Jamuran pada kucing
Jamuran pada kucing

Ampuh! Inilah Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Posted on

KucingMania.net – Salah satu masalah klasik yang banyak menimpa kucing adalah masalah jamuran. Masalah jamur pada kucing ini banyak menimpa berbagai jenis kucing baik anak-anak kucing dan kucing dewasa. Jamur membuat bulu kucing rontok, kulit mengelupas dan membuat bulu kucing terlihat kurang menarik. Jamur jika dibiarkan akan sangat menyiksa kucing dan oleh karena itu jamuran pada kucing harus segera diatasi.

Sebelumnya sobat harus tahu apa sih penyebab jamur pada kucing itu. Hal ini sangat bagus untuk mencegah agar kucing tidak terkena jamuran. Berikut ini beberapa penyebab jamur pada kucing:

  • Kondisi lingkungan yang kurang bersih
  • Hawa yang lembab
  • Kucing kurang kering setelah dimandikan (pengeringan bulunya kurang maksimal)
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam tinggi

Berikut inilah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk menolong kucing kesayangan dari masalah jamuran pada kucing.

Cara Ampuh Menghilangkan Jamur Pada Kucing

1. Menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil)

VCO sudah terbukti mampu membersihkan dan mengurangi jamur pada kucing. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengoleskan VCO ke bagian kucing yang terkena jamuran. Disarankan mengoleskan VCO pada pagi hari karena setelah dioles VCO sangat disarankan untuk menjemur kucing di bawah sinar matahari pagi. Gunakan secara rutin hingga jamur nantinya akan mengelupas dan mengering dengan sendirinya. VCO bisa dibeli di toko herbal dan apotik dengan harga 20-40 ribuan tergantung merk. VCO juga memiliki nilai plus yaitu membantu menghaluskan bulu kucing serta aman jika terjilat oleh kucing.

Jamuran pada kucing
VCO ampuh untuk menghilangkan jamuran pada kucing

2. Sampo dan Semprotan Khusus Jamuran pada Kucing

Ada beberapa produk seperti sampo dan semprotan khusus untuk membasmi jamuran pada kucing. Namun sobat harus waspada jangan terlalu sering memberikan produk ini karena beberapa bahan yang digunakan adalah bahan kimia yang bisa saja terlalu keras untuk kucing terutama bagi bulu-bulu mereka. Salah satu produk yang bagus untuk mengatasi kucing jamuran adalah Scadix.

3. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih sudah terkenal bisa memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Bagi kucing, daun sirih juga bisa memberikan manfaat. Seperti bisa menyembuhkan sakit mata pada kucing dan bisa untuk membersihkan kucing jamuran. Caranya adalah dengan merebus daun sirih dan kemudian dinginkan airnya dan oleskan pada permukaan yang terkena jamur.

4. Salep Ketomed

Ketomed adalah salep yang diperuntukkan untuk manusia namun aman digunakan pada kucing yang terkena masalah jamur. Cara penggunaan oleskan langsung pada kulit kucing yang terkena jamuran.

Jamuran pada kucing
Jamuran pada kucing bisa diatasi dengan salep Ketomed

 

5. Kunyit

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jamuran adalah kunyit. Caranya dengan memarut kunyit dan kemudian parutannya dioleskan pada permukaan kulit kucing yang terkena jamur.

6. Megaderm

Selain pengobatan bagian luar, untuk pengobatan dari dalam sobat bisa menggunakan Megaderm agar jamuran pada kucing cepat hilang. Ini adalah suplemen untuk kesehatan bulu kucing.

7. Suntik

Solusi terakhir dan paling ampuh adalah suntikan khusus jamur. Jamuran parah hanya bisa disembuhkan dengan suntikan khusus jamuran. Mengunjungi dokter hewan adalah solusi terakhir jika jamuran tidak hilang atau parah.

Baca juga: Cara Mengatasi Kucing Stres dan Penyebabnya

PENTING: Jamuran pada kucing jika dibiarkan semakin parah akan memicu terjadinya Scabies. Oleh karena itu segera lakukan penanganan sedini mungkin jika kucing sudah terlihat terkena jamur.

TIPS:

  • Jangan biarkan kucing sering nongkrong di tempat lembab.
  • Pastikan mengeringkan kucing dengan baik setiap selesai memandikan.
  • Lap dan bersihkan jika kucing terkena cipratan air.
  • Pastikan tangan kita dalam keadaan kering ketika memegang kucing.
  • Berikan minyak ikan secara rutin kepada kucing untuk menjaga kulit dan bulu kucing.

Nah itulah beberapa penanganan yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi jamuran pada kucing kesayangan. Ikuti juga tips diatas untuk mencegah kucing terkena masalah jamuran.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar