Informasi Tentang Kucing
Informasi Tentang Kucing

Informasi Tentang Kucing – Penggemar Wajib Baca!

Posted on

Kucingmania.net – Kucing telah ada di dunia selama ribuan tahun, sebagian besar dari mereka besar di alam terbuka tanpa pengawasan oleh manusia (kucing liar). Mulanya manusia memelihara kucing terutama untuk dijadikan hewan pemburu dan untuk menjaga populasi hewan pengerat (seperti tikus). Menurut penelitian, kucing pertama kali dijinakkan di lembah Sungai Nil, kurang dari 5.000 hingga 6.000 tahun yang lalu. Alasan orang-orang memelihara kucing adalah penampilannya. Warna, panjang rambut, mata dan telinga kucing adalah beberapa faktor yang menarik dari kucing. Kucing bisa dikatakan adalah salah satu hewan peliharaan paling kuno dan tetap menjadi favorit hingga saat ini. Jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang kucing, inilah beberapa informasi tentang kucing yang menarik untuk sobat penggemar kucing.

Informasi Tentang kucing – Jenis Kucing

Saya akan mengawali informasi tentang kucing dengan membahas beberapa jenis kucing. Diketahui hingga saat ini ada 39 ras kucing yang sudah dikenali dan diakui oleh CFA. Namun di seluruh dunia ada 15 jenis kucing yang paling populer dan menjadi mayoritas peliharaan manusia. Berikut 15 jenis kucing tersebut:

1. Russian Blue – Kucing Russian Blue adalah kucing yang memiliki sifat lembut dan ramah. Ciri khas kucing ini adalah memiliki bulu yang tebal dan pendek. Bulu biru dan mata hijau cerah mereka menjadikan kucing ini terlihat sangat cantik.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Russian Blue

2. Ragdoll – Kucing Ragdoll suka bermain dan mereka sangat mudah untuk dilatih. Kucing Ragdoll memiliki bulu yang tidak pendek dan juga tidak panjang. Perawatan bulu kucing ini juga sangat mudah. Kucing ini populer dan menjadi salah satu kucing favorit peliharaan keluarga karena sifatnya yang ramah.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Ragdoll

3. Cornish RexCornish Rex terlihat mirip dengan gambar kucing Mesir kuno. Kucing ini ini sebenarnya berasal dari Cornwall, Inggris dan ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1950. Bentuk kucing ini unik dan berbeda dengan kucing-kucing lainnya. Telinga besar, tegak, dan mata hijau-kuning yang sangat besar. Bulu kucing ini memiliki lapisan yang sangat tidak biasa yang lembut, halus, sangat pendek, dan bergelombang. Kucing ini termasuk kucing yang penyayang dan ceria.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Cornish Rex

4. Siam – Kucing Siam berasal dari Thailand adalah kucing yang sangat cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kucing Siam dikenal akan sangat menyanyangi pemiliknya. Kucing ini akan sering memberikan perhatian kepada pemiliknya. Suara meong-nya yang keras menandakan jika ia sangat sayang kepada pemiliknya.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Siam

5. Maine Coon – Kucing Maine Coon adalah kucing berbulu panjang asli Amerika. Kucing ini sangat digemari karena kucing yang ramah dan cocok untuk dipelihara di tengah keluarga. Ia mempunyai interaksi sosial yang baik dengan anak-anak atau bahkan dengan anjing.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Maine Coon

6. Kucing Abisinia – Kucing Abisinia berasal dari India. Nama “Abyssinian” atau Abisinia muncul ketika kucing ini awalnya dibawa ke Inggris melalui Abyssinia. Kucing abisinia adalah salah satu kucing paling cerdas dan meskipun mereka tidak suka diperhatikan mereka mencintai pemiliknya. Ia juga memiliki rasa ingin tahu dan selalu ingin terlibat jika melihat sesuatu dikerjakan oleh pemiliknya.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Abisinia

7. American Bobtail – Kucing American Bobtail memiliki bulu tebal, tubuh kekar, dan ekor berbentuk “bob” yang terbentuk secara alami. Kucing ini memiliki sifat seperti anjing yaitu setia dan mengabdi kepada pemiliknya.

Informasi Tentang Kucing
Kucing American Bobtail

8. Ocicat – Kucing ini adalah kucing persilangan antara Abisinia, Siam dan American Shorthair. Berasal dari Michigan pada tahun 1964, Ocicat merupakan campuran dari Abyssinian, Siamese dan American Shorthair. Karena percampuran ini, Ocicat memiliki penampilan yang eksotis namun kepribadiannya cocok untuk hidup bersama keluarga pemiliknya.

