[80+] Jenis-jenis Kucing Lengkap Disertai Gambar

Berikut ini beberapa jenis kucing yang ada di dunia ini. Pada artikel ini akan kami tampilkan jenis-jenis kucing peliharaan yang jinak dan sudah didomestifikasi secara penuh. Kucing-kucing berikut ini beberapa diantaranya sudah diakui oleh beberapa organisasi kucing dan sebagian belum diakui.

Abyssinian

Daftar jenis-jenis kucing akan kami buka dengan kucing Abyssinian. Kucing Abyssinian adalah salah satu ras kucing kuno dan diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Kucing dengan telinga lebar ini adalah salah satu jenis kucing yang kerap menjadi idaman untuk dipelihara karena penampilannya yang menarik.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Abyssinian (Dmitry TsapenkoPixabay)

Kucing Abyssinian adalah kucing yang sangat aktif karena energi mereka tinggi. Mereka sangat suka bermain, berlarian kesana kemari, memanjat dan melompat serta tentu saja bermain-main dengan pemiliknya.

Aegean

Kucing Aegean adalah ras kucing alami yang berada dan berasal dari Kepulauan Cycladic di Laut Aegean, Yunani. Kucing ini saat ini sebagian besar hanya bisa ditemukan di tempat asalnya tersebut. Kenapa ras ini dikatakan alami? Karena mereka berkembang biak secara mandiri dan alami tanpa campur tangan manusia.

Kucing Aegean
Jenis-jenis Kucing: Aegean (Jamie Berman)

Kucing Aegean jarang ditemukan berada diluar habitat aslinya. Kucing ini menjadi salah satu identitas negara Yunani dan dijadikan sebagai harta nasional Yunani. Kucing ini juga diketahui sebagai salah satu ras kucing domestik tertua yang ada di dunia ini.

Kucing Aegean adalah kucing yang cerdas, aktif, dan lincah. Mereka sepenuhnya sangat menikmati hidup berdampingan bersama manusia. Meskipun awalnya dikenal sebagai kucing pelabuhan, Aegean akan cepat beradaptasi jika dibawa ke lingkungan tempat tinggal baru.

American Bobtail

Tubuhnya besar, berotot dan ciri khas utamanya adalah ekor pendek atau beberapa diantara kita menyebutnya “bundel”, inilah kucing American Bobtail yang berpenampilan unik dan khas. Tubuh besarnya menjadikan kucing ini adalah salah satu jenis kucing terbesar di dunia ini.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: American Bobtail (chipve)

Bobtail yang artinya ekor pendek. Mereka adalah kucing ras asli Amerika. Oleh karena mereka mendapatkan nama American Bobtail yang artinya kucing ekor pendek Amerika. Beberapa penampilan kucing ini nampak liar. Namun bukan berarti mereka memiliki sifat yang liar.

American Curl

Kucing American Curl memiliki penampilan berbeda terutama pada bentuk telinga yang khas yaitu melengkung ke arah belakang. Dikenal sebagai jenis kucing yang aktif dan lincah dengan aktifitas fisik yang tinggi. Mungkin itulah alasan kenapa tubuh mereka ramping dan berotot.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: American Curl (20EURO)

Kucing ini adalah hasil dari mutasi genetik secara alami. Bentuk dan posisi daun telinganya berbanding terbalik dengan kucing Scottish Fold yang melengkung ke dalam. Daun telinga American Curl akan melengkung keluar ke arah belakang.

American Ringtail

Kucing American Ringtail memiliki ekor melengkung ke arah punggungnya. Ekor ini adalah ciri khas yang membuat kucing ini sangat unik. Karena bentuknya yang melengkung menyerupai cincin itulah dia kemudian mendapatkan nama Ringtail alias ekor cincin.

Kucing American Ringtail
Jenis-jenis Kucing: American Ringtail (fidel.catstro)

Kucing American Ringtail yang artinya adalah kucing ekor cincin Amerika. Penampilannya secara umum sama dengan kucing domestik bulu pendek dan hanya ekornya saja yang membuatnya sangat berbeda. Sifatnya juga manis dan sangat ideal dijadikan hewan peliharaan di tengah keluarga.

Kucing American Ringtail adalah kucing yang sangat sosial dan adaptif dan bahkan komunikatif. Kucing ini mudah menerima siapapun di lingkungan mereka. Cocok dengan anak-anak kecil dan bahkan dengan hewan peliharaan lain yang berbeda jenis seperti anjing.

American Wirehair

Bulu mereka nampak acak-acakan atau semrawut, tatapan matanya tajam, namun mereka sangat unik dan masuk dalam jenis kucing langka. Inilah kucing American Wirehair yang namanya seolah menggambarkan keadaan bulu-bulunya.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: American Wirehair (Itachi Silverwolf)

Wirehair atau bulu kawat atau kabel adalah nama yang diperoleh kucing ini. Nama ini jelas menggambarkan kondisi bulu mereka yang mungkin nampak seperti kawat atau kabel yang semrawut. Bahkan bulu mereka sangat terasa kasar dan sulit ketika disentuh.

Aphrodite Giant

Kucing Aphrodite Giant adalah jenis ras kucing yang berasal dari negara Siprus. Jika mendengar namanya, apakah mungkin terpikir bahwa ini adalah kucing Raksasa? Jika dikatakan berukuran raksasa maka tidak. Namun memang ukuran tubuh kucing ini termasuk besar (dan salah satu yang terbesar). Besar dan menawan, dua kata itu mungkin cocok untuknya.

Kucing Aphrodite Giant
Jenis-jenis Kucing: Aphrodite Giant (aphroditegiants)

Tidak perlu diragukan lagi, kucing ini adalah kucing domestik berukuran raksasa sesuai dengan gelar yang dimilikinya. Kucing jantannya memiliki berat badan antara 6 kilogram hingga 11 kilogram dan betinanya 4,5 kilogram hingga 6,5 kilogram.

Arabian Mau

Kucing Arabian Mau adalah salah satu jenis ras kucing kuno dan sudah ada di dunia ini sejak 1000 tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya, nenek moyang kucing ini dulunya tinggal di gurun Jazirah Arab. Bulunya pendek dan memiliki karakter yang sepenuhnya jinak dan ideal untuk dijadikan peliharaan di tengah keluarga.

Kucing Arabian Mau
Jenis-jenis Kucing: Arabian Mau (nixsimages)

Kucing Arabian Mau kuno adalah kucing gurun yang sudah beradaptasi dengan baik dengan kondisi gurun yang ekstrim. Kucing ini adalah jenis ras kucing alami yang artinya mereka berkembang tanpa adanya campur tangan dari manusia. Namun saat ini kucing ini sudah didomestifikasi sepenuhnya dan beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan manusia.

Australian Mist

Kucing Australian Mist adalah jenis ras kucing dengan penampilan tubuh sedang dan ramping. Dikenal memiliki sifat yang manis dan penyayang. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Australia dan merupakan hasil eksperimen manusia untuk mengembangkan kucing jenis baru.

Kucing Australian Mist
Kucing Australian Mist Coklat Marble (Valerie King)

Kucing Australian Mist jika diartikan adalah “Kabut Australia”. Dulunya kucing ini bernama Spotted Mist dan seiring waktu kemudian dirubah menjadi Australian Mist. Berasal dari perkawinan silang antara kucing Abyssinian dan kucing Burma yang seiring waktu juga dicampurkan dengan jenis kucing domestik bulu pendek Autralia.

Balinese

Kucing Balinese bisa dikatakan adalah kucing Siam berbulu panjang. Penampilannya anggun dan cantik namun mereka bukanlah kucing yang berasal dari Bali, Indonesia. Penampilannya yang anggun layaknya penari dari Bali adalah ide nama jenisnya.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Balinese (Lenise Zika)

Warna bulu dan sifatnya sangat identik dengan kucing Siam. Yang membedakan hanyalah bulu-bulu Balinese yang panjang. Kucing ini adalah hasil mutasi spontan dan alami yang terjadi pada kucing Siam.

Bambino

Kucing Bambino adalah kucing kerdil dengan penampilan yang terlihat tanpa bulu. Tubuh tanpa bulu dan kaki pendeknya sudah menyiratkan asal mula kucing ini. Ya, Bambino adalah hasil perpaduan dua jenis kucing yang berbeda. Mereka ada karena adanya campur tangan manusia yang “menciptakan” jenisnya.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Bambino (sammapet)

Kucing Bambino adalah hasil persilangan antara kucing Munchkin dan Sphynx. Hasilnya jelas, kakinya pendek mewarisi Munchkin dan bentuk tubuh lainnya identik dengan Sphynx. Meskipun nampak tidak berbulu, Bambino sebenarnya memiliki bulu-bulu yang super tipis. Beberapa diantaranya bahkan memiliki bulu pendek normal.

Bambino adalah kucing yang dengan aktifitas sangat tinggi. Tingkah lakunya kadang malah terlewat sangat aktif sehingga kerap memporak porandakan rumah pemiliknya. Mereka akan sangat suka ketika diberi mainan khusus untuk melampiaskan energi mereka yang tinggi.

Bengal

Kucing Bengal memiliki penampilan layaknya kucing hutan yang liar atau bahkan seperti macan tutul. Penampilan luarnya yang liar hanyalah “topeng” yang menutupi sifatnya yang jinak seperti kucing domestik pada umumnya.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Bengal

Kucing ini terbentuk dengan adanya campur tangan manusia yang menyilangkan dua jenis kucing berbeda. Mereka adalah hasil persilangan antara kucing domestik (Felis silvestris catus) dan Macan Tutul Asia (Prionailurus bengalensis). Nama Bengal diambil dari nama ilmiah Macan Tutul Asia yaitu Prionailurus bengalensis.

Birman

Kucing Birman bertubuh besar dan panjang serta memiliki mata biru yang menawan. Di negara asalnya, kucing ini adalah hewan yang dianggap suci dan memiliki legenda sendiri. Kucing yang rupawan ini adalah jenis kucing yang bisa menjadi dambaan para pecinta kucing.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Birman

Kucing bermata biru ini memiliki bulu panjang yang halus dan lembut. Dikenal sebagai kucing yang teritorial namun tidak memiliki sifat agresif.

Bombay

Memiliki bulu berwarna hitam solid dan mengkilat serta memiliki tatapan mata yang tajam, inilah kucing Bombay. Bukan berasal dari Bombay, India, dan tidak pula berhubungan dengan bawang bombay, ini adalah kucing yang hadir berkat campur tangan manusia dalam perkawinan silang antar dua jenis kucing yang berbeda.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Bombay (Lance Hudson)

Kucing Bombay adalah percampuran antara jenis Burma dan American Shorthair hitam. Para peternak kucing ketika itu menginginkan kucing dengan penampilan fisik kucing Burman namun berwarna hitam solid. Harapannya adalah kucing dengan penampilan layaknya Macan Tutul Hitam India namun bersifat seperti kucing domestik yang jinak.

Brazilian Shorthair

Kucing Brazilian Shorthair sesuai dengan namanya adalah kucing bulu pendek yang berasal dari Brazil. Ukuran tubuhnya sedang dan mereka adalah kucing yang gesit. Pada mulanya kucing ini adalah kucing liar jalanan yang kemudian dikembangkan menjadi ras kucing tertentu yang lebih “modern”.

Kucing Brazilian Shorthair
Jenis-jenis Kucing: Brazilian Shorthair (orion_e_vega)

Di negara asalnya, nama kucing ini adalah Pelo Curto Brasileiro (kucing bulu pendek Brazil). Kucing adalah kucing yang sosial dan adaptif. Mereka mudah menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan lingkungan baru. Kucing ini juga mudah menerima kehadiran orang asing di sekitar mereka, tidak masalah hidup berdampingan dengan hewan lain seperti anjing dan tidak masalah hidup dengan anak-anak kecil.

British Longhair

Kucing British Longhair adalah kucing dengan tubuh tambun, lucu dan berbulu panjang yang membuatnya nampak seperti boneka. Tidak hanya penampilannya yang menawan, karakteristik kucing ini memiliki karakter yang sangat ideal untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan keluarga.

Kucing British Longhair
Jenis-jenis Kucing: British Longhair (Chris Talentfrei)

Sesuai dengan namanya, kucing British Longhair artinya adalah kucing bulu panjang dari Britania. Kucing ini ada karena hasil campur tangan manusia dalam menyilangkan dua jenis ras kucing yang berbeda. Mereka adalah hasil persilangan antara kucing British Shorthair dan kucing Persia yang memiliki bulu panjang.

British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah kucing dengan penampilan yang lucu dan juga ekspresi wajah yang menggemaskan. Tubuhnya terlihat bulat berisi. Karakternya tenang dan kalem. Cocok bagi Anda yang suka jenis kucing berkarakter tenang dan kalem.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: British Shorthair

Kebanyakan diantara kucing ini tidak akan suka mengikuti pemiliknya, mereka juga kurang suka duduk di pangkuan atau digendong. Mereka lebih suka duduk santai di sebelah pemiliknya. Namun dengan perhatian dan cinta yang tinggi, kucing ini adalah tipe yang setia kepada manusia yang ada di rumahnya.

Burma

Kucing Burmese atau dikenal juga dengan nama kucing Burma adalah kucing yang dikenal aktif dan memiliki kegemaran memanjat. Tatapan matanya ekspresif dengan tubuhnya yang gempal membuat kucing ini terlihat lucu. Selain itu Burmese dikenal memiliki sifat yang manis serta sahabat manusia yang ideal.

Jenis-jenis Kucing
Kucing Burma atau Burmese (Alberto Brigneti)

Kucing Burmese dikenal sebagai jenis kucing yang berorientasi kepada manusia favoritnya. Kucing yang aktif dan memiliki sifat anak kucing yang dibawa hingga usia dewasa. Mereka gemar memanjat dan bermain-main.

Burmilla

Kucing Burmilla pertama kali ditemukan pada tahun 1981 di Inggris. Jenis kucing Burmilla ini pada awalnya muncul secara tidak sengaja. Kucing ini adalah hasil perkawinan silang tanpa sengaja antara kucing Burma dan jenis Persia Chinchilla. Oleh karena itu mereka mendapatkan nama Burmilla yang merupakan gabungan dari Burm (Burma) dan illa (Chinchilla).

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Burmilla (Raymond Ladurantaye)

Kucing manis ini suka dimanja. Mereka adalah tipe kucing yang suka menjadi perhatian, sayang kepada pemiliknya serta enerjik. Mereka adalah kucing yang menyukai ketenangan. Dan jika butuh waktu menyendiri, mereka tidak akan suka diganggu. Seperti bos bukan?

Busok

Kucing Raas Madura atau dikenal juga dengan nama kucing Busok adalah kucing yang berukuran sedang dan cenderung besar dengan warna biru solid (abu-abu gelap). Kucing ini asli dari pulau Raas Madura dan mereka sudah hidup disana sejak lama. Kucing Busok adalah kucing yang elegan dengan karakter yang kuat.

Kucing Busok
Jenis-jenis Kucing: Busok (Hafidz)

Di pulau Raas sendiri, Busok adalah kucing yang diistimewakan. Mereka kerap dijadikan semacam hadiah dan dipelihara oleh para pejabat dan kiai. Busok artinya adalah abu-abu, oleh karena itu kucing Busok abu-abu yang dilahirkan adalah sebuah kado istimewa bagi para pemiliknya.

California Spangled

Kucing California Spangled memiliki penampilan yang terlihat seperti kucing hutan liar dan pola yang eksotis. Sekilas mirip Ocelot atau mungkin Savannah? Mereka tercipta berkat hasil “kreasi” manusia dan memang dikembangkan agar memiliki penampilan layaknya macan tutul namun yang bersifat jinak.

Kucing California Spangled
Jenis-jenis Kucing: California Spangled (cats.daily2020)

Kucing California Spangled adalah hasil persilangan secara berulang-ulang antara beberapa jenis kucing seperti Abyssinian, American Shorthair, British Shorthair, Siam, Manx dan beberapa kucing berbintik yang berasal dari Mesir dan Malaysia. Karena sulitnya proses pembiakannya, jumlah kucing ini sangat sedikit sehingga mereka termasuk kucing yang langka.

Chantilly

Kucing Chantilly-Tiffany atau kadang hanya dikenal dengan nama kucing Chantilly memiliki penampilan yang terlihat anggun dan menawan. Bulunya panjang berpadu dengan sifatnya yang manis menjadikan kucing ini adalah peliharaan yang ideal untuk dipelihara di tengah-tengah keluarga.

Kucing Chantilly-Tiffany
Jenis-jenis Kucing: Chantilly-Tiffany (Ira Panyukova Art)

Kucing ini digambarkan memiliki sifat yang ramah dan penuh cinta. Mereka sangat berorientasi kepada manusia yang artinya kucing ini sangat menikmati hidup berdampingan dengan manusia. Kucing Chantilly-Tiffany akan cenderung terikat kepada orang yang merawatnya dengan baik.

Chartreux

Kucing Chartreux (cara bacanya: shär-true) adalah salah satu ras kucing langka di dunia dan juga salah satu jenis ras kucing kuno.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Chartreux

Nenek moyang Chartreux adalah pemburu yang hebat. Semua keturunan Chartreux saat ini masihlah para kucing pemburu yang hebat. Secara alami mereka sangat menyukai berburu tikus. Tidak hanya jago berburu, kucing Chartreux adalah kucing yang sangat berorientasi pada manusia. Dengan perlakuan yang layak, mereka akan sangat mencintai pemiliknya.

Chausie

Bertubuh besar, panjang, ramping, bertelinga lebar dan berpenampilan eksotis. Inilah kucing Chausie yang menawan. Chausie (dibaca Chow-see) merupakan hasil persilangan antara jenis kucing domestik dan kucing hutan. Awas, anda bisa jatuh hati kepadanya.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Chausie (Ulyana Lunicorne)

Sebagai keturunan kucing hutan yang liar, Chausie memiliki sifat kucing domestik sepenuhnya. Energi kucing ini besar seperti ukuran tubuhnya. Mereka sangat aktif, energik dan hidup layaknya atlet. Diluar energi besar dan kehidupan penuh aktifitas, ada kalanya mereka akan menunjukkan kesantaian dan ketenangan. Chausie juga dikenal sebagai kucing yang ramah dan sayang dengan pemiliknya.

Chinchilla

Kucing Chinchilla adalah kucing berbulu panjang dan berwarna putih. Di ujung bulu-bulunya nampak warna perak dan sebagian terlihat kuning keemasan. Jadi perpaduan putih dan perak pada bulunya membuat kucing Chinchilla terlihat sangat menawan. Apakah sobat pecinta kucing tidak merasa asing dengan bentuk wajahnya?

Kucing Chinchilla
Jenis-jenis Kucing: Chinchilla (MissKawaiiChan)

Jika Anda penggemar kucing, mungkin Anda sudah memperkirakan bahwa kucing ini terlihat seperti kucing Persia jika melihat bulu dan bentuk wajahnya. Jika sobat memiliki pemikiran seperti itu, ada benarnya lho. Kucing ini memang masih memiliki darah Persia dan bahkan nama lainnya adalah Persia Chinchilla.

Chinchilla adalah kucing yang tenang dan lembut. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat manja dan penyayang. Chinchilla akan cenderung setia kepada manusia favoritnya yang mampu merawat dan menyayanginya sepenuh hati.

Cornish Rex

Kucing Cornish Rex memiliki bulu lembut, bergelombang, bertelinga lebar dan penampilan yang menarik. Secara sekilas, penampilan Cornish Rex hampir mirip dengan Devon Rex. Mereka sama-sama dari Inggris dan dari beberapa segi tubuhnya hampir terlihat sama.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Cornish Rex (Mia M)

Cornish Rex terkadang mendapatkan sebutan kucing yang menyerupai anjing dalam sifatnya. Salah satu hal yang mendasari penyebutan ini karena kucing ini suka bermain-main benda yang dilempar pemiliknya dan kemudian membawa kembali benda tersebut.

Cymric

Kucing Cymric adalah jenis kucing dengan bulu panjang dan terlihat tidak memiliki ekor alias bundel. Kucing ini adalah Manx dalam versi bulu panjang. Tidak heran karena memang penampilan serta motif yang dimiliki memang terlihat seperti Manx. Jika Anda suka kucing bundel berbulu panjang, Cymric adalah pilihannya.

Kucing Cymric
Jenis-jenis Kucing: Cymric (chipve)

Kucing Cymric (dibaca: kim-rick) bagi sebagian penggemar kucing tetap dianggap sebagai jenis Manx versi bulu panjang. Beberapa orang lain menganggap ini adalah jenis berbeda dari jenis Manx. Namun apapun yang Anda pilih, hal tersebut tidak menghilangkan kenyataan bahwa kucing ini terlihat menggemaskan.

Kucing Cymric adalah kucing yang aktif. Mereka akan sangat menyukai bermain-main dan memanjat. Dengan aktifitas tingginya, kucing ini akan tetap memiliki waktu santai bersama pemiliknya dengan bersantai di pangkuan orang yang menjadi favoritnya.

Devon Rex

Bulunya bergelombang, tatapan mata yang lebar dengan wajahnya yang mungil, inilah kucing Devon Rex yang merupakan salah satu jenis kucing langka yang ada di dunia ini.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Devon Rex (Janačka)

Kucing ini seolah-olah seperti menjadi sepupu dari kucing Cornish Rex. Namun yang membedakan keduanya adalah bulu-bulu Cornish Rex cenderung lebih keriting merapat, sedangkan bulu-bulu Devon Rex lebih cenderung keriting longgar. Jika hanya dilihat secara sekilas, keduanya nampak seperti kucing yang sama.

Donskoy

Kucing Donskoy adalah kucing tanpa bulu hingga kulitnya terlihat berlipat-lipat. Mirip dengan kucing Sphynx namun keduanya dipastikan tidak berhubungan. Sifatnya manis dan penyayang sehingga beberapa orang menyebut kucing ini sebagai anjing dalam bentuk kucing karena kesetiaannya.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Donskoy (olga_bogema_mirov)

Kucing Donskoy adalah kucing yang cerdas dan memiliki ingatan yang baik diantara jenis kucing lainnya. Mereka bisa dilatih menerima perintah dan trik tertentu. Dengan perawatan yang baik dan penuh kasih sayang, kucing ini akan memberikan kesetiaan kepada pemiliknya.

Dragon Li

Jika mendengar nama Dragon Li, mungkin pikiran Anda akan langsung membayangkan naga dari Cina. Namun jika ini adalah kucing Dragon Li, apakah sobat masih akan mengira ini adalah kucing penjelmaan naga? Dragon Li adalah nama yang keren untuk jenis kucing bukan?

Kucing Dragon Li
Jenis-jenis Kucing: Dragon Li (jordifractal)

Kucing Dragon Li atau nama lainnya adalah Chinese Li Hua adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Cina. Kucing ini adalah ras kucing kuno yang turun temurun berkembang biak dan merupakan ras kucing alami yang artinya mereka berkembang biak tanpa adanya campur tangan manusia.

Kucing Dragon Lin digambarkan sebagai kucing pemburu yang hebat. Hal ini tentu saja wajar karena garis keturunan yang mereka dapatkan dari kucing gunung liar yang bertahan hidup dengan berburu mangsanya. Dargon Li masa kini tetap meneruskan kebiasaan berburu ini dengan menangkap tikus dan hewa pengerat lainnya.

Dwelf

Kucing Dwelf adalah kucing berkaki pendek (mini atau cebol) namun memiliki penampilan khas kucing Sphynx yang terlihat tidak memiliki bulu. Kucing ini ada karena proses perkawinan silang kucing beda jenis yang dilakukan oleh manusia. Penampilannya sangat unik dan khas.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Dwelf (pharaohlandsphynx)

Kucing Dwelf adalah persilangan tiga jenis kucing yang berbeda yaitu Sphynx, Munchkin dan American Curl. Hasilnya? Penampilannya didominasi seperti Sphynx (tanpa bulu), berkaki pendek seperti Munchkin dan telinga melengkung ke belakang khas American Curl.

Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau atau beberapa diantara kita mengenalnya dengan nama kucing Mau Mesir memiliki motif totol di bulunya yang khas. Namun jika kita tidak terlalu paham dan hanya melihatnya secara sekilas, mungkin motifnya menyerupai kucing domestik biasa.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Egyptian Mau (Soon Koon)

Tentu jangan sampai salah mengenali kucing ini ya sobat. Kucing Egyptian Mau bukan kucing “biasa” lho, selain kucing yang mahal, Egyptian Mau adalah salah satu kucing yang langka di dunia ini.

Kucing Mau Mesir ini adalah salah satu ras kucing kuno. Sesuai namanya, pada mulanya mereka mulai diketahui ada sejak jaman Mesir kuno. Banyak jejak sejarah seperti relik, patung dan gambaran khas Mesir yang menggambarkan keberadaan kucing ini ketika itu.

Kucing ini adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya. Dikenal sebagai salah satu ras kucing yang setia. Begitu setianya, mereka cenderung tidak akan mau didekati oleh orang asing yang belum dikenal. Tentu untuk memupuk kesetiaan ini pemiliknya harus memperlakukannya dengan sangat baik.

European Shorthair

Kucing European Shorthair adalah kucing domestik yang sudah dijinakkan sejak ribuan tahun lalu dan mendiami beberapa wilayah di Eropa. Dikenal sebagai kucing yang adaptif, sosial dan setia. Kucing ini cenderung lebih banyak ditemukan di wilayah Skandinavia.

Kucing European Shorthair
Jenis-jenis Kucing: European Shorthair (Christina)

Kucing digambarkan memiliki sifat yang sangat ideal sebagai kucing peliharaan rumahan. Kucing ini aktif dan cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah mereka bisa dilatih untuk menerima perintah-perintah sederhana yang diajarkan secara rutin dan konsisten.

Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair atau mungkin beberapa orang menyebutnya dengan nama kucing Garfield memiliki mata bulat dengan tatapan yang melotot namun memberikan kesan menggemaskan. Perawakan tubuhnya besar, bulu tebal dan empuk. Penampilannya mirip dengan kucing Persia namun memiliki ciri lain yang membuatnya lebih eksotis.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Exotic Shorthair (wokwakPixabay)

Selain penampilannya yang terkesan bak raja dengan kehidupan mewah, kucing Exotic Shorthair memiliki karakter yang manis dan sangat ideal untuk dijadikan kucing peliharaan di tengah keluarga. Perpaduan penampilan dan karakternya menjadikan kucing Exotic Shorthair adalah salah satu jenis ras kucing populer dan paling favorit.

Foldex

Kucing berpenampilan unik dan menarik ini bernama kucing Foldex. Telinganya terlipat ke dalam dan wajahnya datar dengan hidung yang pesek. Jika memperhatikan dua ciri fisik tersebut, mungkin beberapa diantara sobat sekalian sudah bisa menduga jika ini adalah kucing hasil persilangan kucing beda jenis.

Kucing Foldex
Jenis-jenis Kucing: Foldex (celiqocats)

Kucing Foldex adalah hasil persilangan dua jenis kucing yang berbeda. Apakah sobat bisa menebak dari persilangan jenis kucing apakah Foldex ini? Telinganya yang melipat berasal dari Scottish Fold dan wajahnya yang datar serta hidung pesek berasal dari Exotic Shorthair.

Kucing Foldex dikenal sebagai kucing yang memiliki kepribadian menawan dan manis. Hal ini tentu berbanding lurus dengan penampilannya yang juga menawan dan manis. Foldex adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya.

Genetta

Penampilannya eksotis layaknya kucing hutan namun dia “cebol” sehingga terlihat liar dan imut, inilah kucing Genetta. Kucing yang “terbentuk” karena adanya campur tangan manusia yang melakukan perkawinan silang antara kucing Bengal dan kucing Munchkin.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Genetta (mykimchithecat)

Namanya diambil dari jenis hewan bernama Genet (nama ilmiahnya Genetta). Karena penampilan kucing Genetta dan Genet bisa dikatakan cukup mirip dari segi postur tubuh dan motifnya. Yang membedakan hanyalah kucing Genetta jinak sedangkan Genet adalah hewan yang liar.

German Rex

Kucing German Rex adalah jenis ras kucing asal Jerman dengan bulu halus pendek dan bergelombang (ikal). Tubuhnya berukuran sedang dan karakternya yang manis akan membuat pemiliknya makin jatuh cinta padanya. Kucing ini juga sangat aktif dan suka menghabiskan waktu dengan bermain serta bersantai dengan pemiliknya.

Kucing German Rex
Kucing German Rex (se_oneworld_cats)

Kucing German Rex secara genetik identik dengan dua kucing jenis Rex lainnya yaitu Cornish Rex dan Devon Rex. Namun bedanya adalah kucing German Rex langka. German Rex dikenal sebagai kucing yang memiliki kecerdasan cukup baik. Ingatannya yang tajam adalah salah satu penyebab kenapa kucing ini memiliki kecerdasan yang baik. German Rex juga dikenal sebagai kucing yang setia dan sangat menyayangi orang-orang yang merawatnya dengan baik.

Havana Brown

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan kucing Havana Brown. Sebagai salah satu jenis kucing yang langka, kucing ini memang jumlahnya tidak terlalu banyak dan belum terlalu dikenal. Jika kita hanya memperhatikan secara sekilas, mungkin seperti tidak ada yang istimewa di penampilan kucing Havana Brown ini.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Havana Brown (chipve)

Kucing Havana Brown adalah salah satu jenis kucing yang setia dengan pemiliknya. Tentu kita harus memberikan perhatian yang tepat untuk mendapatkan kesetiaannya. Selain itu mereka adalah kucing yang manja, suka bermain, namun ada kalanya mereka suka menyendiri karena mereka adalah kucing yang pendiam.

Highlander

Kucing Highlander penampilannya sangat menonjol dan keren. Tubuhnya besar namun ramping dan atletis. Namun bukan hanya itu saja yang membuatnya nampak keren, perhatikan telinganya yang melengkung dan ekornya pendek alias bundel sehingga penampilannya nampak liar dan eksotis. Dia kucing yang sangat keren kan?

Kucing Highlander
Kucing Highlander (Bonni Taylor)

Kucing Highlander adalah kucing hasil eksperimental. Mereka adalah hasil persilangan dari kucing hibrid yang juga merupakan hasil eksperimen yaitu Desert Lynx dan Jungle Curl. Tidak hanya penampilannya yang unik dan menarik, temperamen kucing Highlander juga jinak dan manis khas kucing domestik.

Himalaya

Kucing Persia Himalaya adalah jenis kucing dengan sepasang mata biru cerah dan warna titik pada rambut panjang atau bulunya. Kucing ini berasal dari persilangan kucing Persia dan kucing Siam. Kucing Persia Himalaya adalah pendamping yang setia dan menyenangkan. Mereka sangat sayang kepada pemiliknya dan bahkan akan menghabiskan banyak waktu untuk berada disamping pemiliknya.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Himalaya (Joseph Morris)

Kucing Persia Himalaya adalah kucing yang sangat menikmati kebersamaan bersama pemiliknya. Ia suka bermain namun mereka tidak akan memporak-porandakan rumah kita. Mereka suka disikat bulu-bulunya dan diusap-usap. Meski mereka suka bermain-main, mereka adalah kucing yang tenang.

Japanese Bobtail

Satu lagi jenis kucing berekor pendek atau bundel. Inilah kucing ekor bundel Jepang atau kucing Japanese Bobtail. Dikenal sebagai kucing yang memiliki kecerdasan dan sifat yang manis. Tubuhnya ramping dan berotot. Ekor bundelnya terlihat seperti ekor kelinci dan memberi kesan menggemaskan.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Japanese Bobtail (eriko_jpn)

Diketahui sebagai kucing yang aktif, adaptif dan cerdas. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang tangguh secara fisik (tahan banting). Kemampuan adaptasi yang baik membuat kucing ini cepat cocok dengan lingkungan baru.

Javanese

Kucing Javanese adalah jenis kucing yang cerdas, gesit dengan tubuh yang ramping serta atletis. Javanese artinya orang Jawa, tapi kucing ini bukanlah kucing yang berasal dari Jawa, Indonesia. Masih segaris dari keturunan kucing Siam, beberapa karakteristik dan sifatnya juga identik dengannya.

Kucing Javanese
Jenis-jenis Kucing: Javanese (Whatwasit)

Jenis kucing Javanese tercipta karena adanya campur tangan manusia. Mereka adalah hasil pengembangan kucing Balinese dan kucing Colorpoint Shorthair (kucing hasil pencampuran antara jenis American Shorthair dan Siam).

Kanaani

Kucing Kanaani adalah kucing berukuran sedang dan bertubuh ramping serta atletis. Penampilannya menyerupai kucing hutan yang liar namun kucing ini sepenuhnya jinak. Mereka ada karena hasil eksperimen manusia. Termasuk jenis ras kucing yang masih “muda”.

Kucing Kanaani
Kucing Kanaani (My love cats)

Sekilas kucing Kanaani akan terlihat seperti kucing Savannah atau Ocicat. Jumlahnya sangat sedikit dan langka karena proses penyilangannya sangat sulit. Kanaani adalah hasil persilangan antara kucing domestik bulu pendek, Abyssinian, dan Bengal. Kucing Kanaani dikenal sebagai kucing yang aktif dan enerjik.

Khao Manee

Kucing Khao Manee memiliki warna putih bersih berkilau seputih salju dengan paras yang anggun dan menawan. Kucing cantik ini adalah jenis ras kucing kuno dan sangat langka. Khao Manee dikenal sebagai kucing yang cerdas dan sangat “berbakti” kepada pemiliknya. Cantik dan setia, perpaduan yang sangat ideal kan?

Kucing Khao Manee
Jenis-jenis Kucing: Khao Manee (ayshazen)

Kucing Khao Manee (dibaca: cow manee) berasal dari Thailand. Sejarah kucing ini panjang dan berliku-liku. Khao Manee memiliki arti kurang lebih adalah “permata putih”. Masyarakat Thailand kuno (hingga saat ini) sangat mempercayai siapapun yang memelihara kucing ini maka kehidupannya akan selalu dinaungi keberuntungan.

Kinkalow

Kucing Kinkalow adalah kucing berkaki pendek alias cebol dengan penampilan yang manis. Kucing ini hadir karena hasil eksperimen seorang peternak kucing yang mengawin silangkan dua jenis kucing berbeda. Anda penggemar ras kucing mini pasti akan menyukai kucing ini.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Kinkalow (cat_in_the_basket)

Kucing Kinkalow adalah hasil perpaduan kucing Munchkin dan American Curl. Hasilnya adalah perpaduan dua kucing yang memang sudah memiliki penampilan rupawan dan menghasilkan perpaduan yang menawan. Telinga khas American Curl dan kaki pendek Munchkin.

Termasuk kucing dengan aktifitas tinggi. Kaki-kaki pendeknya tidak menghalangi sifatnya yang enerjik dan suka bermain-main. Mereka akan sangat menyukai diberi mainan-mainan kecil. Bermain bersama manusia favoritnya adalah hal kesukaannya.

Korat

Penampilannya mirip dengan British Shorthair namun dia berasal dari Thailand, inilah salah satu kucing langka di dunia yaitu kucing Korat. Di Thailand, kucing ini dipercaya sebagai kucing pembawa keberuntungan dan simbol kemakmuran. Oleh karena itu terkadang kucing ini dijadikan sebagai mahar perkawinan agar pengantin mendapatkan hidup yang mapan, makmur dan dinaungi keberuntungan ketika memelihara kucing ini.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Jenis-jenis Kucing: Korat (StefSup)

Korat adalah kucing yang cerdas. Kucing ini juga diketahui setia kepada pemiliknya atau siapa saja yang memberikan perhatian kepadanya. Namun bukan berarti mereka tidak ramah kepada orang asing. Bahkan beberapa kucing ini akan selalu “mengekor” ke orang yang dianggap favoritnya.

Kucing Hutan Norwegia

Gagah, mempesona dan berkharisma, mungkin itu kata-kata yang bisa diungkapkan ketika melihat kucing hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat). Inilah salah satu jenis kucing langka dan juga salah satu jenis kucing terbesar yang ada di dunia ini.

Kucing Hutan Norwegia
Jenis-jenis Kucing: Hutan Norwegia (Tonny Nagtegaal)

Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari hutan yang berada di Norwegia. Di negara asalnya, kucing ini disebut dengan skogkatt (kucing hutan). Meski bertubuh besar, kucing ini termasuk jenis yang aktif. Mereka mewarisi naluri berburu dari nenek moyangnya. Permainan interaktif seperti seolah-olah mengejar mangsa adalah favorit mereka. Kucing ini juga suka melompat dan memanjat.

Kurilian Bobtail

Sobat penyuka kucing ekor pendek atau bundel pasti akan jatuh hati dengan kucing ekor bundel Kurilia ini. Penampilannya menawan dengan ekor bundelnya yang lucu serta tatapan wajahnya yang menggemaskan.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Kurilian Bobtail (Svetlana)

Sekilas kucing ini mungkin mirip dengan kucing Persia yang berekor pendek. Namun bisa dipastikan kucing ini berbeda dengan jenis Persia. Kucing ekor bundel Kurilia atau Kurilian Bobtail adalah salah satu jenis kucing langka.

Lambkin

Kucing mini atau cebol memang selalu terlihat menggemaskan. Salah satunya adalah kucing Lambkin. Dan sama seperti sebagian besar jenis ras kucing mini lainnya yang berasal dari peranakan kucing Munchkin sebagai dasar pengembang biakannya.

Kucing Lambkin
Jenis-jenis Kucing: Lambkin (tom_jerry.coon)

Kucing Lambkin ada karena hasil “kreasi” manusia. Namanya adalah perpaduan antara Lamb (domba) dan Kin (dari Munchkin). Lambkin adalah hasil perpaduan antara kucing Munchkin dan kucing Selkirk Rex. Hasilnya adalah kucing bulu domba yang cebol dan sangat menggemaskan.

LaPerm

Pada pandangan pertama ketika melihat kucing ini, saya yakin sobat akan langsung melihat bulu-bulunya yang nampak semrawut atau acak-acakan. Seperti bulu domba mungkin? Kucing LaPerm adalah salah satu kucing langka lho sobat.

Kucing LaPerm
Jenis-jenis Kucing: LaPerm (mekare_nl)

Secara umum sifat kucing ini manis dan lembut. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang sayang dan setia kepada pemiliknya selama mereka diperlakukan dengan baik sehingga ikatan yang kuat akan terbentuk. Kucing ini suka diperhatikan dan bukan tipe penuntut.

Lykoi

Apa yang sobat pikirkan ketika melihat penampilan kucing Lykoi ini? Apakah mereka mirip werewolf atau manusia serigala jadi-jadian? Kami akan setuju dengan Anda jika punya pikiran seperti itu. Penampilannya “sangar” dan penuh misteri namun sifatnya manis dan cerdas.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Lykoi (~*Nada*~)

Nama Lykoi berasal dari bahasa Yunani yang artinya serigala. Kucing ini “terbentuk” karena mutasi secara alami yang ditemukan pada koloni kucing liar. Jadi mereka ada bukan karena hasil eksperimen manusia yang mengawin silangkan dua jenis kucing yang berbeda jenis.

Mungkin penampilannya terlihat menyeramkan, namun sifatnya sangat ideal untuk menjadi kucing peliharaan. Kucing ini jinak dan sangat menyukai kehidupan di samping pemiliknya.

Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah kucing yang gagah dengan bulu lembut dan tebal. Sebagai salah satu kucing termahal dan juga kucing terbesar yang ada di dunia ini, kucing Maine Coon adalah jenis kucing yang menjadi favorit dan dambaan bagi para pecinta kucing.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Maine Coon (Marcin Krawczyk)

Maine Coon dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat setia, sayang kepada pemiliknya dan memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik. Mereka suka menghabiskan waktu santai bersama dengan orang-orang di sekitarnya. Baik itu duduk bersantai bersama atau mengikuti pemiliknya tidur.

Manx

Kucing Manx adalah kucing dengan penampilan yang terlihat bulat dengan badan yang gempal. Ekornya bundel sekilas membuat Manx terlihat seperti kucing American Bobtail. Kucing ini memiliki sifat sosial dan sangat menikmati hidup berdampingan dengan siapapun di sekitarnya.

Kucing Manx
Jenis-jenis Kucing: Manx (Roger Wasley)

Kucing Manx berasal dari pulau Man yang terletak di Laut Irlandia (berada di antara Inggris dan Irlandia). Termasuk jenis kucing yang tua karena sudah diketahui ada sejak tahun 1500-an. Ekornya pendek (bundel) atau bahkan beberapa kucing Manx tidak memiliki ekor (bagian tempat ekor tumbuh terlihat rata).

Kucing Manx memiliki kepribadian yang sangat ideal sebagai hewan peliharaan. Dengan perhatian penuh kasih sayang dan perawatan yang baik akan dibalas dengan kasih sayang dan juga kesetiaan. Kucing Manx sangat berorientasi kepada orang yang menyayanginya dengan sepenuh hati.

Mekong Bobtail

Kucing ekor bundel ini bernama kucing Mekong Bobtail. Mendengar namanya, mungkin sobat sudah bisa menebak darimana kucing ini berasal? Jika sobat penggemar kucing dengan ekor bundel, Mekong Bobtail mungkin bisa membuat Anda jatuh hati dengan penampilan dan temperamennya.

Kucing Mekong Bobtail
Jenis-jenis Kucing: Mekong Bobtail (__mihi64__)

Kucing Mekong Bobtail nenek moyangnya berasal dari negara Thailand. Dulunya kucing ini bernama kucing Thailand dan termasuk jenis ras kucing alami (berkembang tanpa campur tangan manusia). Mekong Bobtail dikenal sebagai kucing dengan karakter yang setia, penyayang, dan cerdas.

Minskin

Tubuhnya mini alias cebol, namun penampakannya seperti kucing Sphynx. Apakah ini kucing Sphynx cebol? Inilah kucing Minskin yang wajahnya mungkin terlihat “mengerikan” bagi sebagian orang.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Jenis-jenis Kucing: Minskin (Just4 Pet Care)

Minskin adalah salah satu jenis kucing langka yang ada di dunia ini. Kucing ini memiliki penampilan jenis Sphynx namun memiliki tubuh cebol seperti Munchkin. Ya, kucing Minskin adalah hasil perpaduan antara kucing Sphynx dan Munchkin.

Munchkin

Kucing berkaki pendek, imut dan terkesan mewah. Inilah kucing Munchkin yang akan membuat Anda para pecinta kucing jatuh hati. Kaki pendeknya terjadi karena mutasi genetik secara alami dan sudah ada sejak satu dekade. Kucing kaki pendek ini kemudian menjadi cikal bakal keturunan Munchkin yang ada di masa kini.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Munchkin (Agent Pepper)

Kucing Munchkin adalah kucing yang sosial, ramah dan berorientasi kepada orang-orang yang merawatnya dengan baik. Manja dan penuh cinta serta kesetiaan akan mereka berikan sebagai tanda “bakti” atas perawatan yang penuh kasih sayang.

Napoleon

Kucing Napoleon atau juga dikenal dengan nama kucing Minuet adalah hasil persilangan antara kucing Munchkin dan kucing Persia. Hasilnya adalah kucing berbulu panjang khas Persia dengan kaki pendek khas Munchkin.

Jenis-jenis kucing
Kucing Napoleon atau Minuet (Jaime Carter)

Sifatnya berbanding lurus dengan penampilannya yang manis. Napoleon adalah kucing yang berorientasi kepada pemiliknya dan setia. Tentu kita harus merawat dan memberikan kasih sayang yang cukup supaya mereka sayang dan setia kepada pemiliknya.

Nebelung

Kucing Nebelung mungkin bisa dikatakan kucing Russian Blue versi bulu panjang. Warna bulu dan pola wajah yang sama namun hanya saja bulu Nebelung panjang dan Russian Blue pendek. Dan ternyata kedua kucing ini masih memiliki keterkaitan sejarah.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Nebelung (Ilya Arte)

Kucing Nebelung (dibaca nay-be-lung) namanya diambil dari bahasa Jerman yang artinya kurang lebih adalah “mahluk kabut”. Penamaan ini didasarkan dari penampilan bulu mereka yang berwana biru keperakan serta berkilau yang mungkin terlihat seperti kabut yang tebal.

Ocicat

Jika sobat adalah seorang pengagum macan namun tidak berencana untuk memelihara macan, pertimbangkanlah untuk memelihara kucing Ocicat. Kucing Ocicat memiliki motif mirip dengan macan.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Ocicat (Linda Peall)

Pada mulanya kucing Ocicat dikembangkan biakkan lebih berawal dari sebuah “kecelakaan”. Ketika itu peternak kucing di Amerika mencoba mengembangkan kucing Siam yang memiliki warna yang berbeda. Peternak mengawinkan silang antara kucing Siam dengan kucing Abisinia dan hasilnya adalah anak kucing berbintik-bintik dengan kepribadian yang luar biasa, tetapi terlihat liar dan berbahaya. Mereka kemudian menamakannya “Ocicat” dimana nama ini adalah perpaduan nama “Ocelot” dan “Cat”.

Ojos Azules

Kucing Ojos Azules berasal dari bahasa Spanyol yang artinya bermata biru. Kucing ini memang bermata biru tua yang terlihat sangat memukau. Dikenal sebagai kucing yang aktif serta ramah dan tingkat adaptasi yang sangat baik.

Kucing Ojos Azules
Jenis-jenis Kucing: Ojos Azules

Kucing ini adalah jenis langka karena jumlah dan keberadaannya sangat sedikit dan tidak menyebar. Meski namanya menggunakan bahasa Spanyol, kucing ini sebenarnya bukanlah berasal dari Spanyol.

Oregon Rex

Oriental

Kucing Oriental Shorthair memiliki penampilan yang elegan, ramping dan bertelinga lebar. Masih memiliki garis keturunan dari jenis Siam dan memiliki sifat yang cerdas. Unik sekali bukan penampilannya?

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Oriental Shorthair (Wiktor Kettel)

Mereka memiliki bakat sebagai kucing yang vokal khas kucing Siam. Jenis ini cocok bagi sobat yang bisa mencurahkan waktu dengan memberi perhatian yang banyak. Hal ini dikarenakan Oriental Shorthair adalah kucing yang sangat berorientasi kepada pemiliknya, suka menuntut perhatian, manja dan penuh kasih sayang.

Persia

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang paling populer di dunia ini terutama di Indonesia. Daya tarik yang membuatnya dicintai banyak kalangan adalah bulu panjang lebat, hidung pesek yang unik, ekspresi wajah yang menggemaskan dan memiliki kepribadian yang manis.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Persia (Fernando Azevedo)

Kucing Persia adalah pribadi yang lembut dan manis. Jenis kucing yang lebih menyukai lingkungan tenang. Perlakuan yang layak akan mereka balas dengan penuh cinta dan kasih. Hari-hari mereka akan dilalui dengan kegiatan bersantai.

Peterbald

Mungkin penampilan kucing ini nampak aneh? Atau mungkin sobat melihat secara sekilas dan mengira ini adalah kucing Sphynx? Kucing berpenampilan unik ini adalah kucing Peterbald. Kucing langka yang berasal dari Rusia.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Peterbald (Konstantin Sutyagin)

Kucing Peterbald dikenal sebagai kucing yang cerdas, ramah, manja, dan sosialisasi yang bagus. Selain itu, kucing ini juga dikenal setia kepada pemiliknya layaknya anjing setia kepada tuannya. Bahkan ada ungkapan kalau kucing ini adalah “anjing yang berbentuk kucing” karena sifat setianya tersebut.

Pixie Bob

Kucing Pixie Bob (Pixiebob, Pixie-Bob) adalah kucing berekor pendek (bundel) yang memiliki sifat manis dan manja. Tubuhnya kokoh, gempal dan berotot yang sekilas mirip kucing liar Bobcat. Jika sobat pecinta kucing bundel, Pixie Bob akan menggoda Anda untuk memilikinya.

Kucing Pixie Bob
Jenis-jenis Kucing: Pixie Bob (oho.com.vn)

Kucing Pixie Bob adalah (rumornya) keturunan kucing liar dan kucing domestik. Menurut cerita, kucing ini adalah hasil perkawinan silang secara alami tanpa campur tangan manusia antara kucing domestik bulu pendek dan kucing hutan liar Amerika (Bobcat).

Penampilannya yang menyerupai kucing hutan liar berbanding terbalik dengan sifatnya yang sangat berorientasi kepada pemiliknya. Pixie Bob adalah kucing yang manja dan setia asal dirawat dengan penuh kasih sayang.

Ragamuffin

Kucing Ragamuffin penampilannya mencolok dengan ukuran tubuhnya yang besar. Ukuran tubuhnya yang “jumbo” membuat kucing ini masuk dalam jajaran jenis kucing terbesar yang ada di dunia ini. Jangan tertipu dengan kebongsorannya, kucing ini manja seperti bayi yang suka merajuk.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Ragamuffin (flashfix)

Jika sobat tidak teliti, secara sekilas kucing ini beberapa motifnya mirip dengan kucing Ragdoll. Keduanya memiliki tubuh sama besar dan bisa dikatakan masih terkait dalam beberapa aspek. Namun Ragamuffin lebih memiliki corak beraneka ragam.

Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah kucing dengan penampilan yang cantik dan anggun. Ekspresi wajah mereka manis, bulu-bulu panjang yang halus dan mata biru adalah perpaduan keelokan yang akan membuat sobat terpana. Tidak ada kata lain selain “wow” ketika kita memandangi kucing ini.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Ragdoll (Brad Kent)

Tubuhnya yang besar menjadikan mereka sebagai salah satu jenis kucing terbesar yang ada di dunia ini. Ragdoll adalah salah satu jenis kucing favorit di kalangan para pecinta kucing. Tahukah Anda bahwa kucing ini masih memiliki ikatan darah dengan kucing Ragamuffin?

Russian Blue

Kucing Russian Blue adalah kucing dengan penampilan biru keperakan yang berkilau. Matanya menjadi salah satu ciri khas uniknya yang berwarna hijau menyala. Tubuhnya kekar dan berotot namun sifatnya sangat lembut dan sayang kepada orang-orang di sekitarnya.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Russian Blue (|Sarah|)

Kucing Russian Blue dikenal sebagai kucing dengan karakter tenang dan lembut serta berorientasi kepada manusia yang merawatnya dengan baik. Dengan perawatan yang penuh cinta, Russian Blue akan membalasnya dengan kesetiaan dan kepatuhan.

Savannah

Penampilannya sangat eksotis, mirip dengan kucing liar atau seperti macan tutul yang hidup di alam liar. Namun dia jinak dan sangat menggiurkan untuk dimiliki. Inilah kucing Savannah yang tidak akan berhenti membuat sobat terkagum-kagum.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Savannah (Dream Source Studio)

Kucing eksotis ini menyandang gelar sebagai salah satu kucing termahal di dunia dan memiliki telinga lebar. Meskipun mereka berasal dari Serval yang liar, namun dominasi kepribadian mereka lebih mirip dengan kucing domestik.

Scottish Fold

Kucing Scottish Fold memiliki ciri unik di telinganya yang berukuran kecil dan terlipat ke dalam. Ekspresi wajahnya juga terlihat lucu dan menyenangkan. Sesuai dengan namanya, kucing berasal dari Skotlandia. Tubuhnya yang tambun semakin membuatnya terlihat menggemaskan.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Scottish Fold (Serge Katzmann)

Mendapatkan nama sesuai dengan asal kemunculan dan ciri khusus telinganya. Scottish Fold yang diterjemahkan secara kasar berarti “orang Skotlandia yang melipat”. Namun tentu maksudnya adalah kucing yang berasal dari Skotlandia dengan telinga melipat (kucing lipat Skotlandia).

Selkirk Rex

Apa yang sobat pikirkan ketika pertama kali melihat kucing Selkirk Rex? Apakah ini kucing bulu domba? Ataukah ini domba dalam bentuk kucing? Kucing ini memang memiliki bulu seperti domba sehingga membuatnya terlihat unik dan lucu.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Selkirk Rex (Sprinteur)

Termasuk kucing yang aktif. Mereka akan menikmati waktu bermain-main dan bersenang-senang dengan manusia favoritnya. Ada kalanya mereka akan menuntut untuk diperhatikan. Oleh karena itu kucing ini tidak suka diabaikan dan hidup dalam kesendirian.

Serengeti

Jika dilihat hanya secara sekilas, kucing Serengeti mungkin terlihat seperti kucing Savannah. Namun keduanya dipastikan berbeda jenis. Jika Savannah adalah keturunan Serval yang liar, maka Serengeti adalah jenis kucing hasil persilangan sesama kucing domestik.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Serengeti (spotted_felines_sarah)

Kucing Serengeti adalah hasil persilangan antara kucing Oriental Shorthair dan Bengal. Jumlahnya tidak banyak sehingga kucing ini dikategorikan sebagai salah satu jenis kucing langka di dunia ini. Secara umum Serengeti adalah kucing yang ramah, tingkat aktifitas yang sangat tinggi, mereka akan sangat suka bermain-main seperti memanjat dan berlarian, serta termasuk kucing yang vokal (berisik).

Serrade Petit

Seychellois

Nama kucing Seychellois mungkin terdengar asing bagi sebagian dari kita. Kucing ini memang termasuk langka karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak. Namun jika melihat penampilannya, kucing ini memiliki pola dan warna seperti kucing Siam namun memiliki tubuh ramping serta kepala “tipis” dan lonjong.

Kucing Seychellois
Jenis-jenis Kucing: Seychellois (Robert Urbaniak)

Kucing Seychellois ada karena campur tangan manusia. Kucing ini adalah hasil beberapa kali percobaan kawin silang antara kucing Siam, Persia, dan Oriental Shorthair. Kucing yang berasal dari Inggris ini awalnya dibiakkan karena terinspirasi oleh penampilan kucing lokal yang ada di Kepulauan Seychelles, Madagaskar.

Siam

Kucing Siam adalah kucing dengan penampilan yang manis, suka mengobrol, manja, penuh kasih sayang dan wajahnya seolah-olah memakai topeng. Apakah dia akan berangkat menuju pesta topeng sungguhan?

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Siam (yasemen turkalp)

Wajah gelapnya adalah salah satu penampilan khas kucing ini. Ras ini adalah salah satu jenis kucing yang paling populer di dunia ini termasuk di Indonesia. Jumlahnya banyak tersebar di seluruh penjuru dunia baik sebagai kucing peliharaan dan juga bahkan bernasib sebagai kucing liar di jalanan.

Siam adalah salah satu jenis kucing paling vokal (baca: berisik). Mereka tidak segan akan menyuarakan perasaan dan berusaha keras membangun komunikasi dengan siapa saja yang ada di sekitarnya terutama pemiliknya. Terutama dengan hal yang menyangkut rayuan meminta makanan.

Siberia

Kucing Siberian atau kucing Siberia adalah kucing hutan yang berasal dari Siberia, Rusia. Tubuh besar, gagah dengan bulu panjangnya membuat kucing ini terlihat sangat rupawan. Dikenal sebagai salah satu jenis kucing terbesar di dunia, sobat pecinta kucing pasti jatuh hati dengan kucing ini.

Kucing Siberia
Jenis-jenis Kucing: Siberia (Hilde C.)

Kucing ini habitat aslinya hidup dalam iklim hutan yang keras. Udara dingin ekstrim Rusia memberikan alasan kenapa bulu-bulu mereka tebal dan panjang. Meskipun mereka memiliki nenek moyang kucing hutan yang liar, saat ini kucing Siberian sudah didomestikasi sepenuhnya dan menjadi peliharaan.

Singapura

Kucing Singapura adalah kucing dengan ukuran tubuh yang kecil dan mungil. Kucing ini adalah salah satu jenis kucing mini yang ada di dunia ini. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Singapura. Jika sobat penggemar kucing imut, kucing Singapura bisa menjadi pilihan Anda.

Kucing Singapura
Jenis-jenis Kucing: Singapura (cheesewz)

Dibalik tubuhnya yang mungil, kucing Singapura memiliki mata bulat besar dan ekspresif. Selain itu kepribadiannya sangat manis sehingga sangat ideal untuk dijadikan sebagai kucing peliharaan di tengah keluarga. Pada awalnya dikenal sebagai kucing jalanan di Singapura, saat ini kucing ini menjadi salah satu favorit peliharaan.

Kucing Singapura adalah jenis kucing yang ramah dan sosial. Mereka tidak terikat kepada satu orang saja. Mereka akan mencintai orang yang merawat dirinya dengan baik. Rasa cintanya akan ditunjukkan dengan menghabiskan waktu santai dengan duduk di pangkuan manusia favoritnya.

Skookum

Kucing Skookum adalah kucing kerdil dengan penampilan bulu yang nampak acak-acakan. Penampilannya tentu terlihat imut dan unik. Mungkin kaki pendeknya mengingatkan sobat kepada kucing kerdil yang sudah sangat populer yaitu Munchkin? Skookum adalah keturunannya oleh karena itu kakinya pendek khas Munchkin.

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Skookum (rui.niko322)

Kebanyakan kucing kerdil kaki pendek diambil dari garis keturunan kucing Munchkin. Kucing Skookum adalah hasil kawin silang antara Munchkin dan kucing LaPerm yang memiliki bulu keriting acak-acakan. Hasilnya adalah kucing berkaki pendek dengan bulu keriting.

Kucing Skookum adalah kucing yang aktif dan enerjik. Kaki-kaki pendeknya tidak menghalangi aktifitasnya. Saat-saat aktifnya akan digunakan untuk bermain-main. Mereka suka memanjat meski hanya sebatas memanjat meja, kursi atau sofa. Karena ketinggian adalah tantangan yang harus mereka taklukkan.

Snowshoe

Kucing Snowshoe adalah kucing dengan penampilan yang khas. Salah satunya adalah pola di wajahnya yang seolah kucing ini seperti memakai topeng. Beberapa orang menyebutnya seolah memakai “topeng Batman”. Banyak hal menarik lain dari kucing bermata biru dan berpenampilan manis ini.

Kucing Snowshoe
Jenis-jenis Kucing: Snowshoe (Muhammad Qaddorah)

Kucing yang sangat menyukai perhatian, jika diabaikan semakin keras dia berusaha mencari perhatian pemiliknya. Terikat dengan orang-orang yang berada di rumah tempat tinggalnya namun dia akan tahu siapa manusia favoritnya.

Sokoke

Bagi kita yang mungkin kurang terlalu paham dengan penampilan dan jenis kucing, dengan melihat secara sekilas penampilan kucing Sokoke, mungkin kita bisa saja mengira kucing ini adalah kucing domestik biasa. Namun jangan salah ya sobat, kucing ini adalah salah satu jenis kucing yang langka lho.

Kucing Sokoke
Jenis-jenis Kucing: Sokoke (pretty,strange)

Meskipun kucing ini habitat alaminya adalah hutan, namun proses domestikasi sudah dilakukan pada kucing ini. Sokoke adalah kucing keluarga. Kepribadian mereka adalah “terikat” dengan pemiliknya layaknya manusia dengan anjingnya.

Mereka juga kucing yang cukup cerdas sehingga bisa diajari beberapa trik, cocok dengan anak-anak dan memiliki sifat adaptasi yang sangat baik sehingga cocok jika dipelihara bersamaan dengan peliharaan lain seperti contohnya anjing.

Somali

Kucing Somali adalah kucing dengan penampilan yang menawan dan mempesona. Salah satu ciri khas yang membuatnya menonjol adalah ekornya yang berbulu lebat menyerupai “kemoceng” atau kuas berukuran besar. Penampilannya secara sekilas mirip dengan rubah.

Kucing Somali
Jenis-jenis Kucing: Somali (Finn Frode)

Warna dan pola kucing Somali identik dengan Abyssinian. Bisa dikatakan Somali adalah kucing Abyssinian versi bulu panjang. Memang keduanya masih memiliki ikatan nenek moyang yang sama. Jika Anda penggemar Abyssinian namun ingin yang berbulu panjang, kucing Somali adalah pilihannya.

Kucing Somali adalah kucing yang aktif dan enerjik. Tingkahnya akan membuat pemiliknya mencintainya. Dari kecil hingga usia dewasanya, kebiasaannya dalam menikmati waktu bermain tidak akan pernah hilang.

Sphynx

Bagaimana kesan sobat ketika pertama kali melihat kucing Sphynx ini? Apakah aneh, unik, eksotis atau yang lainnya? Apapun pendapat sobat, yang pasti pandangan pertama ketika melihat kucing ini adalah tidak memiliki bulu dan termasuk kucing bertelinga lebar.

Jenis-jenis kucing
Kucing Sphynx (PENTA MINOL)

Bagi sobat pecinta kucing yang memiliki penampilan tidak biasa, memelihara kucing Sphynx bisa menjadi salah satu kebanggaan dan kenikmatan yang luar biasa. Banyak alasan kenapa kucing ini bisa menjadi peliharaan yang favorit dan ideal.

Kucing ini manja, suka menjadi pusat perhatian, dan sangat sayang kepada pemiliknya. Mereka suka bermanja-manja dengan pemiliknya. Selain itu mereka suka mengikuti kemana pemiliknya berada. Kegiatan yang dilakukan pemiliknya juga akan memancing rasa ingin tahunya.

Suphalak

Kucing berwarna coklat kemerahan dengan pola solid serta nampak mengkilat ini adalah kucing Suphalak. Bulunya akan terlihat kemerahan ketika berada di tempat yang sangat terang. Suphalak adalah jenis ras kucing alami dan salah satu ras kucing kuno Thailand.

Kucing Suphalak
Kucing Suphalak (lee_faan)

Kucing Suphalak termasuk jenis kucing alami yang artinya adalah mereka berkembang biak secara alamiah tanpa adanya campur tangan manusia. Dikenal sebagai salah satu ras kucing kuno yang berasal dari Thailand. Penampilannya identik dengan kucing Havana Brown. Kucing ini dikenal setia dan memiliki karakteristik yang manis. Dan kucing Suphalak adalah jenis kucing yang langka.

Tonkin

Kucing Tonkin atau kucing Tonkinese adalah salah satu jenis kucing yang langka. Penampilan fisik mereka seperti kucing Siam. Jenis ini adalah kucing hasil percampuran tangan manusia. Meski hasilnya seperti Siam, namun Tonkin adalah jenis yang berbeda. Kucing Tonkin adalah hasil persilangan antara kucing Siam dan Burma. Keduanya identik dari segi warnanya.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Jenis-jenis Kucing: Tonkin (S. Liam Read)

Tonkin mewarisi sifat manis dan manja khas dari Siam dan Burma. Tonkin adalah kucing yang manja, menuntut perhatian (jangan heran kalau mereka suka dipangku), berorientasi pada pemiliknya, aktifitas cukup tinggi, cukup cerdas dan mereka adalah kucing yang vokal meski suara mereka lebih pelan dari Siam.

Toyger

Kucing Toyger memiliki warna dan pola bulu mirip dengan harimau, namun dia adalah kucing rumahan yang jinak dan memiliki sifat sebagai kucing peliharaan keluarga. Toyger adalah kucing hasil kawin silang dengan tujuan agar berpenampilan semirip mungkin dengan harimau namun bersifat jinak.

Kucing Toyger
Kucing Toyger (v.tanke)

Dari percampuran jenis kucing apakah Toyger ini? Kucing Toyger adalah hasil perkawinan silang antara kucing Bengal dengan kucing tabby domestik bulu pendek. Itulah mengapa kucing ini memiliki penampilan seperti kucing liar karena didapatkan dari Bengal yang eksotis.

Mungkin kucing ini terlihat seperti kucing hutan yang liar. Namun Toyger adalah kucing domestik sepenuhnya. Sifatnya manja, jinak dan penuh kasih sayang. Cinta dan kasih sayang yang diberikan pemiliknya akan dibalas dengan kesetiaan.

Turkish Angora

Kucing Turkish Angora adalah kucing yang sangat rupawan dengan karakter yang manis. Beberapa diantara kucing ini memiliki mata biru dan odd-eye yang makin membuatnya terlihat menawan. Sobat pasti akan jatuh hati kepadanya.

Kucing anggun ini adalah tipe yang aktif, lincah dan gesit. Mereka sangat suka suka bermain-main meski hanya permainan lempar bola. Kucing ini sangat berorientasi kepada pemiliknya dan termasuk jenis yang setia. Namun untuk mendapatkan kesetiaannya, perlakukan kucing ini dengan penuh cinta dan perhatian penuh.

Jenis Kucing Langka di Dunia
Kucing Turkish Angora (portraityogi)

Kucing Turkish Angora atau Angora sangat berbeda dengan kucing yang biasa disebut Anggora atau Persia dan kucing bulu panjang lainnya. Saat ini dalam masyarakat masih banyak kekeliruan yaitu semua kucing berbulu panjang = Anggora.

Penyebutan Anggora pun salah, yang betul adalah Angora. Dan sobat harus tahu bahwa Turkish Angora murni jauh berbeda dengan kucing Persia atau bulu panjang lainnya.

Turkish Van

Elegan, menawan dan “berwibawa” mungkin adalah gambaran yang tepat ketika kita melihat kucing Turkish Van atau kucing Van Turki. Kucing ini bisa menjadi jenis kucing impian bagi sebagian besar pecinta kucing.

Jenis-jenis kucing
Jenis-jenis Kucing: Turkish Van (kate wiltshire)

Di Turki sendiri kucing Turkish Van adalah “harta nasional”. Ras murni kucing ini tidak diperbolehkan keluar dari Turki. Mereka hanya dikembang biakkan di kebun binatang Ankara. Jika saat ini ada beberapa jenis Turkish Van yang tersebar di berbagai belahan dunia, maka ras tersebut adalah Turkish Van yang dikembang biakkan dan berasal dari Eropa.

Kucing Turkish Van adalah kucing yang cerdas, enerjik, gesit dan aktif. Selain suka dengan air, mereka juga suka bermain dengan pemiliknya. Kucing ini juga dikenal berorientasi kepada pemiliknya dengan selalu menuntut perhatian. Dan mereka adalah kucing yang vokal alias berisik.

Ukrainian Levkoy

Kucing Ukrainian Levkoy atau kucing Levkoy Ukraina adalah salah satu jenis ras kucing tanpa bulu yang terlihat unik. Namun ada 1 ciri khas utama kucing ini yang membedakan dengan jenis kucing botak lainnya. Kucing ini memiliki telinga yang melipat ke bagian depan. Sobat tahu darimana asal telinga yang melipat ini?

Jenis-jenis Kucing
Jenis-jenis Kucing: Ukrainian Levkoy (cosmolunya)

Telinganya yang melipat didapatkan dari jenis kucing Scottish Fold. Ya, kucing ini adalah jenis yang didapatkan dari persilangan dua kucing berbeda jenis. Tampilan tanpa bulunya didapatkan dari kucing Donskoy. Jadi, kucing Ukrainian Levkoy adalah hasil persilangan Donskoy dan Scottish Fold.

Kucing ini berorientasi kepada manusia favoritnya. Artinya adalah, Ukrainian Levkoy akan memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang merawatnya. Mereka akan sangat menikmati duduk di pangkuan dan ikut tidur bersama pemiliknya. Tingkat aktifitasnya juga tinggi.

York Chocolate

Daftar jenis-jenis kucing akan kami tutup dengan kucing York Chocolate. Kucing York Chocolate atau cukup dikenal juga dengan nama kucing York adalah jenis kucing dengan warna bulu coklat gelap atau lavender. Dilihat namanya mengandung kata “York” sudah bisa ditebak jika kucing ini berasal dari New York, Amerika. Kucing ini dikenal sosial, penyayang, dan suka bermain.

Kucing York Chocolate
Jenis-jenis: Kucing York Chocolate (kiki.harriet)

Kucing York Chocolate memiliki kepribadian yang sangat ideal untuk dijadikan peliharaan keluarga. Kucing ini memiliki tingkat aktifitas yang cukup. Bukan tipe penuntut dan cerewet namun akan menunjukkan protes kalau kotak makanannya kosong.

Kucing ini dikenal sangat manja, setia dan penuh kasih sayang. Mereka akan sangat menyukai duduk di pangkuan pemiliknya ataupun hanya sekedar tiduran santai di samping pemiliknya. Dengan perawatan yang penuh kasih sayang, kucing ini akan membalasnya dengan kesetiaan.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar