Cara Merawat Kucing Persia
Cara Merawat Kucing Persia

Tips dan Cara Merawat Kucing Persia

Posted on

Kucingmania.net – Merawat kucing Persia tidak seperti merawat kucing lain. Perawatannya membutuhkan lebih banyak upaya dan mungkin menjadi tanggung jawab yang bisa saja membosankan bagi beberapa pemiliknya karena perlu rutinitas yang selalu berkelanjutan. Jadi, apakah sobat sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendedikasikan diri merawat kucing yang sangat spesial ini? Pada artikel ini saya akan membagikan tips cara merawat kucing Persia agar ia selalu merasa bahagia dan sehat.

Untuk memulai memiliki kucing Persia, ada baiknya sobat lebih memilih anakan kucing Persia karena mereka lebih mudah dijinakkan. Sedari awal sobat bisa mengenali dan mengarahkan perilakunya dan perawatannya juga akan jauh lebih mudah daripada merawat kucing Persia yang sudah dewasa.

Cara Merawat Kucing Persia – Perawatan Dasar

#1. Memandikan Kucing Persia

Merawat kucing Persia artinya adalah sebuah rutinitas yang selalu berkelanjutan. Sobat harus siap memandikannya seminggu sekali dan setelah itu harus melakukannya dengan teratur. Hal ini akan membantu kucing sobat belajar terbiasa memiliki waktu khusus dengan pemiliknya. Ketika ia sudah terbiasa dimandikan sedari kecil, maka hingga dewasa ia akan merasa terbiasa dan jinak untuk melakukan rutinitas mandi mingguannya.

Saat memandikan kucing Persia, pastikan sobat memandikannya menggunakan air hangat, karena air yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuatnya melakukan perlawanan. Perawatan setelah memandikan juga sangat penting seperti mengeringkan bulunya menggunakan pengering rambut pada pengaturan tingkat terendah, karena pengaturan yang lebih tinggi cenderung mengiritasi kulit kucing. Jangan terburu-buru dalam proses ini dan sobat juga bisa mengajak kucing untuk berbicara atau lakukanlah dengan bernyanyi atau bersenandung.

Cara Merawat Kucing Persia
Anak Kucing Persia

#2. Merapikan Bulu

Perawatan kucing Persia berarti sobat juga harus merapikan bulunya secara teratur agar tetap dalam kondisi prima. Sisihkan waktu sobat beberapa menit setiap hari untuk menyisir bulu-bulunya dan memangkas rambut berlebih dari wajah serta tubuh dengan gunting khusus untuk memangkas rambut. Saat memotong bulu kucing, pastikan untuk memperhatikan wajah dan telinga kucing sobat sekalian. Ingat, terkadang kucing juga merasa tidak sabar jika sobat terlalu lama melakukan perawatan. Lakukan semua perawatan ini dengan cepat dan efisien serta penuh kelembutan.

#3. Memotong Kuku

Perawatan lain adalah memotong kuku. Memotong kuku juga untuk menjaga kebersihan. Lebih mudah untuk memotong kuku kucing ketika kuku/cakar dalam keadaan basah sehingga pastikan untuk melembabkannya sebelum sobat memotong kukunya. Jangan memotong kuku terlalu pendek karena bisa saja terkena lapisan kulitnya dan ini dapat menyebabkan infeksi dan rasa sakit.

#4. Menyisir Bulu

Rajin-rajinlah menyisir bulu-bulunya tapi jangan menyikatnya. Rajin menyisir bulu-bulunya setiap hari akan mencegahnya dari kekusutan. Gunakan sikat dengan bulu yang cukup panjang untuk menjangkau seluruh lapisan. Pertimbangkan juga untuk memangkas bulunya jika sudah panjang terutama di udara panas. Dan selalu perhatikan kesehatannya agar terhindar dari kutu.

Cara Merawat Kucing Persia – Makanan

Dalam memberikannya makanan, sobat harus memberi makan kucing Persia pada waktu yang sama setiap hari. Akan lebih baik jika ia diberikan “racikan” makanan olahan sendiri. Pastikan sobat menggunakan banyak daging, biji-bijian dan sayuran. Ingatlah untuk tidak terlalu lama memasak makanan agar tidak merusak nilai gizi. Jika sobat tidak dapat menyiapkan makanan mereka sendiri di rumah, maka sobat perlu memberinya makanan terbaik yang dapat dibeli. Selain itu sangat penting bagi kita menyiapkan air minum yang segar untuk dirinya.

Jika sobat memelihara kucing Persia yang masih kecil, Anak kucing harus memiliki akses ke makanan dan air mereka 24 jam sehari. Mereka tumbuh sangat cepat oleh karena itu mereka membutuhkan nutrisi sebanyak yang mereka bisa. Dan sobat jangan memberikan makananan kucing dewasa kepada anak kucing Persia. Karena makanan kucing Persia dewasa tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan anak kucing untuk tumbuh. Selalu beri makan mereka makanan kucing khusus.

Inilah beberapa hal yang diperhatikan terkait makanan kucing Persia.

Makanan harus mengandung:

  • Tinggi protein.
  • Rendah karbohidrat.
  • Lemak sedang.
  • Penuh dengan bahan daging asli, termasuk organ.
  • Penuh vitamin dan nutrisi terutama Vitamin B untuk menjaga bulu mereka tetap indah.

Sobat juga bisa menerapkan diet kaya suplemen agar ia tidak kegemukan. Diet kaya suplemen dapat mencakup susu kambing dan minyak ikan salmon.

Saya menyarankan agar sobat tidak mengubah makanan anak kucing sampai mereka setidaknya berusia 2 minggu. Jika sobat ingin mengganti makanan anak kucing Persia dengan menu baru, lakukan perlahan-lahan dalam satu minggu. Campur makanan lamanya dengan sedikit makanan baru dan hingga mencapai 100% mereka menikmati menu barunya. Hati-hati dengan sakit perut atau diare bisa menyerang dirinya.

Cara Merawat Kucing Persia – Perkembangan dan Perawatan Penting Lainnya

Sobat juga harus meluangkan waktu untuk bermain dengan dirinya. Kucing membutuhkan latihan dan stimulasi mental. Sobat juga bisa menyediakan beberapa mainan untuk media bermainnya. Apa pun yang membuat suara ketika disentuh atau bergerak tak terduga kemungkinan besar menarik bagi kucing. Beberapa favorit umum adalah: sedotan plastik, kertas tisu berkerut atau kertas pembungkus, laser pointer (pastikan sorot sinar laser tidak terkena matanya) dan bahkan tangan Anda bergerak-gerak di bawah sprei ia akan tertarik. Hindari barang-barang kecil yang seperti bola kecil, mainan kecil dan sebagainya karena ia bisa saja menelannya.

Selalu sedikan kotak pasir untuk tempatnya membuang kotorannya. Sekitar satu kali dalam seminggu sobat harus mencuci piring makanan dan sobat juga harus mengosongkan kotak pasir, membersihkannya, dan mengisinya dengan pasir baru yang bersih.

Kucing Persia peliharaan sobat juga akan membutuhkan perawatan dokter hewan yang rutin, termasuk vaksinasi, pencegahan kutu, dan pemeriksaan fisik. Sobat harus membawa hewan peliharaan baru ke dokter hewan sesegera mungkin. Dokter hewan akan mendiskusikan kesehatan hewan peliharaan sobat dan kemudian akan memutuskan perawatan apa pun yang diperlukan.

Cara Merawat Kucing Persia – Tips Bermanfaat

Berikut inilah beberapa tips cara merawat kucing Persia:

1. Jangan bermain dengan kucing sobat menggunakan tangan ketika permainan melibatkan gigit-menggigit. Gunakan mainan bebas racun jika ia ingin menggigit. Hal ini untuk mengantisipasi kebiasaan menggigit dan menghindari cedera yang tidak diinginkan.

2. Simpan benda-benda kecil seperti koin, pin, penghapus, dan korek api jauh dari jangkauan kucing. Benda-benda ini bisa saja termakan olehnya. Ketika benda-benda ini termakan, tentu dapat menyebabkan cedera serius pada kucing sobat sekalian.

3. Kucing secara alami selalu memiliki rasa ingin tahu sehingga mereka cenderung menjilati dan mencium bau apa pun yang akan memicu rasa ingin tahu mereka. Jadi ingatlah untuk menyimpan sabun, deterjen atau bahan kimia berbahaya dalam penyimpanan tertutup. Sebaiknya simpan kucing sobat sekalian di kandang saat membersihkan rumah.

4. Jangan biarkan kucing sobat sekalian terlalu banyak makan. Ini akan menyebabkan obesitas, muntah dan masalah kesehatan lainnya. Beri makan kucing sobat pada waktu tertentu. Jangan biarkan kucing memiliki akses ke makanannya kapan pun ia mau dan jangan memberikannya mangkuk makanan penuh setiap kali.

5. Jangan biarkan kucing Persia sobat berkeliaran di luar rumah. Bisa saja ia terlibat perkelahian dengan kucing lain, ditabrak mobil atau dicuri orang lain. Jika ia ingin keluar rumah selalu temani dirinya.

Jika sobat masih pemula dan akan mengawali merawat kucing Persia, memang cara merawat kucing Persia diatas terlihat seperti hal yang sulit untuk dilakukan. Namun itu tidak selalu benar, seiring waktu ketika sobat sudah merasa terbiasa maka merawat kucing Persia adalah sebuah rutinitas yang menyenangkan. Kuncinya adalah pertahankan rutinitas dengan penuh tanggungjawab. Menjaga si Persia agar tetap sehat dan bahagia adalah kewajiban pemiliknya.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar