Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Maine Coon

Posted on

Merawat dan memelihara kucing jenis Maine Coon adalah sebuah komitmen dan juga butuh usaha yang luar biasa. Sebagai salah satu ras kucing terbesar di dunia, kucing ini sangat membutuhkan perhatian ekstra terutama dalam hal pemberian makanannya.  Baca disini untuk mencari tahu informasi tentang cara merawat kucing Maine Coon dari aspek pemberian makanan, perawatan dan juga menjaga kesehatannya.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

A. Perawatan Dasar

1. Makanan

Cara merawat kucing Maine Coon yang pertama adalah tentang pemberian makanan. Ukuran badan yang besar artinya adalah kucing ini membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan kucing jenis lain. Pemberian makanan berkualitas serta memiliki nutrisi dan gizi sangat dibutuhkan kucing ini. Makanan kering kucing (dry food) usahakan sebisa mungkin berikan sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk kucing ini adalah Royal Canin Maine Coon.

Royal Canin Maine Coon
Royal Canin Maine Coon

Menurut beberapa ahli di bidang pemeliharaan kucing Maine Coon, jumlah asupan gizi dan nutrisi yang ideal untuk kucing ini adalah:

  • Protein sekitar 52% (Protein bisa di dapatkan dari daging ayam, kalkun dan ikan)
  • Lemak sekitar 35%
  • Karbohidrat sebesar 12.5 %

Tidak perlu ada pola tertentu dalam memberi makanan kepada mereka. Beberapa pemilik kucing Maine Coon memberikan jadwal makan teratur seperti dua kali sehari (pagi dan sore) dan ada yang tiga kali dalam sehari (pagi, siang dan malam). Dan bahkan ada beberapa pemilik yang selalu menyediakan makanan terus menerus.

Memberikan variasi makanan juga sangat diperlukan agar mereka tidak bosan. Variasi pemberian makanan contohnya adalah seperti:

  • Pagi berikan mereka daging kukus, siang berikan makanan kering dan malam berikan lagi daging kukus.
  • Berikan wet food (makanan basah) setiap 3-4 hari.

Hal penting lainnya adalah selalu menyediakan mereka air minum dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai tempat minum mereka kosong. Kucing ini dikenal sangat doyan minum.

2. Kotak Pasir

Kucing Maine Coon dewasa memiliki ukuran tubuh sangat besar. Berikan sebuah kotak atau wadah lain yang memiki ukuran lebih lebar dari tubuhnya. Jangan berikan tempat pasir yang sempit karena jika ia merasa tidak nyaman bisa saja ia akan buang kotoran di tempat lain yang menurut mereka nyaman (yang artinya mereka bisa buang kotoran sembarangan). Taruh kotak pasir ini di tempat yang tenang.

Jangan hanya menyediakan satu kotak pasir saja. Siapkan setidaknya dua kotak pasir di tempat yang berbeda. Hal ini mengantisipasi beberapa kucing ini tidak suka buang kotoran di tempat yang sama. Menyiapkan kotak pasir di beberapa sudut yang sering mereka jangkau sangat direkomendasikan. Dan pastikan selalu membersihkan pasir setidak dua kali dalam sehari (pagi dan malam).

3. Latihan Fisik

Cara merawat kucing Maine Coon yang berikutnya adalah memperhatikan dan menjaga kualitas fisik mereka. Kucing Maine Coon membutuhkan olah raga. Hal ini karena mereka memiliki energi yang besar sehingga mereka harus sering melakukan kegiatan atau aktifitas fisik seperti berlari dan bermain. Jika sobat memiliki halaman yang luas, menyediakan saranan khusus untuk mereka bermain dan memanjat tentu saja sangat baik. Waktu aktif kucing Maine Coon adalah ketika sore hari (senja) dan menjelang pagi hari (fajar).

Cara Merawat Kucing Maine Coon
Sediakan mereka sarana untuk beraktifitas fisik

Kucing ini juga sangat mahir memanjat, jika ada pohon di sekitar rumah sobat, ini adalah hal yang sangat baik bagi mereka. Jika tidak ada pohon, arena bermain kucing seperti Cat Condo atau pohon-pohonan khusus bisa dibuatkan untuk mereka.

4. Bermain

Tips atau cara merawat kucing Maine Coon yang lain adalah sobat jangan lupa untuk selalu mengajak mereka bermain-main. Kucing ini dipastikan adalah jenis kucing yang sangat suka bermain-main. Beberapa produk mainan kucing banyak tersedia saat ini yang bisa digunakan untuk bermain bersama mereka. Untuk tetap melatih insting berburu mereka, mainan tikus-tikusan yang bisa bergerak sangat direkomendasikan.

5. Jaga Mereka Tetap di Dalam Rumah

Kucing Maine Coon adalah kucing rumahan yang manis. Namun jika sobat memiliki ruangan luar rumah yang aman bagi mereka hal tersebut tidak menjadi masalah jika mereka selali diluar. Intinya adalah selama dia bermain diluar namun masih berada dalam lingkungan sekitar itu tidak masalah. Yang harus dikhawatirkan adalah jika membiarkan mereka bermain diluar yang memiliki potensi berbahaya seperti berkelahi dengan kucing liar atau ancaman kendaraan bermotor yang melintas.

6. Media Untuk Garukan

Seperti kucing lain, kucing Maine Coon juga suka menggaruk. Agar perangkat furniture seperti sofa atau lemari sobat tidak rusak karena garukan, sediakan media khusus untuk mereka menggaruk/mencakar. Hal ini sangat penting karena ketika mereka menggaruk-garuk hal tersebut adalah satu cara untuk menghilangkan kadar stres. Tidak adanya sarana untuk menggaruk tentu saja berpotensi memancing stres dan kerusakan perangkat rumah tangga sobat.

7. Jangan Biarkan Kucing Maine Coon Merasa Kesepian

Kucing Maine Coon adalah kucing yang memiliki jiwa sosial sangat tinggi. Mereka dikenal sangat jinak, menurut dan sayang kepada pemiliknya. Mereka juga memiliki hubungan yang baik dengan hewan peliharaan lain bahkan anjing. Agar mereka selalu sehat secara emosional, luangkan waktu khusus sobat bagi mereka.

Cara Merawat Kucing Maine Coon
Sediakan mainan untuk kucing Maine Coon agar mereka tidak bosan

Beberapa kegiatan yang sangat mereka sukai bersama pemiliknya adalah seperti tidur bersama dan di gendong. Ajak mereka berbicara yang lembut dan jangan abaikan jika mereka selalu mengikuti kita kemana saja. Jika sobat mengandangkan mereka, biarkan setiap beberapa saat mereka menikmati dunia luar kandang bersama pemiliknya.

Jika sobat sibuk bekerja, sangat disarankan memberikan hewan peliharaan lain sebagai teman. Berikan mereka teman kucing lain dan itu tidak harus sesama jenis Maine Coon. Intinya adalah tidak membiarkan mereka kesepian dan bengong ketika sobat meninggalkan mereka bekerja.

8. Kunjungan Dokter Hewan

Masalah kesehatan juga harus menjadi perhatian utamanya. Meski mereka tidak sakit, buatlah jadwal rutin untuk memeriksakan kondisi mereka ke dokter hewan. Pemberian vaksin secara rutin juga sangat disarankan untuk memberikan mereka kualitas hidup yang lebih baik.

Segera bawa menemui dokter hewan jika sobat menemukan masalah berikut ini:

  • Kesulitan bernafas
  • Air liur yang keluar secara berlebihan
  • Bersin-bersin hingga mengeluarkan ingus berlebihan
  • Muntah terus-menerus
  • Nafsu makan yang menurun atau bahkan hilang
  • Suka bersembunyi
  • Mengeong yang berlebihan

B. Perawatan

9. Sisir Bulu Kucing Secara Rutin

Bulu gimbal mereka memerlukan perawatan rutin. Menyisir bulu kucing secara rutin sangat bermanfaat seperti mengangkat bulu mati. Bulu-bulu mati ini jika terjilat akan memicu hair ball. Hair ball pada kucing memang hal yang wajar, namun kita bisa mengurangi intensitas hair ball dengan rajin menyisir bulu kucing. Selain itu, rajin menyisir bulu juga akan menghindari bulu mereka nampak kusut dan suram.

Seberapa sering kita harus menyisir bulu mereka? Tidak ada pola yang pasti namun cukup lakukan selama sobat sudah mengira hal tersebut cukup. Idealnya lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu atau minimal seminggu satu kali. Proses penyisiran juga tidak perlu lama-lama cukup 10-15 menit.

10. Mandikan Seperlunya

Sebagai hewan yang suka menjaga kebersihan tubuhnya, kucing tidak perlu sering-sering mandi. Mandikan saja ketika mereka sudah nampak sangat lusuh atau terkena kotoran yang berat. Idealnya setidaknya minimal sebulan sekali sudah cukup bagi mereka. Karena Maine Coon termasuk suka air seperti koleganya yaitu Turkish Van, memandikan mereka sangat mudah sekali.

11. Potong Kuku

Kuku kucing Maine Coon tajam dan melengkung. Bentuk ini tercipta sebagai sarana mereka berburu (ketika di alam). Namun karena mereka adalah kucing peliharaan, sobat bisa memotong kuku secukupnya tidak terlalu pendek. Memotong kuku juga diperlukan agar mereka tidak meninggalkan goresan parah ketika mereka menggaruk atau mencakar. Produk pemotong kuku khusus kucing bisa dengan mudah dibeli di toko perlengkapan hewan peliharaan.

Cara Merawat Kucing Maine Coon
Potong kuku kucing Maine Coon secara rutin

Potong kuku kucing hanya jika diperlukan saja terutama jika sobat sudah menyediakan sarana bagi mereka untuk menggaruk. Bagaimanapun juga kucing secara alamiah sangat membutuhkan kuku mereka untuk memanjat, bermain, makan, berburu dan berkelahi (jika diperlukan).

12. Gosok Gigi

Selayaknya gigi manusia, gigi kucing juga perlu perawatan khusus agar tidak menimbulkan plak dan karang gigi. Kegiatan ini memang bisa dikatakan sulit karena kebanyakan kucing akan menolak ketika gigi mereka berusaha kita bersihkan. Ada produk sikat gigi dan pasta gigi khusus kucing. Sobat bisa membeli produk ini untuk melakukan perawatan gigi kucing Maine Coon setidak seminggu cukup 1 kali. Untuk menghindari plak dan karang gigi, jangan terlalu sering memberi makan kucing dengan produk makanan basah (wet food) kemasan. Pemberian makanan basah berikan dalam jangka waktu tertentu contohnya setiap 3-4 hari sekali.

Sikat gigi khusus kucing
Sikat gigi khusus kucing (sumber gambar Amazon)

13. Membersihkan Telinga

Cara merawat kucing Maine Coon berikutnya yaitu dengan rutin membersihkan telinga mereka. Kotoran telinga kucing bentuknya menyerupai lilin dan dan jika dibiarkan begitu saja akan semakin menumpuk dan dapat memicu infeksi. Ada produk obat tetes telinga khusus kucing yang akan melelehkan kotoran telinga dan kemudian kotoran tersebut akan keluar dengan sendirinya ketika sudah mencair. Ketika kotoran tersebut sudah keluar di telinga dalam bagian luar, sobat bisa membersihkannya dengan kapas yang sudah diberi baby oil. Hati-hati jika membersihkan telinga menggunakan cotton bud jangan terlalu memasukkan hingga ke bagian dalam telinga. Cukup bersihkan telinga dalam bagian luar saja.

Baca juga: Waspada Kutu Telinga Kucing! Bisa Mematikan

Amati juga jika kucing terdeteksi sering menggaruk bagian telinga itu adalah indikasi kucing diserang oleh kutu telinga atau ear mites. Kutu telinga jika tidak dibasmi akan membahayakan kondisi kesehatan kucing. Gunakan produk khusus untuk membasmi kutu telinga kucing.

Wah sepertinya setelah membaca panduan diatas nampaknya memelihara kucing jenis Maince Cood ini kok sulit ya? Perawatan kucing Maine Coon secara umum tidak terlalu sulit. Mungkin pada awalnya ketika membaca panduan cara merawat kucing Maine Coon ini terlihat nampaknya banyak dan ribet. Namun percayalah seiring waktu sobat akan terbiasa dan akan menikmati hasilnya ketika kucing Maine Coon sobat terlihat gagah dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *