah satu jenis ras kucing yang populer untuk dipelihara. Harganya berkisar antara 3-10 jutaan tergantung kemurnian ras.

2. Skookum

Kucing Skookum mungkin di Indonesia belum banyak dikenal. Namun kucing ini tidak kalah menggemaskan dengan jenis kucing kaki pendek lainnya.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Skookum (Pinterest)

Kaki pendeknya adalah hasil rekayasa atau persilangan antara kucing Munchkin dan kucing berbulu keriting yaitu LaPerm. Hasilnya adalah secara fisiknya tubuhnya memiliki penampilan bulu keriting kucing LaPerm namun memiliki kaki pendek dari Munchkin.

Bahkan beberapa diantaranya memiliki kaki depan yang lebih pendek dari bagian kaki belakangnya. Memiliki karakter yang cocok dipelihara di tengah-tengah keluarga, kucing ini bisa menjadi alternatif peliharaan. Hanya mungkin masalahnya adalah kucing ini jarang ada di Indonesia.

3. Napoleon

Kucing Napoleon adalah kucing hasil persilangan antara jenis Munchkin dan kucing Persia bulu panjang. Dan hasilnya adalah kucing Persia bulu panjang dan berkaki pendek. Kucing ini memiliki nama lain yaitu kucing Minuet.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Napoleon (sumber gambar Pinterest)

Kucing Napoleon memiliki kemungkinan masalah kesehatan yang dibawa dari gen Persia. Masalah tersebut adalah masalah Ginjal Polikistik (hampir sebagian besar kucing Persia memiliki gangguan ini).

4. Bambino

Kucing Bambino dikenal sebagai kucing yang sangat lincah. Penampilannya memiliki penampilan khas kucing Sphynx namun berkaki pendek. Hal ini sangat beralasan karena memang kucing Bambino adalah hasil persilangan Munchkin dan Sphynx.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Bambino (sumber Pinterest)

Bulunya sangat tipis sehingga perlakuannya juga harus ekstra sama seperti ketika merawat kucing Sphynx. Kucing ini tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung secara berlebihan dan harus sering dibersihkan permukaan bulu atau kulitnya secara rutin.

5. Kinkalow

Kucing Kinkalow adalah kucing hasil persilangan antara jenis Munchkin dan American Curl. Kucing ini juga langkap karena jumlahnya juga tidak banyak di dunia ini.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Kinkalow (sumber Pinterest)

Yang menjadikan kucing Kinkalow ini semakin menggemaskan selain pendek dan lucu adalah telinganya memiliki penampilan khas kucing American Curl yang terbuka keluar pada bagian telinga atas.

6. Minskin

Kucing Minskin juga menjadi salah satu jenis kucing kaki pendek yang langka. Kucing ini adalah hasil persilangan antara Munchkin dan Sphynx.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Minskin (sumber gambar Pinterest)

Pada beberapa jenis kucing Minskin, penampilannya bisa dikatakan sangat “kacau”. Kakinya pendek khas Munchkin, telinga khas Devon Rex dan warna bulu khas Burman serta pendek seperti Sphynx. Namun ada juga yang dominan seperti kucing Sphynx namun kakinya pendek.

Tapi justru “kekacauan” ini membuat kucing Minskin makin unik dan menggemaskan. Kucing ini tidak banyak jumlahnya karena hasil persilangannya jarang bisa menghasilkan sesuai ciri kucing Minskin.

7. Dwelf

Kucing Dwelf secara fisik memang nampak seperti kucing Sphynx dengan kaki pendeknya. Namun yang membedakan adalah adanya campuran dari jenis American Curl.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Dwelf (Pinterest)

Tubuh pendek memanjang dan nampak tidak berbulu mungkin terlihat seperti mahluk asing dari planet lain. Namun dibalik penampilannya, kucing ini dikenal sangat jinak dan pintar serta mampu beradaptasi dengan baik ketika dipelihara di tengah-tengah keluarga.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Bermata Biru Yang Mempesona

Kucing Dwelf juga diketahui memiliki gangguan kesehatan akibat mutasi genetiknya yaitu masalah tulang belakang, jantung dan pernafasan. Dan karena bulu super pendeknya, kucing ini tidak boleh sering terkena paparan sinar mahatari secara langsung.

8. Lambkin

Kucing Lambkin adalah salah satu jenis kucing kaki pendek yang super langka. Kucing ini adalah adalah hasil persilangan kucing Munchkin dan kucing yang juga jarang ditemui yaitu Selkirk Rex.

Jenis Kucing Kaki Pendek
Kucing Lambkin (sumber Pinterest)

Mereka diberi nama Lambkin berasal dari kata Lamb yaitu domba yang memiliki ciri khas berbulu tebal yang menghasilkan wol. Bulu kucing Lambkin juga terlihat nampak tebal seperti bulu domba. Ekornya panjang dan akan cenderung melengkung di bagian ujungnya.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Terbesar di Dunia Yang Mengagumkan

8 jenis kucing kaki pendek yang sudah disebutkan diatas sebagian besar diantaranya hampir tidak bisa ditemukan di Indonesia. Untuk mendapatkannya harus impor langsung dari breeder luar Indonesia yang tentunya membutuhkan biaya sangat banyak.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar