Hari Kucing Sedunia, Saat Penuh Cinta untuk Kucing

Kapankah hari kucing sedunia? Hari kucing sedunia jatuh pada tanggal 8 Agustus. Bagaimana bisa ada perayaan hari kucing seluruh dunia dan bagaimana sejarahnya?

Sejarah Hari Kucing Sedunia

Perayaan hari untuk kucing ini pertama kali mulai diselenggarakan pada tahun 2002. Penggagasnya adalah The International Fund for Animal Welfare (IFAW). Idenya adalah untuk menunjukkan dan merayakan hubungan istimewa antara kucing dengan manusia serta mendukung kesejahteraan kucing di seluruh dunia.

Hari Kucing Sedunia
Selamat Hari Kucing Sedunia ya Cing! (Avel Chuklanov)

Selain untuk mendukung kesejahteraan pada kucing, perayaan hari kucing internasional ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap kucing dengan tujuan agar bisa melindungi dan membantu para kucing.

Perayaan

Apa yang bisa kita lakukan untuk menyambut datangnya hari kucing sedunia ini? Banyak hal mudah yang bisa kita lakukan untuk menyambut dan merayakannya. Beberapa aktifitas berikut ini bisa kita lakukan untuk merayakannya.

Adopsi

Sobat bisa mulai mengadopsi kucing terutama kucing-kucing terlantar yang hidup liar di jalanan. Dengan memungut 1 atau 2 dari kucing jalanan, setidaknya akan membantu mengurangi penderitaan pada kucing yang nanti sobat adopsi.

Street Feeding

Memberi makanan kepada kucing-kucing liar bisa sobat lakukan tidak hanya pada saat hari kucing internasional. Namun ketika hari kucing sedunia jatuh, sobat bisa memberikan keistimewaan dengan memberikan menu makanan yang lebih “mewah”.

Vaksinasi

Jika kucing sobat belum pernah divaksinasi, nah inilah salah satu momen yang tepat untuknya. Berikan kebahagiaan kepada kucing peliharaanmu dengan memberikannya vaksinasi agar kondisi kesehatannya selalu dalam keadaan yang baik serta terhindar dari berbagai penyakit seperti serangan virus.

Sterilisasi

Hal bermanfaat lain yang bisa kita berikan kepada kucing dalam rangkan menyambut hari kucing internasional adalah dengan membawanya ke dokter hewan untuk disterilisasi. Jika kamu sayang kucingmu dan ingin memiliki kucing yang panjang umur, salah satu solusinya adalah dengan sterilisasi.

Berdonasi

Sobat juga bisa meringankan beban para kucing dengan memberikan donasi kepada para orang-orang yang setiap harinya mendedikasikan hidupnya untuk merawat kucing. Jika ada shelter atau penampungan kucing di kota tempat tinggalmu, berikan donasi kepada mereka baik uang, makanan kucing, obat-obatan dan apa saja yang berguna.

Baca juga:

Perayaan Kucing Lainnya

Selain hari kucing sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Agustus, di beberapa negara juga mendedikasikan tanggal khusus untuk memberikan hari istimewa kepada kucing.

  • Hari Kucing Nasional Rusia dirayakan setiap tanggal 1 Maret
  • Hari Kucing Nasional Amerika dirayakan setiap tanggal 29 Oktober
  • Hari Kucing Nasional Jepang dirayakan setiap tanggal 22 Februari.

Bucing yang berada di balik blog kucingmania.net ini. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar