Mengenal Jenis-Jenis Kucing di Indonesia

Posted on

Saat ini di dunia ada sekitar 70 jenis ras kucing yang sudah diakui. Beberapa diantaranya terdapat di Indonesia baik kucing domestik maupun kucing ras dari luar Indonesia. Ras kucing yang berasal dari luar negeri ini masuk ke Indonesia melalui jalur impor khusus yang kemudian diperanakkan dan pada akhirnya berkembang biak dan menyebar di seluruh Indonesia. Yuk kita mengenal jenis-jenis kucing di Indonesia baik yang menjadi ras asli Indonesia maupun yang berasal dari luar Indonesia.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia

1. Kucing Kampung

Kucing kampung mengawali daftar jenis-jenis kucing di Indonesia. Sudah barang tentu kucing kampung menjadi ras asli kucing di Indonesia yang paling populer. Kucing ini banyak tersebar di seluruh Indonesia terutama di daerah yang padat pemukiman. Ciri khas utamanya ada bulu pendeknya. Kucing kampung dikenal memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Kucing kampung memiliki penggemar tersendiri di kalangan para pecinta kucing Indonesia.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia Paling Populer
Jenis-jenis kucing di Indonesia – Kucing Kampung

2. Kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu ras kucing yang sangat populer menjadi peliharaan pecinta kucing di Indonesia. Sesuai namanya, kucing ini awalnya berasal dari Farsi atau Persia yang sekarang bernama Iran. Bulu panjang dan hidung pesek menjadi ciri utama kucing ini. Kucing Persia masih terbagi menjadi 3 jenis yaitu Persia Medium, Persia Flatnose dan Persia Peaknose.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia Paling Populer
Kucing Persia Peaknose

Jenis Persia Medium menjadi salah satu yang paling banyak dipelihara karena penampilannya dan harganya lebih terjangkau oleh pecinta kucing. Jenis Flatnose dan Peaknose memiliki harga pasaran yang lebih tinggi dibandingkan jenius Medium. Dan beberapa orang kerap salah menyamakan Kucing Persia dengan jenis Angora (Anggora). Kucing Persia dan Angora adalah kucing yang sangat berbeda.

Baca juga: Membedakan Kucing Persia dan Anggora

3. Kucing Bengal

Kucing jenis ini memiliki penampilan eksotis layaknya Kucing Hutan yang ada di Indonesia. Beberapa orang di Indonesia mengatakan jika kucing ini adalah Kucing Blacan. Kucing Bengal sendiri sebenarnya adalah kucing persilangan antara kucing American Shorthair dan kucing Asian Leopard. Oleh karena itu mereka memiliki penampilan seperti kucing hutan namun jinak.

Kucing Bengal
Jenis-jenis kucing di Indonesia – Kucing Bengal

Populasi Kucing Bengal di Indonesia memang tidak sebanyak kucing Persia. Hal ini dikarenakan harga jual kucing Bengal sangat tinggi dan terpaut jauh diatas harga kucing Persia sehingga peminatnya tidak sebanyak kucing Persia. Kucing Bengal memiliki ciri tubuh panjang serta memiliki otot dan tulang-tulang yang sangat kuat.

4. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin adalah kucing berkaki pendek yang merupakan hasil alami dari mutasi genetik (tanpa campur tangan manusia). Beberapa orang memanggilnya dengan sebutan kucing cebol. Penampilannya yang lucu menjadikan kucing ini adalah salah satu jenis kucing favorit untuk dipelihara. Namun karena harganya yang sangat tinggi, Kucing Munchkin belum memiliki populasi besar di Indonesia.

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin (sumber gambar Jaime Carter @Flickr)

Baca juga: Ras Kucing Mini Yang Menggemaskan

5. Kucing Busok

Banyak dari kita mungkin masih belum mengetahui jenis kucing ini. Ya, ini adalah ras kucing asli Indonesia yang hanya ada di pulau Raas Madura. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Kucing Raas. Ciri utamanya adalah kucing ini memiliki tubuh yang sangat besar, ekor tidak terlalu panjang dan ujungnya bengkok.

Kucing Busok
Kucing Busok atau Kucing Raas (sumber foto Amiracathouse)

Kucing ini kebanyakan tidak bisa bertahan hidup dengan baik jika dibawa keluar dari pulau Madura. Faktor cuaca sepertinya menjadi hambatan ketika memelihara kucing ini diluar habitat alaminya. Namun beberapa pecinta kucing juga berhasil memelihara kucing ini dengan perawatan khusus seperti salah satunya yaitu sering menjemur kucing ini di cahaya matahari yang cukup panas.

6. Kucing Hutan

Sesuai dengan namanya, kucing ini tinggal secara alami di hutan. Meski kucing ini adalah hewan yang dilindungi, banyak orang yang tetap nekat memelihara kucing ini di rumah. Karena termasuk kucing liar, kucing hutan memiliki perangai seperti khas kucing liar dan hewan yang tinggal di hutan. Oleh karena itu memelihara kucing ini memerlukan pendekatan khusus agar bisa jinak.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia Paling Populer
Jenis-jenis kucing di Indonesia – Kucing Hutan (sumber gambar Flickr)

Kucing hutan memiliki penampilan yang sangat eksotis. Beberapa bahkan terlihat menyerupai macan. Di Indonesia, kucing hutan banyak tersebar di pulau Kalimantan dan Jawa. Sekali lagi hewan ini adalah hewan yang dilindungi oleh hukum, oleh karena itu memaksakan memelihara kucing hutan bisa berakibat dengan konsekuensi hukum yang berlaku.

Baca juga: Makanan Kucing Hutan Paling Ideal

7. Maine Coon

Gagah, berbadan besar dan nampak garang adalah ciri kucing Maine Coon ketika dewasa. Kucing ini berasa dari Maine, Amerika Utara. Meski memiliki wajah yang bagi sebagian orang dianggap garang, kucing ini adalah jenis yang memiliki tingkat sosial tinggi, manja dan setia kepada pemiliknya.

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia. Pertumbuhan kucing sangat lambat jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Di Indonesia sendiri kucing Maine Coon menjadi salah satu kucing favorit kalangan tertentu. Kenapa kalangan tertentu? Karena harganya yang sangat mahal, kucing ini belum bisa dimiliki oleh semua pecinta kucing.

8. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll memiliki tubuh yang besar dan penampilan yang sangat anggun. Kucing ini adalah hasil pengembangan yang dilakukan oleh manusia. Kucing Ragdoll secara umum adalah kucing yang suka mencari perhatian kepada pemiliknya. Manja dan setia adalah sifat lainnya. Ciri fisiknya adalah bulu-bulunya tidak terlalu panjang dan pendek. Selain itu, Ragdoll murni juga memiliki mata yang cenderung berwarna biru.

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

9. Kucing Sphynx

Beberapa orang menganggap kucing ini berpenampilan menyeramkan. Ras kucing tanpa bulu ini adalah salah satu favorit peliharaan pecinta kucing di Indonesia. Kucing Sphynx adalah ras yang berasal dari mutasi genetik secara alami. Meski nampak seperti tidak memiliki bulu, kucing ini memiliki bulu-bulu tipis. Secara umum, kucing Sphynx adalah kucing yang jinak dan manja.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia Paling Populer
Jenis-jenis kucing di Indonesia – Kucing Sphynx

Bulu tipisnya menjadikan kucing ini harus mendapatkan perawatan ekstra dalam keseharian. Mereka tidak boleh terkena sengatan matahari berlebihan secara langsung. Dan ketika cuaca dingin, mereka butuh bantuan untuk menghangatkan tubuhnya. Kucing ini cocok dipelihara orang-orang yang memiliki alergi terhadap bulu kucing.

10. British Shorthair

Kucing British Shorthair atau Kucing Bulu Pendek Britania sesuai namanya adalah kucing domestik yang berasal dari Britania. Tubuhnya memiliki ciri besar, kekar, gendut, bulu pendek yang lebat serta wajah yang lebar. Karakternya kalem dan tenang sangat cocok bagi sobat yang ingin memelihara kucing berkarakter tidak berisik. Kucing ini berharga mahal dan masih belum bisa dijangkau oleh beberapa pecinta kucing di tanah air.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia
Kucing British Shorthair

11. Kucing Siam

Kucing Siam adalah ras kucing yang berasal dari Thailand. Ras ini juga cukup populer dipelihara di Indonesia. Bulu mereka pendek namun memiliki warna dan pola yang khas. Kucing ini bertipe “kucing berisik” karena dia akan sangat suka mengeong untuk mengungkapkan perasaannya. Perawatannya juga cukup mudah sama seperti memelihara kucing kampung. Selain itu, kucing ini diketahui memiliki sifat yang manja dan setia kepada pemiliknya.

Jenis-Jenis Kucing di Indonesia
Jenis-jenis kucing di Indonesia – Kucing Siam

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kucing di Indonesia namun yang sudah disebutkan diatas adalah jenis paling favorit menjadi peliharaan pecinta kucing di Indonesia. Apakah ada kucing yang masih terlihat asing di daftar ini? Nah, oleh karena itulah artikel ini dibuat sebagai informasi bagi kita semua yang ingin mengetahui beberapa ras kucing di Indonesia (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *