Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh

Luka jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi pada kucing. Ada beberapa cara mengobati luka pada kucing baik secara alami atau dengan bantuan obat medis.

Kucing terluka adalah hal yang biasa terjadi. Hal-hal seperti perkelahian antar kucing atau sebab lain seperti kucing tertabrak atau terjatuh dapat memicu luka-luka pada kucing. Luka ringan secara alami bisa cepat sembuh dengan baik.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh (shutterstock)

Namun beberapa luka ringan bisa menjadi berat jika terjadi infeksi akibat tidak tertangani dengan baik. Ada beberapa cara mengobati luka pada kucing baik secara alami atau dengan bantuan obat medis.

Luka pada kucing jika tidak tertangani dengan baik bisa terkena resiko infeksi dan menjadi Abses. Pada beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Biasanya yang memicu hal ini adalah luka perkelahian diantara sesama kucing terutama dengan kucing liar yang kotor.

Oleh karena jika kucing sobat mengalami luka-luka segera saja beri pertolongan. Berikut ini beberapa cara mengobati luka pada kucing agar cepat sembuh.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh

1. Cukur Bulu

Langkah awal adalah mencukur dan membersihkan bulu-bulu yang ada di sekitar luka. Pastikan di sekitar luka-luka kucing bulunya sudah tercukur bersih. Hal ini penting untuk memudahkan proses pembersihan dan pengobatan luka-luka.

2. Bersihkan Luka

Langkah pertama ketika mendapati kucing terluka adalah dengan membersihkan luka tersebut agak tidak terkena kuman atau bakteri. Sobat bisa membersihkan luka-luka kucing dengan menggunakan Betadine atau cairan infus NaCL.

Cairan infus bisa digunakan untuk membersihkan luka dan sangat direkomendasikan karena tidak memberikan rasa perih di luka kucing (cenderung memberi rasa dingin dan nyaman). Produk lain yang bisa digunakan untuk membersihkan luka adalah Rivanol namun produk ini memberikan rasa perih pada luka.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing
Luka parah pada kucing (gambar oleh MCL)

3. Obat Alami

Pengobatan alami yang bisa diberikan kepada kucing yang mengalami luka adalah dengan menggunakan parutan kunir atau kunyit. Kunir mengandung antibiotik alami dan sangat bagus untuk segera mengeringkan luka.

Jika sobat tidak memiliki kunir, mengolesi luka dengan minyak tawon juga terbukti cukup ampuh mengeringkan dan menyebuhkan luka pada kucing.

Baca juga:

4. Obat Medis

Beberapa obat-obatan manusia atau produk kesehatan yang bisa diberikan untuk membantu kesembuhan luka kucing adalah:

  • Bioplacenton
  • Obat Merah
  • Benoson N Cream
  • Sanoskin Oxy
  • Propolis
  • Amoxicillin (harus digerus hingga halus dan kemudian ditaburkan pada luka).
  • Super Tetra (buka kapsulnya dan taburkan serbuknya ke luka, namun obat ini terasa perih dan berpotensi membuat kucing rewel).
  • Nebacetin.

Sedangkan produk khusus hewan yang bisa diberikan untuk mengobati luka kucing adalah MicrocynAH.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing
MicrocynAH direkomendasikan untuk obat luka kucing
  • Pemberian obat-obatan diatas berikan sesuai kadar lukanya. Jika luka masih dalam tahap ringan, berikan pengobatan dua kali dalam sehari. Jika luka sudah masuk dalam tahap parah, berikan 3-4 kali dalam sehari
  • Jika luka kucing sudah parah, pakaikan collar agar kucing tidak selalu menjilati luka tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengobati luka pada kucing yang bisa sobat terapkan. Ada baiknya sobat segera membaca kucing menemui dokter hewan jika tidak ada perkembangan setelah luka dirawat sendiri.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar