Jenis Ikan yang Baik Untuk Kucing

Bagi sebagian orang, memberi makan kucing identik dengan memberikan mereka makanan berupa ikan. Ikan memang memiliki aroma yang sangat disukai oleh kucing. Pertanyaannya adalah, apa saja jenis ikan yang baik untuk kucing?

Dan pada kenyataannya, beberapa jenis ikan memang sangat baik untuk dimakan kucing dikarenakan kandungan gizi dan nutrisinya yang ideal bagi kehidupan mereka. Ada beberapa jenis ikan yang baik untuk kucing akan kami ulas satu persatu dibawah ini.

Beruntungnya adalah banyak jenis ikan yang saat ini dijual di pasaran. Di pasar tradisional atau di swalayan saat ini banyak ikan berkualitas yang dijual dan bisa dimakan oleh kucing. Beberapa jenis ikan yang baik untuk kucing adalah:

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Kucing Peliharaan

1. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat baik untuk kucing. Ikan salmon memiliki gizi dan nutrisi yang sangat ideal bagi kucing. Kandungan yang ada dalam ikan salmon seperti:

  • Tinggi Protein – Sangat bagus untuk perkembangan dan cepat menggemukkan kucing.
  • Tinggi mineral seperti Selenium dan Kalium.
  • Vitamin B12.
  • Asam lemak Omega-3.

2. Ikan Tuna

Sama seperti Salmon, kandungan gizi dan nutrisi pada ikan tuna juga sangat bagus untuk kucing. Kandungan tinggi protein sangat baik untuk menggemukkan kucing. Asam lemak Omega-3 bagus untuk menjaga kesehatan mata kucing.

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Kucing
Kucing sangat suka ikan

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol dengan mudah akan kita temui di pasar tradisional, swalayan mau penjual sayur keliling. Ikan jenis ini sudah seperti menjadi pasangan “sejati” kucing. Beberapa orang bilang makanan kucing ya ikan tongkol. Ikan tongkol sendiri memiliki kandungan Protein yang tinggi. Kandungan lain adalah asam lemak Omega-3 yang bagus untuk penglihatan kucing.

4. Ikan Lele

Ikan lele sangat baik dan direkomendasikan untuk kucing. Hal ini dikarenakan ikan lele sangat tinggi kandungan Protein dan cepat menggemukkan kucing serta meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Kandungan vitamin B-12 juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Kandungan lain dalam ikan lele adalah Omega-3 yang sangat bagus untuk memelihara kulit dan bulu kucing. Selain itu juga memiliki manfaat lain seperti anti radang.

5. Ikan Gabus

Ikan gabus memiliki lebih tinggi kandungan Protein daripada ikan lele. Selain itu ada kandungan Albumin (salah satu jenis Protein) yang pada manusia memiliki efek sebagai penyembuh luka. Memberikan makanan ikan gabus secara rutin bisa membantu menggemukkan kucing dengan cepat.

6. Ikan Patin

Ikan patin secara fisik menyerupai lele. Salah satu nutrisi yang bisa ditemukan di ikan patin dan baik untuk kucing adalah asam lemak Omega-3. Dan sama seperti lele, ikan patin juga mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk membuat kucing cepat gemuk.

*Perlu diketahui: Meski memberi makanan ikan sangat bagus bagi kucing, namun perlu diketahui juga bahwa terlalu banyak mengkonsumsi ikan akan mengurangi Vitamin E dalam tubuh kucing yang berakibat kurang baik bagi kesehatan kucing. Jadi padukan dengan memberikan makanan lain seperti daging atau makanan kucing kemasan ya.

Baca juga: Makanan Kucing Kampung Hemat dan Sehat

Nah itulah beberapa jenis ikan yang baik untuk kucing. Memberikan makanan ikan kepada kucing memang sangat bagus terutama bagi perkembangan dan kesehatan tubuh kucing namun jangan terlalu berlebihan ya. Dan pastikan membeli ikan segar dan hindari membeli ikan kemasan kalengan karena sangat rawan mengandung merkuri yang malah akan membahayakan tubuh kucing. Semoga bermanfaat (Kucingmania.net).

Bagikan di:

Tinggalkan komentar