Kucing Sakit Mata
Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

Posted on

KucingMania.net – Salah satu masalah gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada kucing adalah sakit mata. Masalah kucing sakit mata ini terjadi pada berbagai rentang usia kucing. Bahkan anak kucing berusia beberapa jam setelah lahir bisa saja terkena masalah penyakit mata ini. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan sakit mata pada kucing seperti infeksi dan gangguan dari bakteri. Kali ini saya akan berbagi tips cara mengobati kucing sakit mata yang bisa sobat coba lakukan sendiri di rumah.

Ketika kucing terkena masalah dengan matanya akan terlihat sangat jelas, seperti:

  • Mata sering belekan. Pada beberapa kasus belekan menutup seluruh mata kucing
  • Mata terlalu sering mengeluarkan air
  • Mata sipit atau sipit sebelah
  • Pada kasus yang parah, terkadang mata sampai tertutup oleh lendir atau nanah. Biasanya terjadi pada kucing liar

Berikut ini beberapa obat-obatan dan cara mengobati kucing sakit mata. Cara-cara berikut ini sudah teruji dan dalam beberapa kasus terbukti mampu menyembuhkan masalah sakit mata pada kucing. Penting untuk diketahui dan dipahami bahwa saya bukan dokter hewan. Cara-cara berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi dan juga sharing diantara para pecinta kucing.

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata

1. Obat Cacing

Langkah awal ketika kucing sudah terlihat sakit mata, yang perlu sobat pahami apakah kucing sudah pernah diberi obat cacing. Kucing cacingan juga menunjukkan ciri seperti sakit pada matanya. Indikasinya bisa seperti belekan, selaput putih matanya membesar dan sering berair. Untuk mengobati cacingan, sobat bisa membaca artikel saya berjudul Cara Mengobati Kucing Cacingan.

2. Bersihkan Mata

Hal pertama sebelum memberikan pengobatan adalah membersihkan mata kucing yang sudah terindikasi menderita sakit pada mata. Bersihkan mata kucing menggunakan kapas atau tisu yang sudah diberi air hangat. Celupkan kapas ke dalam air hangat secukupnya dan bersihkan area mata kucing. Akan lebih bagus jika membersihkan mata kucing dengan air rebusan daun sirih hijau. Beberapa masalah mata ringan bisa sembuh dengan melakukan perawatan pembersihan seperti ini secara rutin dua kali sehari pagi dan sore. Jika dalam tiga hari proses pembersihan tidak mengalami kemajuan, sudah saatnya menggunakan bantuan obat-obatan.

"Cara

3. Salep Mata

Beberapa merk obat salep sakit mata untuk manusia bisa digunakan secara aman untuk kucing. Yang sudah teruji manjur dan ampuh mengobati masalah dengan penyakit mata kucing adalah Terramycin dan Terra-Cortril. Cara memberikannya yaitu dengan mengoleskan salep ke area sekitar mata dan pastikan bagian mata juga terkena salep. Sebelum memberikan salep ini, bersihkan dulu mata kucing seperti yang sudah disebutkan diatas dan berikan dua kali dalam sehari pagi dan sore/malam.

Kucing Sakit Mata
Salep Terramycin ampuh untuk mengobati masalah mata pada kucing

4. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata khusus kucing bisa digunakan seperti Trixin Drops. Namun beberapa obat tetes mata untuk manusia ada yang aman untuk kucing seperti Cendo Xitrol dan Erlamycetin Plus. Teteskan secukupnya mata mata kucing dua kali dalam sehari.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal mempunyai berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan dan pengobatan. Minyak Zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada mata kucing. Caranya mudah sekali oleskan saja minyak zaitun di mata yang mengalami sakit menggunakan kapas.

Baca juga: Kucing Bersin Bersin? Ini Lho Cara Mengobatinya

Hal penting yang harus obat ketahui adalah jika sampai 3 hari pengobatan dan mata kucing belum sembuh atau bahkan makin parah, sudah saatnya membawa kucing menemui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Bisa saja mata terkena infeksi atau Parasit yang hanya bisa disembuhkan oleh obat khusus.

Jika kucing sudah terindikasi mengalami masalah mata, segera lakukan beberapa langkah diatas agar masalah tidak menjadi lebih serius. Jika tidak segera ditangani dengan baik kemungkinan terburuk bisa saja kucing mengalami kebutaan. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tertarik menggeluti dunia kucing. Saat ini memelihara beberapa kucing domestik dan mix dome dimana sebagian besar adalah hasil rescue dari jalanan. Menumpahkan rasa ketertarikan dengan kucing pada blog ini. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para penggemar kucing lainnya.

Silahkan Berkomentar