Cara Merawat Kucing Hamil
Cara Merawat Kucing Hamil

Tips dan Cara Merawat Kucing Hamil

Posted on

KucingMania.net – Mempunyai kucing betina yang sedang hamil artinya kita harus segera mempersiapkan segala kebutuhan untuk kucing tersebut. Tidak terlalu sulit menyiapkan segala kebutuhan kucing menjelang ia melahirkan anak-anaknya. Induk kucing adalah induk yang mandiri, ia bisa menangani semuanya sendirian. Kita hanya perlu menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan oleh kucing hamil selama 9 minggu kehamilannya. Berikut inilah beberapa cara merawat kucing hamil yang bisa sobat terapkan dirumah.

Cara Merawat Kucing Hamil

1. Jika sobat memiliki banyak waktu, ada baiknya membawa kucing hamil untuk menemui dokter hewan untuk memeriksakan kondisinya. Ada beberapa hal yang perlu diperiksakan terkait pemeriksaan parasit dan masalah lainnya.

2. Cara merawat kucing hamil yang berikutnya adalah memberikannya makanan kucing yang berkualitas. Kucing hamil akan membutuhkan lebih banyak nutrisi. Biarkan ia makan sebanyak yang diinginkannya. Tidak perlu memberinya jadwal makan atau membatasinya. Pastikan kebutuhan akan protein dan kalsium tinggi ia dapatkan. Dan jangan lupa sediakan selalu minuman air bersih. (Baca jugaMakanan Sehat Untuk Kucing Kesayangan Kita)

3. Berikan lebih banyak selimut atau bantal di tempat tidurnya. Jaga ia selalu merasa nyaman. Terutama ketika usia kehamilan 7 minggu, siapkan sarang yang nantinya akan digunakannya melahirkan. Untuk memilih tempat bersarang, induk kucing akan mencari tempat yang menurutnya nyaman. Sediakan beberapa kotak atau tempat di beberapa sudut agar ia bisa memilih sendiri tempatnya.

4. Cara merawat kucing hamil yang berikutnya adalah jangan biarkan kucing hamil sering berkeliaran diluar rumah. Ada baiknya ia selalu di dalam rumah dan berada dalam pengawasan pemiliknya.

5. Pada usia kehamilan sembilan minggu, kucing akan mulai menunjukkan tanda-tanda seperti sering buang air kecil dan mengeong. Kucing hamil akan lebih banyak menghabiskan waktu di sarangnya. Selalu siapkan air minum di dekatnya.

6. Cara merawat kucing hamil yang berikutnya adalah menyediakan sarang. Untuk membuat area bersarang, sobat bisa menyiapkan kotak kardus besar yang dilapisi dengan kain yang nyaman. Tidak masalah jika sobat memberikan kain-kain bekas untuk tempatnya melahirkan. Karena ada baiknya nanti kain-kain ini bisa langsung dibuang ketika proses melahirkan selesai. Ada kalanya kucing tidak memilih tempat yang sudah kita siapkan. Dan itu juga tidak masalah selama tempat tersebut mudah diawasi dan dalam area yang aman. Jangan memaksanya atau memindahkan ke tempat lain karena akan membuat kucing hamil stres.

7. Ketika saatnya melahirkan tiba, sobat jangan ikut campur tangan. Ini adalah proses alami dan kucing akan secara naluri bisa mengatasinya sendirian.

Baca juga: Tips Merawat Kucing Kesayangan

Ketika kucing melahirkan, suara berisik dari kucing akan menjadi hal yang normal. Secara umum semua kelahiran anak kucing akan berjalan dengan normal dan proses melahirkan membutuhkan waktu berjam-jam. Sebagai pemiliki kucing betina, mengetahui cara merawat kucing hamil adalah kebutuhan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh para pemilik kucing. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar