jenis jenis kucing persia
Jenis jenis kucing persia

Jenis-Jenis Kucing Persia Terpopuler

Posted on

KucingMania.net – Dengan mantel bulu panjangnya dan wajah gepeng yang lucu, kucing Persia adalah salah satu ras kucing domestik yang paling dikenal di seluruh dunia. Kucing Persia masih memiliki beberapa jenis, dengan sejumlah peranakan yang telah dikembangkan, ada beberapa jenis-jenis kucing Persia yang tersebar di seluruh dunia. Sesuai namanya, kucing ini berasal dari Persia atau Farsi, sebuah negara yang sekarang dikenal sebagai Iran. Selama bertahun-tahun pembiakan yang selektif telah menciptakan banyak jenisnya.

Kucing Persia adalah kucing yang tenang. Mereka tidak suka melakukan hal-hal seperti memanjat atau melompat. Mereka lebih suka bersantai dan berbaring menikmati hari mereka. Ciri khas kucing Persia adalah memiliki bulu tebal panjang, kepala lebar, tubuh berotot bertulang dan kaki pendek. Mereka memiliki mata besar dan moncong yang lebih pendek. Dalam beberapa kasus, dahi, hidung dan dagu akan berada dalam posisi vertikal sehingga wajah akan sangat datar. Mereka juga memiliki telinga yang lebih kecil.

Karena bulunya yang panjang dan tebal, kucing Persia lebih banyak menuntut untuk diperhatikan perawatannya. Mereka tidak bisa membersihkan bulu mereka sendiri. Mereka harus dimandikan setidaknya satu kali dalam seminggu. Jika tidak, bulu-bulu mereka akan menjadi kusut. Jika sudah terlalu panjang pun juga disarankan untuk melakukan pencukuran pada bulu-bulu mereka.

Ada beberapa jenis-jenis kucing Persia yang tersebar di dunia. Berikut inilah beberapa jenis-jenis kucing Persia yang saat ini menjadi idola para penyayang kucing Persia.

Jenis-jenis Kucing Persia

#1. Himalaya

Himalaya adalah kucing persilangan antara kucing Siam dengan kucing Persia. Kucing memiliki mantel bulu panjang Persia, moncong pendek dan ciri fisik khas Persia, sementara tetap mempertahankan warna lapisan warna dari kucing Siam. Mereka diberi nama Himalaya karena warna kucing ini pada awalnya sangat mirip dengan warna kelinci Himalaya.

Jenis-jenis kucing Persia
Kucing Persia Himalaya (foto oleh vetstreet)

#2. Exotic Shorthair

Exotic Shorthair adalah jenis kucing Persia dengan bulu pendek. Kucing ini adalah campuran kucing Persia dengan kucing Shorthair Amerika untuk menciptakan kucing yang terlihat seperti Persia tetapi memiliki bulu berciri Shorthair.

Jenis-jenis kucing Persia
Kucing Persia Exotic Shorthair

#3. Chinchilla

Chinchilla adalah jenis khusus dari kucing Persia (dikenal sebagai Persia Perak). Pada mulanya kucing Persia jenis ini dikembangbiakkan oleh peternak kucing Persia yang berada di Amerika. Pada mulanya, jenis ini hanya memiliki warna perak. Namun seiring waktu, Chinchilla sekarang hadir lebih dari sekedar warna perak karena ada yang berwarna emas.

Jenis-jenis kucing Persia
Kucing Persia Chinchilla (foto oleh catnipsum)

#4. Persia Tradisional/Klasik dan Modern

Kucing Persia tradisional juga dikenal sebagai Persia berwajah boneka, klasik atau kuno. Kucing Persia tradisional adalah salah satu dari dua jenis kucing Persia utama yang ditemukan di seluruh dunia. Kucing-kucing ini dikenal karena ciri-ciri mereka yang berbeda dengan kucing Persia lainnya dimana tampilan hidungnya yang runcing. Sedangkan kucing Persia modern dengan moncongnya yang pendek. Terlihat awal kali pada sekitar tahun 1950-an ketika itu terjadi mutasi spontan di antara sekelompok kucing merah dan Persia menyebabkan wajah mereka terlihat mirip dengan ras anjing Peking.

Jenis-jenis kucing Persia
Kucing Persia Tradisional (foto thecatsite)

Baca juga: Informasi Tentang Kucing – Penggemar Wajib Baca!

Dari berbagai jenis-jenis kucing Persia diatas, jenis kucing ini bukanlah pilihan terbaik untuk dipelihara di rumah yang penuh anak-anak dan hewan peliharaan lain seperti anjing dengan suasana yang riuh. Kucing Persia menyukai suasana yang tenang. Meski ada anak-anak di sekitar mereka sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah selama kondisi lingkungannya tenang. Bahkan kucing Persia suka menjadi objek perhatian anak-anak dengan membelainya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar