Bukan Sekedar Penampilan, Inilah Fungsi Ekor Kucing

Posted on

Ekor pada kucing ternyata memiliki beberapa fungsi yang menopang kehidupan kucing. Secara fisik, ekor pada kucing seakan memberikan kelengkapan dan kesempurnaan penampilan mereka. Meski kucing yang memiliki ekor pendek pun tetap terlihat menarik dan bagi beberapa orang terlihat makin lucu. Bukan sekedar hanya untuk penampilan, ini beberapa fungsi ekor kucing yang bisa sobat ketahui.

Fungsi Ekor Kucing

  1. Sebagai Keseimbangan – Fungsi ekor pada kucing yang pertama adalah sebagai alat bantu keseimbangan tubuh. Hal ini sangat berguna ketika mereka berjalan di jalan yang sempit dan terbatas seperti diatas pagar. Selain itu, fungsi keseimbangan ini juga membantu mereka ketika melompat dan mengejar mangsa.
  2. Komunikasi – Ekor digunakan kucing sebagai alat bantu komunikasi mereka. Terutama untuk menyampaikan suasana hati mereka kepada manusia di sekitarnya.
  3. Indera Peraba – Selain kumisnya, ekor kucing juga membantu mereka sebagai indera peraba lingkungan sekitarnya. Ekor akan merasakan keadaan lingkungan sekitarnya dan kemudian kucing akan memahaminya. Oleh karena itulah sebagian besar kucing tidak suka ketika ekor mereka dipegang atau diremas.

Oleh karena itu, betapa pentingnya fungsi ekor kucing ini. Maka ketika terjadi hal yang berbahaya (seperti ekor yang terluka parah) pada ekor mereka hal ini juga bisa membahayakan kehidupan kucing.

Namun perlu sobat ketahui, cedera pada ekor kucing sangat berbahaya karena pada bagian ekor terdapat banyak saraf-saraf seperti saraf yang mengontrol otot untuk mengontrol ketika kucing membuang kotoran. Oleh karena jangan perlakukan ekor kucing dengan kasar. Kerusakan saraf pada ekor kucing bisa sembuh dalam jangka waktu tertentu dan bahkan bisa rusak permanen.

Jika pada suatu kondisi ekor kucing harus diamputasi karena adanya masalah serius, kucing bisa hidup meski mereka tidak memiliki ekor. Kucing akan belajar menyesuaikan diri dengan hilangnya ekor mereka. Dan meski tanpa ekor, kucing tetap bisa hidup normal dan lincah. Bahkan beberapa ras kucing yang terlahir secara alami tidak memiliki ekor (contohnya kucing jenix Manx dan American Bobtail) mereka tetap hidup normal dan lincah dalam berburu mangsa mereka.

Baca juga: Perubahan Kucing Setelah Dikebiri

Itulah beberapa informasi tentang apa saja fungsi ekor kucing dan beberapa pengetahuan penting tentang ekor mereka. Sekali lagi kucing tidak suka ketika ekor mereka dipegang atau diremas ya sobat. Jadi hindari jangan sampai sobat mempermainkan ekor kucing (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *