Jenis-Jenis Makanan Kucing Dewasa dan Kitten

Posted on

Ketika membicarakan jenis-jenis makanan kucing, ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan kepada kucing. Dari berbagai jenis ini terutama makanan olahan dari pabrik masih terbagi lagi dalam beberapa jenis dan kegunaan bagi kucing. Untuk sobat yang saat ini mencari informasi tentang jenis-jenis makanan kucing bisa membaca di artikel ini hingga tuntas.

Bagi kebanyakan orang, memberi makanan kucing identik dengan memberikan mereka ikan. Hal ini memang sangat lazim karena ikan memang makanan favorit kucing. Namun masih ada beberapa jenis makanan kucing lainnya yang juga sangat disukai oleh kucing.

Jenis-Jenis Makanan Kucing

1. Makanan Kering atau Dry Food

Makanan kering atau dry food adalah makanan olahan produsen makanan kucing. Sesuai dengan namanya, makanan ini memang kering dan cenderung sedikit keras. Makanan ini dibuat sedemikian rupa supaya lebih praktis. Meski bentuknya yang bisa dikatakan “aneh” untuk kucing yang memiliki taring, namun makanan ini disukai oleh kucing. Aromanya dibuat sedemikian rupa agar kucing tetap suka dan mau menyantapnya.

Namun tidak semua kucing menyukai makanan ini. Biasanya ada kucing yang sudah terbiasa makan ikan dan ketika diberi makanan ini menolak. Hal ini wajar karena memang tidak semua makanan kering memiliki aroma kuat yang menarik minat kucing untuk makan. Dan memberi makanan kering ini bisa dikatakan “cocok-cocokan” dengan kucing. Ada makanan yang cocok dan disukai kucing dan ada yang tidak.

Memberikan makanan kering kepada kucing ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan, yaitu:

  • Untuk memberi makan anak kucing, pastikan memilih makanan kering khusus anak-anak kucing.
  • Untuk memberi makan kucing dewasa, berikan juga makanan kucing dewasa

Oleh karena itu perhatikan label makanan dengan teliti apakah makanan tersebut untuk kucing kecil atau dewasa. Namun ada juga beberapa produk makanan kering yang bisa dimakan oleh semua umur kucing.

Jenis-Jenis Makanan Kucing - Dry Food
Jenis-Jenis Makanan Kucing – Dry Food (sumber gambar: Petyak)

Beberapa merk favorit makanan kering kucing adalah:

  • Royal Canin
  • Pro Plan
  • Equilibrio
  • Maxi
  • Bolt
  • Whiskas
  • Minino

Apapun merk yang sobat beli tidak masalah yang penting kucing suka dan tercukupi nutrisi dan gizinya serta yang penting sesuai dengan kemampuan finansial yang kita miliki. Dan jangan lupa pastikan kucing cukup minum ya untuk mengimbangi pemberian makanan kering ini. Karena jika kurang minum, pemberian makanan kering secara terus menerus akan membahayakan kondisi kesehatan jangka panjang. Salah satu masalah yang bisa terjadi di kemudian hari adalah gangguan saluran kencing dan ginjal.

Baca juga: Jenis Royal Canin dan Kegunaannya

2. Makanan Basah atau Wet Food

Seperti namanya, makanan kucing jenis ini diproduksi dalam keadaan basah. Karena basah, aromanya lebih kuat dan sangat memikat hampir semua kucing. Kucing yang tidak mau makan makanan kering, ketika diberi makanan basah ini biasanya akan lebih tertarik dan lahap. Aroma ikannya sangat kuat dan menggoda.

Namun harus sobat ketahui juga, terlalu sering memberikan makanan basah kepada kucing juga memiliki efek jangka panjang yang kurang bagus. Salah satu efek kurang baik terlalu sering memberikan makanan basah ke kucing adalah gangguan karang gigi dan semacamnya. Gigi akan lebih cepat keropos. Dan masalah lain adalah, jika sobat terlalu sering memberi makanan basah, biasanya kucing akan sulit untuk kembali makan makanan kering karena aromanya kurang memikat.

Jenis-Jenis Makanan Kucing
Jenis-Jenis Makanan Kucing – Wet Food

Oleh karena itu memberikan makanan basah hanya jadikan selingan atau variasi. Berikan seminggu sekali atau sobat bisa mencampurkan makanan basah + makanan kering setiap 2-3 hari sekali.

Baca juga: Makanan Yang Bagus Untuk Anak Kucing

Beberapa merk makanan basah untuk kucing yang populer adalah:

  • Whiskas
  • Friskies
  • Royal Canin

3. Raw Food atau Makanan Alami

Jenis makanan kucing yang berikutnya adalah makanan alami atau istilahnya adalah raw food. Jenis makanan ini adalah jenis makanan yang cenderung alami namun tetap kita oleh sendiri agar lebih ideal untuk dimakan kucing. Makanan jenis ini adalah seperti:

  • Ikan
  • Daging
  • Sayuran
  • Buah-buahan

Ketika sobat memberikan ikan mentah sebagai makanan kucing, itu adalah raw food yang artinya adalah makanan mentah. Namun patut diketahui, memberi ikan atau daging mentah berbahaya bagi kesehatan kucing. Beberapa Bakteri terindikasi bersarang di ikan atau daging mentah contohnya adalah Bakteri Salmonella. Untuk memberikan makanan jenis ini kepada kucing, ada baiknya sobat memasaknya terlebih dulu dengan cara merebus atau mengukus sampai benar-benar matang.

Jenis-Jenis Makanan Kucing - Raw Food
Daging ayam terutama dada ayam sangat ideal untuk makan kucing

Beberapa pecinta kucing menyajikan makanan alami dengan mengolahnya sendiri serta memberikan beberapa campuran bahan lain agar nutrisi dan gizinya lebih lengkap. Seperti contohnya adalah; saya pribadi sering memberikan olahan tongkol atau tuna yang dikukus kemudian dicampur dengan tempe kukus.

Baca juga: Fungsi Minyak Ikan Untuk Kucing

Variasi lain adalah kepala ayam yang dikukus/presto, kemudian setelah itu di-blender dengan mencampurkan minyak ikan, kuning telur, Vitamin B dan Megaderm (vitamin bulu). Itu hanya beberapa contoh olahan makanan untuk kucing.

Beberapa makanan alami atau raw food yang sangat baik untuk kucing anak-anak maupun kucing dewasa adalah:

  • Ikan Tuna, Tongkol, Salmon, Lele dan Patin
  • Daging sapi, kambing, domba, kalkun, dan ayam
  • Buah yang aman dimakan kucing seperti pisang
  • Untuk sayur yang aman seperti contohnya labu

Nah sobat itulah jenis-jenis makanan kucing yang bisa sobat berikan kepada kucing kesayangan. Sobat bisa memilih sendiri mana yang terbaik bagi kucing. Apapun makanannya, yang penting kucing doyan dan suka serta mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisi dan gizinya (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *