Cara Mengobati Luka Kucing (Metode Obat dan Alami)

Sangat penting untuk segera memberikan pengobatan kepada kucing yang terluka. Berikut ini cara mengobati luka kucing yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Apakah sobat pernah panik ketika mendapati kucing kesayangan terluka? Tidak bisa dipungkiri ada kalanya kucing akan menderita luka-luka dibagian tubuhnya.

Cara Mengobati Luka Kucing
Cara Mengobati Luka Kucing

Namun dengan penanganan cepat dan tepat, luka di tubuh kucing bisa disembuhkan dan bisa terhindar dari masalah serius lainnya. Nah kali ini kucingmania akan membagikan beberapa cara mengobati luka kucing yang bisa sobat terapkan pada kucing kesayangan.

Luka di tubuh kucing bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti akibat terjatuh, terkena cakaran kucing lain, garukan parah atau beberapa hal yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Luka luar bisa disembuhkan dengan cepat asal penanganan cepat dan tepat.

Berikut inilah beberapa cara mengobati luka kucing. Cara pengobatan luka pada kucing ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, rekomendasi dari dokter hewan dan juga pengalaman dari komunitas pecinta kucing.

Cara Mengobati Luka Kucing

1. Menggunakan Obat

1.1 Pembersihan Luka

Ada dua langkah dalam mengobati luka luar kucing. Pertama yaitu melakukan pembersihan luka sebelum mengobatinya. Ketika kucing sudah terlihat mengalami luka, langkah awal adalah sobat harus segera membersihkan lukanya. Berikut ini beberapa obat-obatan atau produk yang bisa digunakan untuk membersihkan luka.

  1. Dettol
  2. Rivanol
  3. Betadine Cair
  4. Cairan Infus Ringer Laktat (RL) atau NaCL.
Cara Mengobati Luka Kucing
Bersihkan luka kucing menggunakan cairan infus RL

Berdasar pengalaman pribadi, untuk membersihkan luka lebih mudah menggunakan cairan infus Ringer Laktat (RL) atau NaCL. Cairan ini tidak menyebabkan perih dan terasa dingin pada luka sehingga kebanyakan kucing tidak rewel. Beberapa kasus pembersihan luka menggunakan Rivanol dan Betadine, kucing akan merasakan perih yang memancing kerewelan kucing.

Cara Mengobati Luka Kucing
Sebelum diobati, luka pada kucing harus dibersihkan dulu

1.2 Pengobatan

Setelah luka dibersihkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan. Semakin parah tingkat luka, semakin rewel kucing ditangani. Lakukan pengobatan dengan kesabaran dan hati-hati. Karena beberapa kucing yang tidak suka dirawat karena luka cenderung akan marah dan bisa mencakar atau menggigit.

Berikut ini beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengobati luka kucing:

  1. Benoson
  2. Bioplacenton
  3. Amoxicillin Cair
  4. Genoint Salep Kulit
  5. Betason-N
  6. Super Tetra (ambil bagian dalam saja dan taburkan pada luka)
  7. Amoxilin (hancurkan hingga lembut dan taburkan pada luka).

TIPS:

  • Ketika memberikan obat kepada luka kucing, usahakan jangan langsung mengoleskannya dengan jari kita. Oleskan obat menggunakan cotton bud yang bersih. Hal ini untuk menghindari kuman dan bakteri mengenai luka kucing
  • Berikan collar kepada kucing jika perlu untuk menghindari kucing menjilat bagian yang terluka
  • Gunting bulu-bulu di sekitar luka agar mudah dalam memberikan pengobatan.

Namun ada kasus dimana kucing terlambat ditangani ketika terluka dan akhirnya keluar nanah dari luka tersebut. Cara mengobati luka kucing yang bernanah:

  • Pertama dan yang penting adalah membersihkan luka tersebut dengan mengeluarkan dan membersihkan nanahnya. Pastikan luka kucing bersih dari nanah sebelum diobati
  • Kedua memberikan pengobatan. Obat yang bisa digunakan untuk mengobati luka kucing yang bernanah seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

2. Cara Alami

2.1 Madu

Cara mengobati luka kucing dengan metode alami, sobat bisa menggunakan madu murni. Beberapa kasus kucing dengan luka terbuka bisa kering dengan cepat setelah luka dilumuri oleh madu. Dan madu juga sangat aman jika terjilat kucing. Beberapa dokter hewan diketahui mengoleskan madu murni pada luka pasca operasi.

2.2 Minyak Tawon

Minyak tawon juga bisa digunakan untuk mengobati luka pada kucing. Pengalaman pribadi, selama ini saya lebih suka menggunakan minyak tawon untuk merawat luka kucing (asalkan lukanya tidak parah). Minyak tawon juga sangat aman jika terpaksa dijilat oleh kucing.

Apa yang terjadi jika luka pada kucing tidak segera di obati?

Kemungkinan terburuk jika kucing tidak segera diobati ketika luka adalah infeksi. Ketika kucing infeksi, ada kalanya kucing akan demam. Dan ketika kucing sakit demam, kucing akan tidak doyan makan dan malas untuk beraktifitas. Jika sudah terindikasi infeksi luka, sobat harus menambahkan antibiotik untuk mengobati luka tersebut.

Baca juga:

Antibiotik yang bisa digunakan pada luka kucing adalah Nebacetin atau Enbatic. Namun langkah terbaik dalam pemberian antiobiotik adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Pemberian antibiotik harus tepat sesuai dengan usia dan berat badan kucing.

Itulah beberapa cara mengobati luka kucing dengan obat maupun dengan cara alami. Sangat penting kucing segera mendapatkan perawatan luka ini. Karena jika terlambat atau tidak ditangani, bagian tubuh yang luka bisa membusuk yang membuat kucing bisa diamputasi serta hal terburuk bisa menyebabkan kematian pada kucing (akibat infeksi akut).

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

Tinggalkan komentar