Panduan Dasar Cara Merawat Kucing Bengal

Posted on

Kucing Bengal adalah kucing yang berpenampilan eksotis, cantik, dan nampak seperti kucing liar. Kucing ini juga termasuk kucing yang cerdas karena kemampuan adaptasi yang sangat bagus. Saat ini Kucing Bengal semakin populer di kalangan pecinta kucing karena penampilannya yang sangat menarik. Meski memiliki harga yang relatif mahal namun hal tersebut tidak menghalangi semakin banyak penggemarnya. Mungkin sobat adalah salah satu pemilik kucing Bengal dan saat ini sedang mencari informasi cara merawat kucing Bengal? Nah, sobat bisa membaca ulasan dibawah ini.

Kucing Bengal adalah hasil pencampuran ras kucing dengan campur tangan manusia. Mereka adalah hasil pencampuran antara kucing macan tutul Asia (Felis Bengalensis — yang merupakan asal mula nama “Bengal”) dengan kucing peliharaan seperti Abyssinian, Egyptian Mau, atau American Shorthair. Oleh karena itu kucing ini memiliki penampilan seperti kucing hutan liar atau macan tutul namun memiliki kepribadian jinak kucing peliharaan.

Cara Merawat Kucing Bengal

Secara umum, tidak ada perawatan berat dan khusus untuk memelihara kucing Bengal. Tidak seperti Kucing Sphynx yang harus mendapatkan perawatan ekstra ketat karena tidak memiliki bulu panjang. Namun beberapa perawatan berikut bisa diberikan kepada kucing Bengal agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

  1. Penampilan indah kucing Bengal nampak dari bulu-bulu mereka yang menyerupai macan tutul atau kucing hutan, oleh karena itu merawat bulu mereka tetap sehat sangat diperlukan. Faktor makanan adalah salah satu faktor dominan untuk menjaga kesehatan bulu. Rajinlah menyisir bulunya disitu untuk menghilang bulu mati dan membantu mencegah bola rambut (hairball).
  2. Potong kuku kucing setiap beberapa minggu dan berikan tempat garukan khusus daripada nanti dia menggaruk sofa atau lemari.

    Cara Merawat Kucing Bengal
    Kucing Bengal adalah kucing yang aktif
  3. Kucing Bengal adalah kucing yang aktif dan sobat sebisa mungkin harus menyediakan tempat khusus memanjat (cat condo) agar kucing mempunyai tempat bertengger untuk mengamati ruangan.
  4. Kucing Bengal dikenal suka air, suatu sifat yang tidak dimiliki kebanyakan kucing peliharaan. Sobat mungkin harus berhati-hati bila memiliki akuarium berisi ikan. Jika sobat memiliki kolam, jangan kaget jika dia nantinya akan memasuki kolam tersebut.

    Cara Merawat Kucing Bengal
    Royal Canin Bengal
  5. Makanan yang sangat direkomendasikan untuk Kucing Bengal salah satunya adalah Royal Canin Bengal.
  6. Kucing ini memiliki tingkat aktifitas yang tinggi, sangat tidak disarankan memasukkan mereka di dalam kandang yang sempit atau terlalu dikurung di dalam ruangan tertutup terus menerus.
  7. Jika sobat hanya memiliki 1 kucing bengal, usahakan berikan dia teman kucing lain. Tidak perlu sesama kucing Bengal yang penting dia punya teman bersosialisasi. Karena jika kucing ini sendirian, dia akan cenderung berisik dan gaduh.
  8. Kucing Bengal adalah kucing yang loyal dan setia. Sering ajak kucing ini bermain karena dia sangat suka bermain. Interaksi tinggi bersama kucing ini akan meningkatkan kesetiaan kucing ini terhadap pemiliknya.
  9. Kucing Bengal adalah kucing yang gesit dan cerdas. Karena itu dengan ketekunan, mereka bisa dilatih untuk melakukan hal tertentu.
  10. Disarankan untuk mensterilkan kucing Bengal jika sobat tidak berencana mengembang biakkan mereka. Steril dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan memberi peluang hidup lebih lama.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang kerap ditemui di Kucing Bengal:

  • Katarak – pada awalnya muncul kerutan dan penebalan pada lensa mata kucing yang menyebabkan penglihatan terganggu. Jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kebutaan. Operasi katarak untuk kucing saat ini sudah bisa dilakukan oleh dokter hewan.
  • Kardiomiopati – penebalan atau penipisan otot jantung.
  • Inflammatory Bowel Disease atau infeksi saluran pencernaan. Biasanya diawali dengan muntah atau diare.

*Konsultasikan dengan dokter hewan terkait masalah kesehatan kucing.

Baca juga: Fakta Tentang Kucing Yang Unik dan Diluar Dugaan

Nah itulah beberapa cara merawat kucing bengal. Secara umum tidak sulit memelihara kucing ini karena mereka adalah salah satu ras kucing yang mudah dirawat dan memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik. Dengan harga jualnya yang tinggi, perhatian ekstra tetap harus dibutuhkan agar kucing ini mampu mendapat kualitas hidup yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *