Ciri-Ciri Kucing Cacingan, Jangan Abaikan Kondisi Berikut

Posted on

Cacing adalah parasit yang paling sering menyerang kucing selain kutu. Sama seperti dengan kutu, cacing juga akan menyerap semua nutrisi yang masuk ke tubuh kucing. Sehingga tentu saja memiliki dampak yang buruk bagi kondisi fisik kucing yang cacingan. Salah satu efek nyata jika kucing kena cacingan adalah sudah pasti kucing akan susah gemuk meski sudah diberi makan rutin. Sebagai pemilik kucing, kita harus mengetahui apa saja ciri-ciri kucing cacingan agar segera bisa melakukan tindakan sebagaimana mestinya.

Masalah cacingan banyak menjangkiti kucing-kucing liar yang memang tidak terjaga kebersihannya dengan baik. Namun kucing peliharaan pun juga bisa terkena cacingan. Salah satu cara cacing menular adalah melalui feses. Dan cara lain adalah melalui makanan atau minuman kotor yang sudah mengandung telur cacing.

Ciri-Ciri Kucing Cacingan

Berikut ini adalah ciri-ciri kucing cacingan yang umum terjadi:

  1. Badan kurus namun perut buncit membesar. Biasanya kerap terjadi pada anak-anak kucing.
  2. Feses berbusa.
  3. Mata tertutupi selaput berwarna putih. Selaput ini biasanya menutupi separuh matanya dan bahkan jika sudah parah selaput matanya menutup seluruhnya sehingga kucing kesulitan melihat.
  4. Mencret atau diare terus-terusan.
  5. Sering muntah-muntah dan bahkan beberapa cacing juga ikut keluar di muntahan kucing.
  6. Makan rakus namun tidak gendut.
  7. Tidak memiliki selera makan.
  8. Mata mengeluarkan belekan terus menerus.
  9. Terlihat cacing di feses. Terkadang beberapa orang salah paham menganggap ini adalah belatung.
  10. Mata sayu.
  11. Terkadang cacing terlihat keluar dari dubur.
  12. Feses kucing bercampur darah.

    Ciri-Ciri Kucing Cacingan
    Ciri-ciri kucing cacingan – cacing pita paling sering menyerang kucing

Jika kucing sobat sudah memperlihatkan beberapa ciri diatas segera berikan obat cacing. Dan jika sudah terindikasi cacingan, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Berikan obat cacing.
  • Jika sobat memiliki beberapa kucing, pisahkan kotak pasir kucing jangan dicampur dengan milik kucing lain untuk menghindari penularan.
  • Bersihkan kotoran kucing di kotak pasirnya secepatnya. Karena jika tidak segera dibersihkan dan dibuang, telur dan larva cacing akan menyebar di pasir.

Untuk memberikan obat cacing, sobat bisa membaca artikel yang berjudul Cara Mengobati Kucing Cacingan.

Sekali lagi jika kucing sudah menampakkan ciri-ciri kucing cacingan seperti yang sudah disebutkan diatas atau jika sudah memang positif terkena cacingan, tidak perlu ditunggu harus segera diobati ya. Karena ketika sudah mengalami cacingan parah bisa menyebabkan kematian. Untuk mengantisipasi cacingan pada kucing, sobat bisa rutin memberikan obat cacing setiap jarak 3 bulan (Kucingmania.net).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *