Kucing Sariawan
Kucing Sariawan

Manjur! Inilah Cara Mengobati Kucing Sariawan

Posted on

KucingMania.net – Kucing terkena sariawan? Yup bisa banget sobat. Sama seperti kita manusia, kucing bisa juga terkena sariawan. Sariawan pada kucing bisa menjadi hal yang sangat merepotkan bagi pemilik maupun kucing sebagai penderita. Kebanyakan kasus kucing menderita sariawan akan sulit makan dan minum. Jika kucing sudah terdeteksi terkena sariawan, sebelum sobat memutuskan untuk membawanya ke dokter hewan, ada beberapa cara mengobati kucing sariawan yang bisa dilakukan.

Namun sebelum kita membahas masalah sariawan pada kucing, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab kucing terkena sariawan. Berikut ini beberapa penyebab kucing mengalami sariawan:

  • Kurang asupan cairan (minum)
  • Adanya masalah mulut seperti luka di dalam mulut kucing (terkena duri atau makanan keras seperti tulang kemudian luka)
  • Virus
  • Luka dalam
  • Beberapa kasus dikarenakan perubahan merk makanan
  • Terlalu sering makan makanan basah (wet food)

Sedangkan beberapa ciri-ciri kucing terkena sariawan adalah:

  • Mulut mengeluarkan bau tidak sedap
  • Mulut selalu terbuka
  • Berliur / air liur menetes
  • Nafsu makan dan minum turun (paling parah bahkan tidak mau makan dan minum sama sekali)
  • Terlihat peradangan pada bagian mulut dalam

Jika sudah dipastikan kucing mengalami sariawan, kita bisa memberikan beberapa pengobatan kepada kucing kesayangan kita. Cara pengobatan berikut ini ada yang menggunakan bahan-bahan alami dan obat-obatan.

Cara Mengobati Kucing Sariawan

#1. Menggunakan Kunyit

Pilihan pertama untuk mengobati sariawan pada kucing adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit adalah antibiotik alami untuk mengobati penyakit dalam. Caranya juga sangat mudah yaitu parut saja kunyit dan kemudian peras dengan air secukupnya. Tambahkan madu dan kemudian minumkan kepada kucing yang terkena sariawan. Kebanyakan kucing akan tidak mau minum sendiri, jadi berikan pengobatan ini menggunakan sepet/spuit.

Kucing Sariawan
Mengobati kucing yang menderita sariawan bisa menggunakan kunyit (Gambar oleh TribunNews)

#2. Kandistatin

Kandistatin adalah obat sariawan untuk manusia namun aman digunakan untuk mengatasi sariawan pada kucing.  Salep ini bisa dibeli bebas di apotik. Caranya cukup mengoles salep Kandistatin ke bibir kucing sariawan. Salep ini tidak perih dan jangan gunakan terlalu banyak.

#3. Bufacomb

Sama seperti Kandistatin, Bufacomb adalah salep sariawan untuk manusia yang aman digunakan pada kucing. Gunakan secukupnya sampai sariawan kucing sembuh.

#4. Amoxicillin

Amoxicillin juga aman digunakan untuk mengobati sariawan pada kucing. Cara yang baik adalah dengan mencampurkan Amoxicillin dengan makanannya. Karena kebanyakan kasus sariawan kucing akan sulit atau enggan makan, maka sobat bisa mencampurkan Amoxicillin dengan wet food atau dry food yang diblender hingga lembut (campur air secukupnya). Kemudian masukkan dosis Amoxicillin separuh saja ke dalam makanan ini dan kemudian sepetkan/menggunakan spuit dengan makanannya.

Baca juga: Ampuh! Inilah Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing

Jika sobat sudah mencoba mengobati kucing yang sariawan namun hingga 7 hari belum sembuh, ada baiknya segera membawa kucing menemui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena ada beberapa masalah kesehatan serius pada kucing yang diawali dengan ciri yang mirip dengan ciri sariawan pada kucing seperti Calici, keracunan makanan, infeksi pada gusi, dan penyumbatan saluran kencing.

Sobat bisa memilih obat-obatan diatas atau juga bisa memadukannya dengan cara alami menggunakan kunyit bersamaan dengan salep. Normalnya, jika sariawan tidak parah akan sembuh dalam waktu 3-7 hari. Pastikan kucing tetap makan dan minum. Berikan nutrisi seperti memberikan kuning telur mentah yang ditambah dengan madu agar nafsu makan dan kondisi kesehatan kucing tetap terjaga karena kucing sakit membutuhkan bantuan manusia agar cepat sembuh. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Sementara ini masih memiliki dua peliharaan kucing berjenis Dome (kucing kampung) dan Mix. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar