Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh

Bagaimana cara mengobati kucing luka? Ada beberapa cara mengobati luka pada kucing baik secara alami atau dengan bantuan obat medis.

Kucing terluka adalah hal yang biasa terjadi. Hal-hal seperti perkelahian antar kucing atau sebab lain seperti kucing tertabrak atau terjatuh dapat memicu luka-luka pada kucing. Luka ringan secara alami bisa cepat sembuh dengan baik.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh
Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh (shutterstock)

Namun beberapa luka ringan bisa menjadi berat jika terjadi infeksi akibat tidak tertangani dengan baik. Ada beberapa cara mengobati luka pada kucing baik secara alami atau dengan bantuan obat medis.

Luka pada kucing jika tidak tertangani dengan baik bisa terkena resiko infeksi dan menjadi Abses. Pada beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Biasanya yang memicu hal ini adalah luka perkelahian diantara sesama kucing terutama dengan kucing liar yang kotor.

Oleh karena jika kucing sobat mengalami luka-luka segera saja beri pertolongan. Berikut ini beberapa cara mengobati luka pada kucing agar cepat sembuh.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh

1. Cukur Bulu

Langkah awal adalah mencukur dan membersihkan bulu-bulu yang ada di sekitar luka. Pastikan di sekitar luka-luka kucing bulunya sudah tercukur bersih. Hal ini penting untuk memudahkan proses pembersihan dan pengobatan luka-luka.

2. Bersihkan Luka

Langkah pertama ketika mendapati kucing terluka adalah dengan membersihkan luka tersebut agak tidak terkena kuman atau bakteri. Sobat bisa membersihkan luka-luka kucing dengan menggunakan Betadine atau cairan infus NaCL.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing
Luka parah pada kucing (gambar oleh MCL)

Cairan infus bisa digunakan untuk membersihkan luka dan sangat direkomendasikan karena tidak memberikan rasa perih di luka kucing (cenderung memberi rasa dingin dan nyaman).

Produk lain yang bisa digunakan untuk membersihkan luka adalah Rivanol namun produk ini memberikan rasa perih pada luka.

3. Obat Alami

Pengobatan alami yang bisa diberikan kepada kucing yang mengalami luka adalah dengan menggunakan parutan kunir atau kunyit. Kunir mengandung antibiotik alami dan sangat bagus untuk segera mengeringkan luka.

Jika sobat tidak memiliki kunir, mengolesi luka dengan minyak tawon juga terbukti cukup ampuh mengeringkan dan menyebuhkan luka pada kucing.

Baca juga:

4. Obat Medis

Beberapa obat-obatan manusia atau produk kesehatan yang bisa diberikan untuk membantu kesembuhan luka kucing adalah:

  • Bioplacenton
  • Obat Merah
  • Benoson N Cream
  • Sanoskin Oxy
  • Propolis
  • Amoxicillin (harus digerus hingga halus dan kemudian ditaburkan pada luka).
  • Super Tetra (buka kapsulnya dan taburkan serbuknya ke luka, namun obat ini terasa perih dan berpotensi membuat kucing rewel).
  • Nebacetin.

Sedangkan produk khusus hewan yang bisa diberikan untuk mengobati luka kucing adalah MicrocynAH.

Cara Mengobati Luka Pada Kucing
MicrocynAH direkomendasikan untuk obat luka kucing
  • Pemberian obat-obatan diatas berikan sesuai kadar lukanya. Jika luka masih dalam tahap ringan, berikan pengobatan dua kali dalam sehari. Jika luka sudah masuk dalam tahap parah, berikan 3-4 kali dalam sehari
  • Jika luka kucing sudah parah, pakaikan collar agar kucing tidak selalu menjilati luka tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengobati luka pada kucing yang bisa sobat terapkan. Ada baiknya sobat segera membaca kucing menemui dokter hewan jika tidak ada perkembangan setelah luka dirawat sendiri.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Baca juga:

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

16 pemikiran pada “Cara Mengobati Luka Pada Kucing Agar Cepat Sembuh”

  1. Mau tanya saya ada kucing jantan habis berkelahi dengan kucing liar dan luka dibagian mulut seperti nya rahang dan satu taring bawahnya patah gimana ya cara ngobatin nya?? Supaya cepet sembuh soalnya masih suka keluar darah.

    Balas
  2. Saya ada kucing stray jantan, awal dtg kerumah. Bawah dagu ada luka baru, sepertinya luka berantem, dan banyak luka cakaran dikepala+leher. Saya obatin dg tamacilin.
    Lalu 3 hari kemudian baru kelihatan lg, luka yg tadinya masih baru (sdh saya obatin,dan kasih tamacilin,klo kucing lain sekali kasih langsung sembuh lukanya) entah ini kok lukanya makin numpuk? (darah yg gegumpal dan makin banyak luka cakarannya)
    Saya kandangin (terpaksa gitu,krn cakarannya numpuk darah gumpal,dan luka yg tadinya hanya terlihat bekas darah berantem sekarang gegumpal).
    Tiap hari saya kasih minyak vco dioles2 sambil di gosok2, lama lama kelupas.
    Yg mau saya tanyakan, apakah itu scabies ya?
    Saya mau obatin binggung, dg cara obat2 luka, atau dg cara obat2 scabies.
    Saya blm pernah nemuin kucing scabies, jd saya msh blm pengalaman.
    Terima kasih.

    Balas
    • scabies itu cirinya ada kerak. sering dibersihkan bagian yang luka² dengan cairan nacl (infus), kemudian semprot dengan scadix. kalau sudah dalam kandang, jemur juga pagi hari antara jam 8 sampai jam 10 an cukup 15 menitan aja. yang dikhawatirkan adalah infeksi. pastikan ketika menangani kucing dengan menggunakan sarung tangan, atau kalau gak punya sarung tangan pastikan cuci tangan sampai bersih.

      Balas
    • ditabur aja di lukanya, bersihkan dulu lukanya ya, cuman ya kelemahannya bikin rewel si kucing karena perih dan nanti akan dijilatin. kalau lukanya parah, kasih corong (kalung corong) aja di lehernya biar tidak bisa jilat-jilat.

      Balas

Tinggalkan komentar