Jenis-jenis Kucing Peliharaan yang Populer dan Favorit

Kucing telah hidup dengan manusia melalui berbagai waktu dan budaya, beberapa jenis diantaranya dipilih dan dikawinkan dengan tujuan untuk menghasilkan ras tertentu dengan genetik yang jelas dan pasti. Jenis kucing mana yang tepat untuk sobat dan keluarga? Ada beberapa jenis-jenis kucing peliharaan yang dapat dipilih.

Beberapa diantara jenis kucing ini dengan mudah dapat beradaptasi dengan kehidupan rumah dan bisa menjadi peliharaan yang sangat baik untuk keluarga terutama anak-anak. Jadi bagaimana cara menemukan jenis terbaik yang sesuai dengan keinginan?

Jenis-jenis Kucing Peliharaan Berdasarkan Sifat

1. Kucing Tenang atau Bising

Beberapa ras kucing bisa sangat keras dan berisik. Sobat harus mempertimbangkan hal ini ketika memilih kucing peliharaan. Sobat dan keluarga perlu menentukan apakah dapat menangani jenis kucing yang aktif di rumah atau apakah kucing yang tenang. Beberapa pemilik kucing menyukai kucing yang aktif atau vokal dan bahkan cenderung berisik.

Jenis-jenis Kucing Peliharaan
Tiga Anak Kucing Burma (Image by Алексей Боярских from Pixabay)

Jika sobat tertarik dengan kucing jenis ini, beberapa pilihannya adalah kucing Siam atau Burma. Jika sobat lebih memilih kucing yang cenderung pendiam, maka pilihannya adalah kucing Somali atau kucing American Curl.

2. Butuh Perhatian Lebih atau Tipe Cuek

Pilihan berikutnya adalah jenis kucing yang sangat membutuhkan perhatian tinggi atau kucing yang “cuek” atau penyendiri. Yang perlu dipertimbangkan apakah sobat mempunyai waktu yang luang untuk memberikan perhatian lebih kepada kucing ini nantinya.

Jika sobat memang memiliki waktu banyak untuk dicurahkan kepada kucing peliharaan, memilih kucing yang suka diperhatikan adalah keputusan tepat.

Keputusan berikutnya yang ingin Anda buat adalah menentukan apakah Anda menginginkan seekor kucing yang lebih suka menyendiri. Beberapa pertimbangan yang perlu diingat adalah jumlah waktu luang yang dapat sobat luangkan.

Baca juga: 17 Jenis Kucing Langka di Dunia, No 14 Paling Manis

Jika sobat memiliki banyak waktu yang tersedia maka kucing yang suka diemong yang sangat membutuhkan perhatian dapat menjadi pilihan yang bagus. Anakan kucing yang selalu membutuhkan perhatian juga merupakan pilihan yang cocok untuk sobat yang memiliki anak-anak dirumah. Contoh kucing yang selalu memerlukan perhatian lebih adalah jenis kucing Persia.

Jenis-Jenis Kucing Peliharaan
Kucing Maine Coon adalah kucing yang ramah

A. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kucing peliharaan yang ramah:

B. Jenis-jenis kucing peliharaan yang mudah bergaul:

C. Jenis-jenis kucing peliharaan yang cenderung aktif dan vokal:

Jenis-jenis Kucing Peliharaan Berdasarkan Penampilan Fisik

Penampilan fisik kucing tentunya akan memberikan pengaruh dalam menentukan pilihan. Hal penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih kucing yang tepat adalah apakah sobat menginginkan kucing berambut panjang atau pendek. Hal ini sangat penting bagi pemilik yang tidak memiliki banyak waktu yang dikhususkan untuk hewan peliharaan.

Jika sobat tidak memiliki banyak waktu bersama hewan peliharaan maka disarankan memilih kucing yang berambut pendek. Kucing berjenis rambut/bulu panjang memang terlihat lebih menarik di mata beberapa orang, namun memelihara kucing dewasa berambut panjang bisa sangat memakan waktu. Lapisan bulu kucing bisa kusut sampai ke kulitnya dan cenderung parah jika sobat tidak memberikan perawatan yang tepat.

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Persia Terpopuler

Secara lebih lengkap, berikut inilah jenis-jenis kucing peliharaan yang bisa sobat pertimbangkan:

Kucing rambut panjang:

Semi rambut panjang:

Rambut pendek:

Baca juga: Kucing Ocicat – Semua Hal Tentang Kucing Ocicat

Sangat banyak sekali jenis-jenis kucing peliharaan untuk dipertimbangkan. Sesuai tips diatas, silahkan menyesuaikan dengan keinginan serta kemampuan sobat sekalian dalam menangani kucing-kucing ini nantinya.

Bagikan di:

Tinggalkan komentar