11 Jenis Kucing Bermata Biru yang Mempesona

Banyak kucing yang memiliki penampilan elegan dan eksotis. Ada juga beberapa jenis kucing bermata biru yang mempesona yang akan diulas di artikel ini.

Berbagai ras atau jenis kucing yang ada saat ini memiliki penggemarnya masing-masing. Banyak orang menyukai kucing yang berhidung pesek, berbulu lebat panjang atau bahkan kucing yang tidak memiliki bulu seperti Sphinx. Dan ada pula penggemar kucing berbulu pendek seperti contohnya Kucing Siam.

Diantara semua jenis kucing tersebut, ada beberapa diantara mereka memiliki daya tarik lain yang sangat menggoda yaitu bermata biru. Ada beberapa jenis kucing bermata biru yang akan membuat sobat takjub.

Jenis Kucing Bermata Biru Yang Mempesona

1. Turkish Angora

Jenis Kucing Bermata Biru Turkish Angora
Kucing Turkish Angora (kredit gambar: Agata Fetschenko / istockphoto)

Jenis kucing Turkish Angora murni memiliki penampilan yang sangat mempesona. Bulu putih bersih yang halus (meski beberapa jenisnya ada yang berwarna lain) dan perpaduan mata biru yang mereka miliki menjadikan kucing ini layaknya ratu yang sangat cantik.

Perlu diketahui juga jika kucing Turkish Angora juga ada yang memiliki warna mata lain seperti odd eye, hijau dan kuning keemasan.

2. Balinese 

Jenis Kucing Bermata Biru
Kucing Balinese (kredit gambar: siamesecatspot)

Kucing jenis Balinese tidak ada hubungan dengan Pulau Bali Indonesia dan ini bukan ras kucing yang berasal dari Bali. Mereka mendapatkan nama Balinese yang artinya “orang Bali” maksudnya adalah karena mereka memiliki paras yang anggun seperti layaknya penari dari Bali.

Secara fisik kucing ini mirip dengan kucing jenis Siam dan Himalaya. Bulu mereka halus, lebat dan panjang serta beberapa diantara mereka memiliki mata biru indah yang sangat menarik.

3. Birman

Kucing Birman
Kucing Birman

Kucing ini dikenal sebagai kucing suci di Burma (Myanmar). Secara fisik, penampilan kucing Birman menyerupai kucing Himalaya dan Balinese. Kucing ini memiliki karakter yang sangat cocok untuk dijadikan peliharaan.

Mereka bersifat lembut, menyenangkan dan manja. Kucing Birman memiliki penampilan yang sangat menarik dengan mata biru mereka yang akan membuat sobat jatuh hati. Bulu mereka halus dan lebat membuat mereka semakin nampak elegan.

4. Tonkin

Jenis Kucing Bermata Biru Tonkin
Kucing Tonkin atau Tonkinese (kredit gambar: Mark Oatney / gettyimages)

Jenis kucing bermata biru berikutnya adalah kucing Tonkinese atau kucing Tonkin. Kucing Tonkinese adalah kucing hasil persilangan antara kucing Siam dan Burma (Burmese).

Perpaduan ini membuat kucing Tonkinese memiliki perpaduan keindahan kedua jenis kucing tersebut. Bulu pendek khas kucing siam dan sebagian diantara mereka memiliki mata biru indah yang akan membuat kita tergoda.

5. Snowshoe

Jenis Kucing Bermata Biru
Kucing Snowshoe

Kucing ini diberi nama Snowshoe karena warna “kaus kaki” mereka yang berwarna putih terang layaknya salju. Penampilan mereka secara umum menyerupai kucing Siam yang berwarna kecoklatan dengan perpaduan warna putih terang. Ditambah dengan mata biru mereka dijamin akan membuat sobat jatuh hati dan ingin memeliharanya.

6. Siam

Jenis kucing bermata biru - Kucing Siam
Kucing Siam

Kucing Siam adalah kucing yang suka mencari perhatian. Kucing yang berasal dari Thailand ini dikenal “berisik” karena begitu inginnya diperhatikan oleh pemiliknya.

Dan saking butuhnya perhatian dan kasih sayang yang tinggi, kucing Siam bisa “ngambek” jika sobat mengabaikan atau meninggalkan mereka dalam jangka waktu yang lama.

Penampilan bulu pendek mereka yang eksotis dipadukan dengan beberapan dari mereka memiliki mata biru yang indah adalah perpaduan yang akan menggoda para pecinta kucing.

7. Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah kucing yang memiliki penampilan yang sangat anggun. Kucing dewasa memiliki tubuh yang besar dengan bulu lebat mereka yang halus dan lembut.

Beberapa kucing Ragdoll memiliki mata biru yang indah dan membuat penampilan mereka semakin elegan. Kucing ini dikenal loyal dan sayang kepada pemiliknya sehingga menjadikan mereka sangat ideal untuk dijadikan peliharaan.

8. Javanese

Kucing Javanese
Kucing Javanese

Jenis kucing bermata biru berikutnya adalah kucing Javanese. Javanese yang artinya adalah berasal dari Jawa. Namun bisa dipastikan jika kucing ini tidak berasal dari Jawa, Indonesia. Mereka adalah kucing hasil pengembangan atau persilangan antara Siam dan Balinese sehingga secara fisik mereka terlihat mirip dengan kedua kucing tersebut.

Kucing Javanese dikenal sebagai kucing yang lincah dan cerdas sehingga bisa dilatih mempelajari trik-trik tertentu. Mereka memiliki tubuh langsing serta struktur tulang yang sangat kuat sehingga mereka dikenal sebagai kucing yang suka memanjat, melompat tinggi dan akrobatik. Dan yang pasti sebagian diantara mereka memiliki mata biru yang indah.

9. Himalaya

Jenis Kucing Bermata Biru Himalaya
Kucing Himalaya (kredit gambar: Louis-Michel DESERT / istockphoto)

Kucing Himalaya adalah kucing yang memiliki bulu panjang lebat serta penampilan yang cantik. Mereka adalah hasil persilangan antara kucing Persia dan Siam.

Oleh karena itu mereka memiliki warna khas Siam yaitu coklat dan bulu panjang khas kucing Persia sehingga nama lain mereka adalah kucing Persia Himalaya. Kebanyakan kucing Himalaya memiliki warna mata biru yang mempesona.

10. Ojos Azules

Kucing Ojos Azules
Kucing Ojos Azules (sumber Pinterest)

Kucing Ojos Azules adalah kucing yang masih cukup langka. Ojos Azules sendiri adalah bahasa Spanyol yang artinya adalah “mata biru”. Mereka pertama kali ditemukan di Mexico dan mereka adalah kucing liar.

Jumlahnya tidak terlalu banyak di dunia ini. Kucing ini diketahui mempunyai dua jenis berbulu pendek dan bulu panjang. Mata mereka berwarna biru tajam dan membuat tatapan mereka terlihat menggemaskan.

11. Seychellois

jenis kucing bermata biru
Kucing Seychellois (Lady Bird)

Nama kucing Seychellois mungkin terdengar asing bagi sebagian dari kita. Kucing ini memang termasuk langka karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak. Namun jika melihat penampilannya, kucing ini memiliki pola dan warna seperti kucing Siam namun memiliki tubuh ramping serta kepala “tipis” dan lonjong.

Kucing Seychellois ada karena campur tangan manusia. Kucing ini adalah hasil beberapa kali percobaan kawin silang antara kucing Siam, Persia, dan Oriental Shorthair.

Kucing yang berasal dari Inggris ini awalnya dibiakkan karena terinspirasi oleh penampilan kucing lokal yang ada di Kepulauan Seychelles, Madagaskar.

Bagaimana menurut sobat, apakah jenis kucing bermata biru yang sudah disebutkan diatas sangat mempesona dan menakjubkan?

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar