Kucing Sariawan? Inilah Cara Manjur untuk Mengobatinya

Kucing sobat menderita sariawan? Inilah beberapa pengobatan yang bisa digunakan untuk mengatasi kucing sariawan baik secara alami maupun pengobatan salep.

Sama seperti kita manusia, kucing bisa juga terkena sariawan. Sariawan pada kucing bisa menjadi hal yang sangat merepotkan bagi pemilik maupun kucing sebagai penderita.

Mengobati Kucing Sariawan
Mengobati Kucing Sariawan (shutterstock)

Kebanyakan kasus kucing menderita sariawan akan sulit makan dan minum. Jika kucing sudah terdeteksi terkena sariawan, sebelum sobat memutuskan untuk membawanya ke dokter hewan, ada beberapa cara mengobati kucing sariawan yang bisa dilakukan.

Penyebab Kucing Sariawan

Namun sebelum kita membahas masalah sariawan pada kucing, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab kucing terkena sariawan. Berikut ini beberapa penyebab kucing mengalami sariawan:

  • Kurang asupan cairan (minum)
  • Adanya masalah mulut seperti luka di dalam mulut kucing (terkena duri atau makanan keras seperti tulang kemudian luka)
  • Virus
  • Luka dalam
  • Beberapa kasus dikarenakan perubahan merk makanan
  • Terlalu sering makan makanan basah (wet food).

Sedangkan beberapa ciri-ciri kucing terkena sariawan adalah:

  • Mulut mengeluarkan bau tidak sedap
  • Mulut selalu terbuka
  • Berliur / air liur menetes
  • Nafsu makan dan minum turun (paling parah bahkan tidak mau makan dan minum sama sekali)
  • Terlihat peradangan pada bagian mulut dalam.

Jika sudah dipastikan kucing mengalami sariawan, kita bisa memberikan beberapa pengobatan kepada kucing kesayangan kita. Cara pengobatan berikut ini ada yang menggunakan bahan-bahan alami dan obat-obatan.

Cara Mengobati Kucing Sariawan

1. Menggunakan Kunyit

Pilihan pertama untuk mengobati sariawan pada kucing adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit adalah antibiotik alami untuk mengobati penyakit dalam.

Caranya juga sangat mudah yaitu parut saja kunyit dan kemudian peras dengan air secukupnya. Tambahkan madu dan kemudian minumkan kepada kucing yang terkena sariawan. Kebanyakan kucing akan tidak mau minum sendiri, jadi berikan pengobatan ini menggunakan sepet/spuit.

kucing sariawan
Kunyit untuk mengobati kucing sariawan (sumber gambar freepik.com)

2. Kandistatin

Kandistatin adalah obat sariawan untuk manusia namun aman digunakan untuk mengatasi sariawan pada kucing. Salep ini bisa dibeli bebas di apotik. Caranya cukup mengoles salep Kandistatin ke bibir kucing sariawan. Salep ini tidak perih dan jangan gunakan terlalu banyak.

3. Bufacomb

Sama seperti Kandistatin, Bufacomb adalah salep sariawan untuk manusia yang aman digunakan pada kucing. Gunakan secukupnya sampai sariawan kucing sembuh.

4. Amoxicillin

Amoxicillin juga aman digunakan untuk mengobati sariawan pada kucing. Cara yang baik adalah dengan mencampurkan Amoxicillin dengan makanannya.

Karena kebanyakan kasus sariawan kucing akan sulit atau enggan makan, maka sobat bisa mencampurkan Amoxicillin dengan wet food atau dry food yang diblender hingga lembut (campur air secukupnya). Kemudian masukkan dosis Amoxicillin separuh saja ke dalam makanan ini dan kemudian sepetkan/menggunakan spuit dengan makanannya.

Jika sobat sudah mencoba mengobati kucing yang sariawan namun hingga 7 hari belum sembuh, ada baiknya segera membawa kucing menemui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Karena ada beberapa masalah kesehatan serius pada kucing yang diawali dengan ciri yang mirip dengan ciri sariawan pada kucing seperti Calici, keracunan makanan, infeksi pada gusi, dan penyumbatan saluran kencing.

Baca juga:

Sobat bisa memilih obat-obatan diatas atau juga bisa memadukannya dengan cara alami menggunakan kunyit bersamaan dengan salep. Normalnya, jika sariawan tidak parah akan sembuh dalam waktu 3-7 hari. Pastikan kucing tetap makan dan minum.

Berikan nutrisi seperti memberikan kuning telur mentah yang ditambah dengan madu agar nafsu makan dan kondisi kesehatan kucing tetap terjaga karena kucing sakit membutuhkan bantuan manusia agar cepat sembuh. Semoga bermanfaat.

Catatan: Artikel ini hanya untuk informasi. Kunjungi dokter hewan untuk nasihat dan perawatan medis.

Kurang lebih 20 tahun berkutat dengan dunia kucing. Mengabdikan sebagian hidupnya melayani 5 ekor kucing peliharaan. Senang mempelajari perilaku kucing dan membagikan pengetahuan tentang kucing dengan para pecinta kucing.

16 pemikiran pada “Kucing Sariawan? Inilah Cara Manjur untuk Mengobatinya”

  1. Dok itu obat sariawan kucing tapi ada juga bau mulut dan ada juga mata kucing berair,yang ditanya kunyit sama madu bolehkan ditambah lagi dengan multivitamin seperti calcium plus atau Biolysin

    Balas
  2. Dok mau tanya kucing sya mulut nya bau,mau makan tpi knp di gusinya kyk ada merah gitu,tapi yangpaling atas gusinya knp ya dok?

    Balas
  3. Dok kucing saya mulutnya bau trs gamau makan dan minum badannya kurus banget trs keliatan lemes banget itu gmn dok?
    Mau saya bawa ke dokter hewan tp gk punya uang

    Balas
  4. Dok sy mw tny ni kucing sy kucing kmpung trs dia skit mata berair,mulut berbau dan gk mau makan dan mnum.. mengobatinya dengan apa y dok

    Balas
    • 1. Bersihkan matanya dengan air hangat dan kapas. Lebih bagus lagi kalau menggunakan air rebusan daun sirih. Lakukan dua kali sehari.
      2. Beri madu + air perasan kunyit.
      3. Beri asupan multivitamin, yang paling mudah dan murah bisa pakai Biolysin atau Curcuma Plus.

      Balas
  5. Dok kan obat alami nya kan kunyit lalu ada penambahan yaitu madu boleh nggak madu nya di ganti sama susu atau air gula

    Balas
  6. Dok saya mau tanya kan obat alaminya kunyit lalu ada campuran nya seperti madu kalo madu bisa di ganti sama yg lain bisa dok

    Balas
  7. Kucing saya mulutnya berliur dan tidak mau makan dan minum mulutnya bau maunya tidur melulu , apa bisa sembuh sendiri, karena sy pegang aja GK mau, sy bersihin mulutnya meronta ronta sy siapin makanan dan minum jg GK mau, harus gimana dong

    Balas
  8. kucing sya kucing kmpung . kena sariawan lalu sya bwa ke klinik, kt dokter terkena virus, dokter terlalu cepat menjelaskan. jd sya lupa nama virus x, lalu kucing sya opname hrus bayar dp dlu 250 rb, dan tak ada rincian biaya masing2 tindakan brp.
    oooh andai saja klinik hewan difungsikan spt klinik human. teratur, nyaman, rincian biaya jelas, bisa dimengerti, bisa dipelajari.
    tp knpa klinik x spt ni( klinik a….s) sya harus byr pake apa klo mahalll…
    sekian terima kasih.

    Balas

Tinggalkan komentar