Baca juga: Kucing Ocicat – Semua Hal Tentang Kucing Ocicat

Informasi Tentang Kucing
Kucing Ocicat (Foto oleh Animal Planet)

9. American Wirehair – Kucing American Wirehair pertama kali terlihat di New York pada tahun 1966. Kucing ini mulanya adalah hasil mutasi diantara beberapa kucing saat itu. Karakteristiknya sangat unik serta temperamen kucing ini sangat jinak dan tenang. Ia adalah peliharaan yang menarik dan cocok untuk dipelihara ditengah keluarga.

Informasi Tentang Kucing
Kucing American Wirehair (foto oleh vetstreet)

10. Persia – Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang menjadi idola pecinta kucing. Kucing ini  membutuhkan lingkungan hidup yang stabil dengan rutinitas yang konsisten. Bulu kucing Persia membutuhkan perawatan yang intensif dan signifikan termasuk menyikatnya setiap hari dan sering mandi. Untuk menghindari hasil yang tidak menyenangkan, rutinitas ini harus dipersiapkan ketika kucing masih sangat muda. (Baca juga artikel menarik tentang: Cara Merawat Kucing Persia – Kunci Bahagia dan Sehat).

Informasi Tentang Kucing
Kucing Persia

11. Bombay – Pada tahun 1953, Nikki Horner, dari Louisville, Kentucky mempunyai ide untuk mengembangkan jenis kucing baru yang penampilannya mirip dengan macan kumbang hitam India. Dia mencampurkan kucing Burma dengan Shortair Amerika yang bermata hitam. Ia diberi nama Bombay sebagai penghormatan kepada orang India. Diperkenalkan ke Cat Fanciers Association (CFA) pada tahun 1976. Bombay adalah kucing yang atletis, ramah, dan penuh kasih sayang mudah untuk dilatih.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Bombay

12. American Shorthair – Kucing American Shorthair ini awalnya adalah kucing yang diberdayakan untuk berburu tikus. Namun seiring waktu, karena kejinakannya ia menjadi salah satu kucing favorit peliharaan.

Informasi Tentang Kucing
Kucing American Shorthair

13. Somali – Pada pandangan pertama kucing Somali terlihat seperti kucing liar. Bentuk fisiknya menyerupai rubah dalam warna dan gerakannya. Kucing Somali adalah kucing yang manis dan pendiam dengan watak yang cerdas dan sosial. Kucing Somali juga mampu berinteraksi dengan baik ketika berada di dekat anak-anak kecil.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Somali (foto oleh cat time)

14. Exotic Shorthair – Kucing Exotic Shorthair termasuk dalam jenis Persia. Dikenal sebagai kucing Persia si pemalas. Kucing ini memiliki rambut pendek dan tebal yang tidak mudah kusut. Kucing ini sangat indah dan perawatannya tidak sesulit kucing Persia biasa.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Exotic Shorthair

15. Siberia – Tidak terlalu banyak informasi tentang kucing Siberia. Kucing Siberia pertama dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1990. Ketika itu kucing Siberia datang dalam berbagai warna dan memiliki panjang bulu tebal menengah. Kucing Siberia diakui oleh CFA pada tahun 2000.

Informasi Tentang Kucing
Kucing Siberia

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Peliharaan Rumahan

Ciri Khas Kucing

Informasi tentang kucing berikutnya akan mengulas tentang ciri khas kucing. Kucing tentu saja memiliki ciri mereka sendiri dan itu sudah terlihat jelas pada fisiknya. Berikut ini adalah ciri khas kucing yang terlihat dalam kehidupan mereka sehari-hari.

#1. Komunikasi

Dalam berkomunikasi, kucing memiliki banyak variasi vokalisasi. Mereka terdiri dari mengeong, mendengkur, mendesis, menggeram, menegur dan mendengus. Kucing memiliki feromon kucing dan sejumlah bahasa tubuh tertentu juga.

#2. Adaptasi

Kucing sangat kuat dengan refleks yang cepat, tubuh yang lentur, cakar yang dapat ditarik yang tajam, dan gigi yang sangat tajam yang disesuaikan kegunaanya seperti untuk membunuh mangsa kecil seperti tikus.

#3. Indra

a. Pendengaran
Kucing dikenal memiliki indra yang luar biasa. Daun telinga kucing mampu menangkap suara dari berbagai arah. Suara tersebut akan menuruni saluran telinga mereka menuju ke gendang telinga. Setelah suara bergetar di gendang telinga, telinga bagian tengah mengubah getaran menjadi gelombang suara dan mengirimnya ke koklea kucing dan akhirnya otak. Seekor kucing dapat mendengar frekuensi dari dua puluh hertz hingga sekitar 65.000 hertz. Telinga juga membantu kucing dalam menjaga keseimbangan.

b. Penglihatan
Struktur mata kucing memiliki kornea, lensa, retina, iris, dan tapetum lucidum. Tapetum lucidum adalah lapisan sel mirip cermin yang memantulkan sedikit cahaya, membantu kucing untuk melihat. Inilah sebabnya mengapa kucing hanya membutuhkan 1/6 dari cahaya yang dibutuhkan seseorang untuk melihat dengan jelas. Meskipun demikian, kucing tidak bisa melihat dalam keadaan gelap total. Mereka juga memiliki kelopak mata ketiga yang dikenal sebagai rahang untuk melindungi mata mereka. Pupil kucing berbentuk elips untuk membantu mengontrol kuantitas cahaya yang masuk. Di sedikit cahaya gelap, pupil mata mereka membesar dan menjadi hampir bulat sempurna. Pupil kucing bisa melebar 3 kali lebih banyak daripada manusia.

c. Penciuman
Seekor kucing mengandalkan indra penciumannya untuk merasakan dan membangun wilayahnya dan untuk mengetahui apakah makanan itu aman untuk dimakan. Hidung kucing memiliki hampir 200 juta sel saraf, membuat indera penciumannya empat belas kali lebih sensitif dibandingkan dengan manusia. Yang menakjubkan, seekor kucing mampu mengingat bau tertentu selama sisa hidupnya.

d. Pengecapan
Meskipun kucing hanya memiliki 475 selera, sementara manusia memiliki 9.000, ia memiliki papilla yang unik. Lidahnya ditutupi dengan banyak proyeksi kecil yang menghubungkan ke bawah, memberinya kesan kasar. Papilla ini membantu mereka mengikis daging dari tulang dan menahan mangsanya. Kucing juga memiliki masalah mencicipi makanan asin dan manis karena reseptor perasa mereka hanya menyukai cita rasa tinggi lemak dan protein tinggi.

e. Perasa
Kucing memiliki rata-rata dua puluh empat kumis di wajah mereka; rambut-rambut ini sangat tebal dan berakar tiga kali lebih dalam. Kumis ini sangat sensitif untuk mendeteksi sedikit perubahan dalam aliran udara. Kumis ini juga digunakan untuk melihat serta mengukur apakah tubuhnya mampu masuk melalui celah-celah. Kumis ini akan tumbuh kembali setiap terlepas atau rontok. Bulu kucing memiliki ujung saraf sensitif yang unik yang mendeteksi sedikit sentuhan. Cakar mereka juga sangat sensitif terhadap sentuhan.

#4. Tingkah laku

Kucing-kucing hidup bebas siang dan malam, meskipun mereka cenderung lebih aktif di malam hari. Pergerakan waktu kucing cukup fleksibel, yang berarti bahwa kucing rumahan dapat lebih aktif di pagi hari dan larut malam (perilaku krepuscular).

#5. Waktu tidur

Rata-rata seekor kucing menghabiskan 2/3 hari untuk tidur. Kucing suka berbaring di sudut yang hangat atau di bawah matahari, hampir semua kucing lebih memilih tempat yang hangat dan nyaman untuk tidur.

Baca juga: Jenis-Jenis Kucing Persia Terpopuler

Informasi Tentang Kucing: Fakta Tentang Kucing

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang kucing yang menarik:

  • Dapat rehidrasi dengan meminum air laut.
  • Seekor kucing berkeringat melalui cakarnya.
  • Menghasilkan pola gelombang otak yang mirip seperti pada manusia. Ini berarti mereka bisa bermimpi.
  • Telah menyebabkan kepunahan beberapa spesies (beberapa spesies buruh punah karena kucing).
  • Orang Mesir kuno membunuh siapa saja yang membunuh seekor kucing.
  • Kucing yang terinfeksi dapat menyebabkan Toksoplasmosis.
  • Hidung kucing berbeda dari yang lain, sama seperti kita manusia memiliki sidik jari yang berbeda.
  • Orang Jepang menganggap kucing hitam sebagai tanda keberuntungan.
  • Orang Mesir kuno biasa mencukur alis ketika kucing mati.
  • Studi terbaru menunjukkan bahwa memiliki kucing mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
  • Kucing dewasa hanya mengeong untuk berkomunikasi dengan manusia.
  • Kucing bisa mati karena makan coklat!
  • Setiap tahun, hampir empat juta kucing dimakan di China sebagai makanan.
  • Dapat menelan makanan mereka tanpa mengunyah.
  • Mampu membuat hampir 100 suara berbeda sementara anjing hanya bisa menghasilkan 10 suara.
  • Memiliki tiga puluh dua otot yang mengendalikan telinga luar mereka.
  • Tidak bisa merasakan manis.
  • Waktu tidur mereka adalah sekitar 70 persen dari hidup mereka.

Cara Merawat Kucing

Informasi tentang kucing berikutnya adalah cara merawat kucing. Secara umum, cara merawat kucing tidaklah sulit. Banyak sekali tips-tips cara untuk merawat kucing yang bisa ditemukan. Jika sobat tertarik dan ingin belajar cara merawat kucing, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa di pelajari serta beberapa tips yang mungkin berguna:

#1. Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, pelajari terlebih dahulu jenis kucing apakah yang cocok dengan gaya hidup sobat sekalian. Perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang akan menyebabkan sobat gagal dalam mengadopsi kucing ke rumah sobat sekalian adalah pilihan yang salah dari jenis kucing. Jenis kucing berbeda juga memiliki sifat yang berbeda pula.

#2. Sering latih kucing sobat untuk tidak melakukan kebiasaan buruk seperti buang kotoran sembarangan. Ada beberapa teknik dan strategi yang bisa digunakan untuk melatih kucing. Dan hindarilah menghukum kucing jika mereka berbuat kesalahan karena hal tersebut malah akan membuat kucing semakin memberontak dan takut kepada pemiliknya. Sabar adalah kunci keberhasilan melatih seekor kucing.

#3. Memberi makan kucing sobat dengan makanan yang tepat dan menghindari makanan yang dapat membahayakan mereka juga hal lain yang harus sobat-sobat ketahui tentang cara merawat kucing. Sobat selalu bisa berkonsultasi kepada dokter hewan tentang makanan kucing yang baik yang tersedia di pasar, tetapi pastikan juga bahwa anggota keluarga yang lain tidak memberi kucing peliharaan sobat beberapa makanan yang mungkin membahayakan kesehatan mereka. Cokelat misalnya tidak baik untuk kucing. Cokelat dapat menyebabkan masalah gastrointestinal pada hewan peliharaan, jadi pastikan semua anggota keluarga menghindari memberi cokelat pada kucing dan makanan lain yang bukan untuk mereka.

#4. Sobat sekalian dapat melatih kucing untuk mencintai air dan memandikan mereka secara teratur. Sobat juga harus memastikan bahwa hewan peliharaan bebas dari kutu dan parasit lainnya untuk membuat mereka bahagia dan sehat serta membuat rumah sobat sekalian bebas dari parasit.

Makanan Kesukaan Kucing

Informasi tentang kucing berikutnya adalah apa makanan kesukaan kucing? Banyak orang masih bertanya apa yang dimakan kucing. Tentu saja mereka makan makanan kucing! Ada banyak makanan yang berbeda yang mereka makan. Salah satu hewan liar yang paling umum yang dimakan kucing adalah tikus. Kucing memakan tikus bukanlah mitos. Kucing memang benar-benar suka makan tikus. Kucing adalah pemangsa alami tikus dan mereka akan memakan tikus.

Kucing suka makan ikan. Ini adalah salah satu makanan favorit mereka. Seekor kucing akan memperhatikan saat sobat sedang memasak ikan. Mereka mengenali bau ikan mentah. Jika mereka sangat lapar, kucing yang membutuhkan makanan akan mencoba makan ikan yang mungkin akan kita makan.

Kucing juga suka burung. Kucing suka memanjat di pohon dan mereka akan mencoba menemukan bayi burung di sarang untuk dimakan. Jika sobat pernah melihat bulu-bulu burung berserakan, ada kemungkinan besar bahwa kucing sobat sekalian memakan seekor burung untuk mengeyangkan perut mereka.

Ada banyak jenis makanan yang termasuk dalam makanan kucing. Daging ayam adalah salah satu makanan paling umum dalam makanan basah untuk kucing. Salmon juga sangat populer di makanan basah untuk kucing. Saya juga melihat berbagai makanan basah kucing lainnya mengandung bahan ikan. Kucing juga suka memakan daging sapi olahan.

Jadi apa makanan kesukaan kucing? Semua itu bergantung pada apa yang sobat berikan kepada kucing peliharaan sobat sekalian dan sebagian tergantung pada apa yang disukai kucing sobat. Kunci terbaik untuk membahagiakan kucing kita adalah dengan memberikannya makanan secara teratur.

Ya itulah garis besar informasi tentang kucing yang bisa saya informasikan. Kucing adalah binatang yang sangat menarik. Akan lebih banyak lagi semua hal tentang kucing yang akan saya bagikan di tulisan-tulisan berikutnya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar