Ciri Kucing Siam
Ciri Kucing Siam

Mengenali Karakteristik dan Ciri Kucing Siam

Posted on

KucingMania.net – Kucing Siam adalah salah satu ras kucing domestik yang paling dikenal di seluruh dunia dengan bulu runcing yang elegan dan mata biru cerah. Kucing ini diimpor dari Thailand asli selama ratusan tahun dan sekarang berkembang dalam berbagai warna. Sobat berencana akan mengadopsi kucing ini? Yuk kita mengenali terlebih dahulu ciri kucing Siam yang cantik ini.

Mengenali Ciri Kucing Siam – Latar Belakang

Di negara asal mereka, Siam, yang sekarang dikenal sebagai Thailand, ada sebuah referensi dari zaman kuno yang menggambarkan penampilan mereka yang khas. Mereka pertama kali dibawa ke dunia Barat ketika mereka ditampilkan di pertunjukan kucing Crystal Palace di London pada akhir abad ke-19. Mereka dengan cepat menjadi idola di kalangan pecinta kucing Inggris. Presiden Rutherford B. Hayes (1877-1881) dan istrinya Lucy menerima sepasang kucing Siam pada tahun 1878 yang dikirim oleh diplomat AS di konsulat Thailand.

Karakteristik Kucing Siam

Kucing Siam memiliki salah satu kepribadian yang paling khas dari semua kucing domestik. Mereka adalah kucing yang cerewet dengan cara mereka sendiri, memberi tahu orang-orang di sekitar mereka apa yang mereka pikirkan dengan suara serak mereka dan membutuhkan perhatian sebagai balasan. Kucing ini adalah kucing yang vokal alias berisik. Hal ini karena ia ingin diperhatikan.

Kucing Siam juga sangat menyayangi pemiliknya dan ia adalah kucing yang cenderung setia. Mereka suka menikmati duduk di pangkuan pemilik atau di sampingnya dan pada malam hari sering ingin berada di ruangan tempat tidur kita, bahkan meringkuk di tempat tidur bersama kita. Saking sukanya mereka diperhatikan, kucing ini sangat tidak cocok ditinggal dalam jangka waktu lama. Jika sobat jarang dirumah atau sering bepergian dalam jangka waktu lama, kucing siam kurang cocok menjadi peliharaan.

Mengenali Ciri Kucing Siam
Kucing Siam mampu hidup hingga 20 tahun

Kucing Siam adalah kucing yang cerdas dan lincah. Mereka suka bermain dan akan membutuhkan mainan untuk membuat mereka sibuk atau mereka akan menemukan cara lain untuk melakukannya. Mempunyai area bermain khusus untuk kucing Siam akan menjadi nilai lebih ketika memutuskan untuk memeliharanya. Dia suka mendaki dan bahkan cenderung akan menaiki lemari atau perabotan rumah kita.

Kucing Siam tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Sobat cukup membersihkan bulu-bulunya serta merapikan kukunya. Bahkan beberapa pemilik memberikan hiasan pada kuku kucing Siam agar makin terlihat cantik. Dan penutup kuku ini memiliki kegunaan yaitu untuk melindungi barang-barang sobat terhindar dari cakarannya.

Di antara semua jenis kucing domestik, kucing Siam memiliki kehidupan terpanjang yaitu mencapai hingga usia 20 tahun. Kucing ini rentan terhadap masalah gusi atau radang gusi dan sebagainya, sobat sebagai pemilik harus menjaga kebersihan gigi mereka. Penting untuk menggosok gigi sekali seminggu dan mengunjungi dokter hewan ketika iritasi mulut terjadi.

Baca juga: Karakteristik Kucing Maine Coon

Meskipun Siam mungkin bukan jenis yang sempurna untuk setiap pemilik kucing, kepandaian, kesetiaan dan kepribadian mereka yang khas membuat mereka menjadi salah satu favorit kucing peliharaan rumahan. Mereka siap menjadi teman sejati dalam jangka waktu yang lama. Dengan mengenali ciri kucing Siam ini, semoga sobat siap dengan segala yang akan “disuguhkan” oleh kucing cerewet bersuara serak ini.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar